Seruan Qurban dari Mufti Gaza-Palestina

330 Dilihat 09 Juli 2020 09:44 By: Admin

Mufti Gaza-Palestina serukan berbagi qurban untuk negara yang kekurangan.

Kasihpalestina.comMufti Gaza-Palestina memaparkan keutamaan ibadah qurban yang dilaksanakan oleh setiap muslim. Simak penjelasan selengkapnya yang disajikan Kasih Palestina, lembaga penghimpun donasi Palestina berikut ini.

 

Pentingnya Ibadah Qurban

Hasan Ismail Lahham, seorang Mufti Gaza, di Palestina menjelaskan jika ibadah qurban memiliki keutamaan yang begitu berlimpah. Ibadah yang satu ini merupakan sunah mulia dari Nabi Ibrahim as. hingga pada setiap bulu-bulu hewan yang disembelih terdapat kebaikan. Di dalam Thibun Nafsan juga disebutkan bahwa hewan qurban akan menjadi tunggangan bagi yang berqurban ketika melewati titian sirath (riwayat ini merupakan Atsar - pendapat tabi’in yang disandarkan kepada Nabi).

Nabi Muhammad Saw. sejatinya telah menyerukan kepada segenap umatnya untuk menunaikan ibadah qurban, seolah-olah beliau berkata kepada penduduk negeri di seluruh dunia untuk melakukannya setiap tahun. Hal ini menjadi gambaran bagi setiap muslim untuk mengupayakan ibadah qurban sebagai ibadah rutin tahunan.

 

Baca juga: Perjuangan Penduduk Palestina Sambut Idul Qurban

 

Mewakilkan Qurban Atas Nama Orang Lain

Apakah ibadah qurban dapat diwakilkan atas nama orang lain? Adalah sebuah pertanyaan yang kerap hinggap di benak masyarakat. Mufti Gaza, Hasan Ismail menerangkan jika diperbolehkan untuk bersedekah atas nama anak-anak, atau saudara yang telah wafat.

Juga sebagaimana yang diriwayatkan Nabi Muhammad Saw. orang-orang yang berusaha untuk menunaikan ibadah qurban atau telah mampu melaksanakan ibadah itu, diperbolehkan untuk mewakilkan  kepada Muslim lain yang dipercaya atas nama Allah.

“Dengan diqiyaskan pada yang dilakukan Rasulullah yang mewakilkan penyembelihan qurban oleh salah seorang yang terhormat yaitu Nuh. Kemudian Rasulullah memercayakan Ali ra. untuk mengurus qurbannya, dan mewakilkan qurbannya” tambah Mufti Hasan Ismail.

 

Baca juga: Benarkah Hewan Qurban di Palestina Mahal?

 

Dengan penjelasan tersebut, maka mewakilkan qurban dan ibadah (lainnya) diperbolehkan sebagaimana menunaikan haji untuk diri sendiri sekaligus menunaikan kewajiban (nazar) terhadap orang yang telah wafat.

“Diperbolehkan berhaji untuk diri sendiri dan mengatas namakan orang lain dengan haji badal. Hal tersebut diizinkan sebagaimana qurban yang disunahkan Nabi Muhammad Saw. beliau berqurban dan menganjurkannya untuk saudara-saudara Muslim yang lain.” Ujar Mufti Hasan Ismail

 

Seruan Kirimkan Qurban Dari Negeri yang Mampu

Selain menyebutkan nama orang yang sudah wafat dalam sembelihan hewan qurban, Mufti Hasan Ismail juga menyerukan kepada muslim yang berada di negera yang tidak sedang mengalami konflik, negara yang mampu dan lapang dalam membantu, untuk meluaskan manfaat qurbannya ke negeri-negeri yang tengah dilanda kekurangan dan konflik yang berkepanjangan.

“Yang mendengar (sunah tersebut) dari negeri-negeri yang luas (kaya, mampu) untuk mengirimkannya manfaat qurbannya ke negeri-negeri yang sempit (kekurangan)” Tutup Mufti Hasan Ismail.

 

Baca juga: Qurbanmu Jadi Solusi di Tengah Pandemi

 

Kasih Qurban, Bukti Cinta Untuk Palestina

Selaras dengan apa yang disampaikan Mufti Gaza-Palestina, Hasan Ismail Lahham. Kasih Palestina telah menjadi lembaga penghimpun donasi Palestina yang sejak 2018, konsisten dipercaya masyarakat Indonesia untuk menjembatani berbagi qurban dari Indonesia ke negara yang tengah dilanda konflik, seperti Palestina.

Menyambut Idul Adha 1441 H ini, Kasih Palestina menginisiasi hadirnya program Kasih Qurban sebagai bukti cinta rakyat Indonesia kepada Palestina. Titipan qurban dari masyarakat Indonesia, akan disampaikan kepada penghafal Quran di Palestina, keluarga syuhada, yatim-piatu, juga keluarga Palestina lainnya yang membutuhkan. (itari/kasihpalestina)

 

Sahabat dapat membantu menyalurkan bukti cinta untuk Palestina melalui:

Mandiri 131 00 3618 18 18

a.n Yayasan Kasih Palestina

Mohon konfirmasi donasi setelah donasi, melalui

CS Donasi Online: 0878 3864 8049

Call Center: 08 123 2011 55

Semoga Allah senantiasa melapangkan rezeki dan setiap hati kita untuk menyambut seruan kebaikan.

Bagikan Artikel

Kampanye

Ikut Bangun Sumur Bor di Gaza, Alirkan Pahala Jariah Anda

Kasih Qurban, Bukti Cinta Kita untuk Palestina

Idul Adha adalah waktu terbaik untuk berlomba-lomba buktikan cinta kita kepada Palestina. Sekerat daging qurban dari kita, nyalakan semangat perjuangan mereka.

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.