Peran Wanita dalam Perjuangan Palestina

387 Dilihat 17 November 2020 17:38 By: Admin

Perjuangan kemerdekaan Palestina tak terlepas dari peran para wanita Palestina.

kasihpalestina.comWanita Palestina menjadi salah satu sentral perjuangan Palestina hadirkan kemerdekaan bagi negaranya. Berbagai upaya dan sumbangsih turut diberikan dalam perjuangan menyingkirkan penjajah dari negeri para nabi. Apa saja peran wanita Palestina itu? Simak informasi selengkapnya hanya di laman Kasih Palestina, lembaga penghimpun donasi Palestina terpercaya.

 

Gerakan Wanita Palestina

(Ragam gerakan dilakukan wanita Palestina untuk mendukung kemerdekaan negeri anbia/Sumber: Middle East Monitor)

 

Perlawanan dari wanita Palestina telah dimulai sejak berabad silam. Ketika mandat penguasaan Palestina jatuh kepada Inggris pada 1918, wanita Palestina telah ikut serta dalam demonstrasi menentang kebijakan sepihak penjajah. Hingga ketika malapetaka peristiwa Nakba terjadi, peran perjuangan wanita Palestina berubah bentuk.

Mereka menjadi garda terdepan dalam menjaga keluarga, serta identitas Palestina selama berjuang di ruang-ruang pengungsian. Peralihan bentuk perjuangan dari wanita-wanita Palestina ini menjadi suatu hal yang berdampak signifikan, pada anak-anak Palestina yang lahir dan tumbuh di luar negara nenek moyang mereka. Para wanita sekaligus ibu ini, justru menjadi motor penggerak yang hebat untuk mendukung kepala keluarga dan anak-anaknya ikut serta menjemput kemerdekaan Palestina.

 

Baca juga: Doa-doa Kebaikan dari Jamaah Masjid Istiqlal Gaza, untuk Indonesia

 

Intifadha dan Peran Wanita Palestina

(Razan Al Najjar (kanan), perawat muda Palestina yang syahid di medan perjuangan/Sumber: Suara)

 

Perjalanan peran wanita Palestina berlanjut pada momentum intifada. Ketika seruan untuk turun ke jalan dan melakukan perlawanan secara langsung terhadap penjajah digaungkan. Wanita Palestina tanpa segan ikut turun ke jalan. Tanpa kenal usia, anak-anak, gadis belia, hingga wanita yang sudah berumur ikut dalam perlawanan intifadha demi raih kemerdekaan Palestina. Berbekal senjata sederhana yang berada di sekitar mereka, para wanita Palestina tak gentar hadapi penjajah.

Peran wanita Palestina juga berwujud dalam hal lainnya, seperti perjuangan dalam bentuk profesi. Masih lekat diingatan kita semua, Razan Al Najjar seorang perawat muda yang menjemput kesyahidannya di medan perjuangan, kala membantu mengobati para peserta demonstrasi menentang kesewenangan penjajah.

 

Baca juga: Yuk kenali lebih dekat dengan penduduk Khan Yunis Gaza

 

Wanita Palestina; Garda Penjaga Masjid Al-Aqsha

(Para murabithah atau murbithun; wanita penjaga Masjid Al-Aqsha/Sumber: International Aqsa Institute)

 

Bentuk lain dari peran wanita Palestina adalah menjaga Masjid Al-Aqsha dari cengkraman penjajah. Kita kenal para pahlawan penjaga Al-Aqsha ini dengan sebutan Murabithah. Di tangan mereka, masjid suci ketiga umat Islam masih terjaga hingga saat ini. Walau berbagai kekerasan fisik hingga verbal, intimidasi dan peraturan sepihak penjajah terhadap para murabithah. Mereka tetap setia berjuang mempertahankan masjid kiblat pertama umat Islam.

Berkat penjagaan dari para murabithah, aktivitas keagamaan selalu menghangatkan Masjid Al-Aqsha. Anak-anak sekitar kota Al-Quds mendapatkan pelajaran dan pendidikan Al Quran. Menjaga kebenaran sejarah tentang Masjid Al-Aqsha, sehingga penjajah tak bisa sewenang-wenang mengklaim keberadaan masjid yang diberkahi.

Sahabat, tentu masih banyak peran dan sumbangsih yang diberikan oleh para wanita Palestina dalam perjuangan memerdekakan negeri anbia. Ragam bentuk perjuangan pun telah dijalani wanita Palestina, dari dalam keluarga hingga perjuangan langsung di medan perang. Mari kita mengambil hikmah dari para wanita Palestina, jika wanita sejatinya punya posisi penting dan andil besar dalam perjuangan kemerdekaan sebuah negara. (itari/kasihpalestina)

Sumber: Disarikan dari berbagai referensi

 

Mari bantu perjuangan wanita Palestina dengan kirim donasi terbaik melalui:

Mandiri 131 00 3618 18 18
a.n Yayasan Kasih Palestina

Konfirmasi donasi:

CS Donasi Online: 0878 3864 8049, atau
Call Center: 08 123 2011 55

Masih bingung bagaimana cara kirim bantuan ke Palestina? Klik link ini ya!

Bagikan Artikel

Kampanye

Bantu Hangatkan Palestina

Santunan Anda Bantu Kehidupan Yatim Palestina

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.