400.000 Anak Palestina Ikut Terdampak Darurat Pangan di Gaza

361 Dilihat 30 April 2020 16:37 By: Admin

Akibat tidak berjalannya ekonomi di Gaza, daya beli penduduknya pun semakin lemah sehingga mengalami kerawanan pangan yang parah

Kasihpalestina.com— Kondisi penduduk di Gaza-Palestina mengalami kerentanan dalam masalah pangan. Hal ini terjadi bukan hanya karena terbatasnya pasokan pangan ke Jalur Gaza, melainkan juga karena tingkat kemiskinan yang begitu besar melanda penduduk Gaza. Lantas bagaimana penduduk Gaza menjalani kesehariannya dalam kondisi tersebut? Simak informasi selengkapnya di laman Kasih Palestina, lembaga donasi kemanusiaan Palestina terpercaya.

 

Meningkatknya Presentase Kemiskinan di Gaza

Biro Statistik Puat Palestina (PCBS) merilis hasil survei mengenai Pengeluaran dan Konsumsi Rumah Tangga di Jalur Gaza, hasilnya menunjukan bahwa ada peningkatan yang cukup signifikan mengenai tingkat kemiskinan di Jalur Gaza. kenaikan itu terjadi dari 38,8% pada tahun 2011, menjadi 53% pada akhir 2017. Presentase ini setara dengan 1,01 juta orang yang berada di Jalur Gaza mengalami kemiskinan, termasuk di dalamnya 400.000 anak di Gaza yang juga ikut terdampak.

Seorang pengungsi Palestina menerima keranjang makanan di pusat distribusi Al Shatti/OCHA

Penduduk Gaza yang mengalami kemiskinan menerima bantuan sosial dan sejumlah uang dari Kementerian Pembangunan Sosial di Gaza. Namun, Kementerian Keuangan di Ramallah telah mengentikan transfer dana bantuan sosial yang terakhir dikirim pada Januari 2018 silam. Peningkatan presentase yang terjadi ini tidak terlepas dari kondisi di Gaza-Palestina yang telah mengalami blokade belasan tahun lamanya, yang menyebabkan keruntuhan ekonomi serta dampak-dampak merugikan lainnya bagi penduduk Palestina

Baca juga: Palestina Lawan Covid-19 Dengan Sistem Kesehatan Yang Rapuh

 

Krisis Pangan di Jalur Gaza

Seorang pria Palestina di Jalur Gaza memuat bantuan makanan yang disediakan oleh badan bantuan PBB UNRWA/The Guardian

Kerawanan pangan yang terjadi di Jalur Gaza disebabkan oleh lemahnya daya beli penduduk Gaza terhadap kebutuhan pangan. PBB melalui Badan Bantuan untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) selama ini telah membantu para pengungsi Palestina untuk mencukupi kebutuhan pangan. Bantuan makanan telah diberikan kepada lebih dari 996.000 pengungsi Palestina di Gaza. Namun, kelanjutan dari bantuan ini tengah terancam tidak dilanjutkan karena kekurangan dana yang parah.

 

Penerima makanan dari kantor lapangan UNWRA di Gaza

Grafik yang menunjukan peningkatan penerima bantuan makanan dari UNRWA/OCHA

Dari grafik tersebut, dapat dilihat bahwa sejak tahun 2000, grafik peningkatan jumlah pemberian bantuan terhadap penduduk di Gaza-Palestina begitu mengalami kenaikan yang cukup signifikan, dari awalnya hanya sekitar 10% menjadi 70% penduduk di Gaza-Palestina yang membutuhkan bantuan dari UNRWA pada tahun 2017. Kondisi ini membuat ketergantungan yang tinggi para penduduk di Gaza-Palestina terhadap bantuan pangan dari PBB. Keadaan yang ada ini tentunya tidak dapat dibiarkan secara terus menerus Sahabat, apalagi Amerika Serikat sebagai donatur utama UNRWA telah memangkas pendanaannya pada tahun 2018. Ini mengartikan bahwa akan banyak penduduk Palestina yang terdampak termasuk di dalamnya anak-anak yatim Palestina akan ikut menerima imbasnya. (Sumber: Ocha)

Berangkat dari hal tersebut, Kasih Palestina mengajak Sahabat semua untuk dapat membantu meringankan beban yang dialami oleh penduduk Palestina, juga termasuk anak-anak yatim-piatu di sana melalui berbagi paket pangan serta bantuan lainnya.

Sahabat dapat menyalurkan donasi melalui tautan berikut: Kirimkan Kasih untuk Yatim Palestina

Atau dapat melalui:

Bank Syariah Mandiri

1001 2016 2 6

a.n. Kasih Palestina

Setelah berdonasi Sahabat dapat melakukan konfirmasi kepada Call Center kami:

08123 2011 55

Terima Kasih Sahabat!

(itari/kasihpalestina)

Bagikan Artikel

Kampanye

Berbagi Kasih untuk Yatim Palestina

Kasih Qurban, Bukti Cinta Kita untuk Palestina

Idul Adha adalah waktu terbaik untuk berlomba-lomba buktikan cinta kita kepada Palestina. Sekerat daging qurban dari kita, nyalakan semangat perjuangan mereka.

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.