Solidaritas Tokoh Indonesia kepada Bangsa Palestina

Solidaritas Tokoh Indonesia kepada Bangsa Palestina

kasihpalestina.com – Sejarah Palestina dan Indonesia memiliki kedekatan telah terbentuk bahkan sebelum kemerdekaan. Sebagai bentuk solidaritas kepada Palestina, tokoh-tokoh Indonesia ikut menyuarakan kebebasan Palestina.

 

Bentuk Solidaritas Tokoh Indonesia

Tokoh nasional Indonesia sangat menentang tindak penjajahan. Hal ini selaras dengan Pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945 yang berbunyi,

“Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.”

Mengutip situs resmi MPR RI, Mantan Wakil Ketua MPR RI, Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid MA mengatakan bahwa pada tahun 1962, Presiden Soekarno dengan lantang menyatakan, “Selama kemerdekaan belum sepenuhnya diberikan kepada Palestina, selama itu jugalah Indonesia menentang penjajahan Israel.”

 

Solidaritas Tokoh Islam Indonesia

Dok. detikcom

Tokoh-tokoh Islam di Indonesia ikut andil dalam menyuarakan kemerdekaan Palestina. Secara tegas, tokoh Islam Indonesia menyatakan dengan tegas ketidaksetujuannya terhadap Zionisme.

KH Mahfuz Shiddiq yang kala itu menjadi pimpinan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengedarkan seruan kepada seluruh ormas Islam di Indonesia pada 12 November 1938.

Dalam seruannya, KH Mahfuz Shiddiq mengajak untuk bahu-membahu membantu rakyat Palestina memperjuangkan agama dan tanah air mereka dari penjajah dan Zionisme.

 

Solidaritas Indonesia dan Palestina

Dok. Kasih Palestina

Indonesia dan Palestina merupakan bangsa yang sama-sama pernah mengalami penjajahan. Bahkan, Palestina saat ini bisa dikatakan belum sepenuhnya merdeka.

Bangsa Indonesia jauh sebelum kemerdekaan sudah ikut andil dalam menyuarakan kemerdekaan Palestina. Padahal, bangsa kita saat itu juga tengah dijajah. Begitu pula sebaliknya.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa kedua bangsa memiliki rasa solidaritas yang tinggi satu sama lain.

Maka dari itu, kita yang hari ini sudah merasakan kemerdekaan juga perlu mewujudkan solidaritas kepada Palestina dengan memberi dukungan dan donasi. (hfz/kasihpalestina)

Sumber: mpr.go.id, NU Online

 

Transfer langsung donasi Palestina atau donasi dalam negeri bisa melalui rekening a.n Kasih Palestina.

BCA – 376 117 46 98

BRI – 1139 0100 0259 566

Bank Mandiri – 131 0054 1616 19

Bank Syariah Indonesia – 500 600 999 8

 

Whatsapp Center: 08123 2011 55

Untuk informasi program bisa cek beranda website Kasih Palestina, KLIK DI SINI