5 Amalan Paling Istimewa di 10 Hari Terakhir Ramadan

5 Amalan Paling Istimewa di 10 Hari Terakhir Ramadan

Kasihpalestina.com – Pada 10 hari terakhir Ramadan terdapat malam Lailatul Qadr yang dijuluki sebagai malam 1000 bulan. Ternyata bukan hanya julukan, namun siapa pun yang memperbanyak ibadah di malam ini, maka nilainya akan terhitung seperti melakukan amalan seribu bulan.

Sebagaimana hadits berikut ini, Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim untuk beribadah guna meningkatkan amalan pada 10 hari terakhir Ramadan:

“Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh (beribadah) pada sepuluh hari terakhir (bulan ramadhan), melebihi kesungguhan beribadah di selain (malam) tersebut. (HR. Muslim)

Sumber: Freepik

 

Berikut ini adalah 5 amalan utama yang dapat diikuti di 10 hari terakhir Ramadan:

  • Memperpanjang Shalat Malam

“Rasulullah SAW biasa ketika memasuki 10 Ramadan terakhir, beliau kencangkan ikat pinggang (bersungguh-sungguh dalam ibadah), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Pada 10 malam terakhir ini, Rasulullah SAW tidak tidur, melainkan meningkatkan ibadah shalat malam demi berjumpa dengan Lailatul Qadr. Beliau menghidupkan malam dengan shalat, zikir, dan lain-lain hingga waktu fajar. Kebiasaan ini tidak hanya dilakukan sendiri, tapi Rasulullah juga menularkannya kepada anggota keluarganya.

 

  • I’tikaf

I’tikaf adalah kegiatan berdiam diri di Masjid untuk melaksanakan amalan tertentu dengan niat karena Allah SWT. Kegiatan ini dilakukan oleh Rasulullah SAW sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Terlebih lagi Rasulullah SAW bersabda bahwa i’tikaf yang dilakukan pada Lailatul Qadr dapat menghapus dosa yang sudah berlalu. Sebagaimana H.R. Imam Dailami dari Aisyah ra, Rasulullah bersabda:

Artinya: “Siapa yang beriktikaf (bertepatan dengan) Lailatul Qadar karena iman dan mengharap ridha Allah, maka diampuni semua dosa yang lalu (dosa kecil dan dosa besar).”

 

  • Tilawah Al-Qur’an

Membaca Al-Qur’an adalah ibadah ringan yang memiliki keutamaan yang besar. Pada bulan Ramadan setiap orang berharap agar bisa khatam setidaknya satu kali. Apa pun motivasinya, tilawah Al-Qur’an harus lebih giat dilakukan pada 10 hari terakhir Ramadan.

 

  • Memperbanyak Sedekah

Sebagai ungkapan rasa syukur karena bisa dipertemukan lagi di bulan Ramadan, serta penyempurna ibadah puasa dan lainnya, maka sedekah dapat dilakukan apalagi di 10 hari terakhir bulan Ramadan. Sedekah menjadi salah satu amalan utama jika ditingkatkan di 10 hari terakhir Ramadan.

Sahabat, bisa menyalurkan amalanmu yang satu ini untuk saudara kita di Palestina melalui orang atau lembaga terpercaya seperti Kasih Palestina.