Air untuk Mualaf Pedalaman, Kini Tak Lagi Mencuci Pakai Air Merah

Air untuk Mualaf Pedalaman, Kini Tak Lagi Mencuci Pakai Air Merah

kasihpalestina.com – Air yang keruh dan berwarna merah bukanlah hal baru bagi para mualaf yang tinggal di Desa Sokop, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Sedekah air dari Kasih Palestina selamatkan mualaf di pedalaman Indonesia dari krisis air.

Desa Sokop merupakan wilayah yang ada di Pulau Rangsang. Untuk menuju ke Desa sokop, kita harus menempuh perjalanan selama lebih dari 1 jam menggunakan perahu, ditambah 30 menit jalur darat.

Jangan bayangkan bisa naik angkutan umum atau bus ke Desa Sokop karena akses jalan menuju tempat ini hanya bisa dilewati satu motor.

Ada 70 keluarga yang ada di Desa Sokop dan mereka menjadi mualaf sejak beberapa tahun lalu.

 

Kondisi Air di Desa Sokop

Dok. Kasih Palestina

Sudah bertahun-tahun warga Desa Sokop hidup dengan air yang tidak layak konsumsi. Hampir di seluruh Kepulauan Meranti airnya berwarna merah karena tanah gambut.

Mualaf di Desa Sokop terpaksa menggunakan air merah untuk keperluan sehari-hari, kecuali minum dan masak.

Tidak semua warga punya akses air di rumahnya. Untuk mendapatkan air, warga desa harus pergi ke sungai.

Karena terbiasa dengan kondisi air merah, warga Desa Sokop tidak mengalami keluhan kesehatan.

Dok. Kasih Palestina

Namun, siapa yang bisa menjamin beberapa waktu yang akan datang? Air berwarna merah dari tanah gambut ternyata berbahaya bagi kesehatan.

Mengutip Kompas.com, air gambut mengandung senyawa organik trihalometan yang bersifat memicu kanker.

Air merah di tanah gambut juga mengandung logam besi dan mangan yang cukup tinggi. Dalam jangka panjang, konsumsi air seperti ini bisa mengganggu kesehatan.

 

Donasi Air untuk Desa Sokop

Dok. Kasih Palestina

Untuk memenuhi kebutuhan air yang dikonsumsi, seperti minum dan masak, warga Desa Sokop harus membeli di warung yang menyediakan air bersih.

Sayangnya, membeli air bersih tidak lantas menjadi solusi jangka panjang. Rata-rata warga desa bekerja sebagai petani yang ekonominya rendah. Sehingga, sulit untuk mereka membeli air bersih.

Menjawab harapan saudara kita di pedalaman, Kasih Palestina menyalurkan sedekah air ke Desa Sokop berupa pembangunan sumur air bersih.

Ada satu buah sumur yang dibangun dalam waktu kurang lebih 2 minggu. Berkat satu buah sumur air bersih ini, banyak orang merasa terbantu.

Kehadiran sedekah air dari Kasih Palestina membawa kebahagiaan bagi mualaf di Desa Sokop.

Warga sangat senang karena kini bisa mencuci baju dengan tenang, tak takut bajunya kotor dan berubah warna. Mereka juga bisa memasak dan minum dari sumur air bersih dari Kasih Palestina.

Sedekah air lewat program sumur air bersih ini akan terus dilakukan agar lebih banyak wilayah krisis air bersih yang bisa menerima manfaatnya.(hfz/kasihpalestina)

 

Transfer langsung donasi Palestina atau donasi dalam negeri bisa melalui rekening a.n Kasih Palestina.

BCA – 376 117 46 98

BRI – 1139 0100 0259 566

Bank Mandiri – 131 0054 1616 19

Bank Syariah Indonesia – 500 600 999 8

Whatsapp Center: 08123 2011 55

Untuk informasi program bisa cek beranda website Kasih Palestina, KLIK DI SINI