Air bersih: Sumur Kehidupan untuk Gaza

0%
Raised: Rp 0 Rp 200.000.00097 Days Left
Di ambang krisis listrik, pangan, dan air bersih, Israel potong pasokan air bersih untuk warga Gaza. Mmebuat keberlangsungan warga Gaza kian terancam.
Dari Middleeastmonitor.com,Israel melakukan pemotongan air bersih tanpa pemberitahuan sebelumnya. “Mekorot, leveransir air Israel, memberitahu kami pada Rabu lalu bahwa mereka akan memotong pasokan air selama beberapa jam untuk keperluan perawatan. Sejak saat itu, air mati. Pemompaan air tidak dilanjutkan seperti kesepakatan yang ada. Hal ini telah mempengaruhi pendistribusian air di Gaza,” ungkap Maher Salem, Direktur Otoritas Air Gaza.
Akibat pemotongan air tersebut, sebanyak 200 ribu warga Gaza mengalami kekurangan air untuk kebutuhan minum. Gaza telah mengalami krisis air sejak lama. Blokade dan serangan Zionis menghancurkan 70% sumbur di Gaza.Selain itu penyebab krisis air bersih salah satunya adalah karena pabrik pengolahan limbah di Gaza tak bisa mengimpor alat pengolahan limbah. Data menyebut 110 juta liter limbah dibuang ke laut Mediterania setiap hari membuat air di Gaza terkontaminasi. Saat ini 96% air di Gaza telah terkontaminasi limbah berbahaya dan sangat tidak llayak untuk di minum. Jika hal it uterus terjadi, PPB mengatakan, Gaza tidak dapat lagi di huni oleh manusia pada tahun 2020. Semoga itu tidak benar-benarterjadi, sebab ada 2 juta jiwa penduduk Gaza yang bertahan demi kermedekaan tanah mereka. Yuk kita bergerak untuk Gaza, sisihkan sedikit rejeki untuk penuhi kebutuhan air bersih di Gaza. Semoga keberkahan bumi Palestina dan Masjid Al-Aqsha selalu mengiringi di dalam setiap aktivitas keseharian kita.