Palestina Masih Berjuang Raih 10 Hak Asasi Manusia

367 Dilihat 25 November 2020 18:07 By: Admin

10 Hak Asasi Manusia ini belum diraih Palestina hingga saat ini.

kasihpalestina.comSetiap manusia memiliki Hak Asasi Manusia (HAM) yang melekat pada dirinya. Namun, berbagai HAM tersebut hingga kini masih belum didapatkan penduduk Palestina. Simak apa saja hak Palestina yang belum dirasakan pada momentum hari solidaritas Palestina, hanya di laman Kasih Palestina. Lembaga donasi Palestina terpercaya.

 

1. Hak Mendapatkan Pendidikan

Memperingati hari Solidaritas Palestina, semestinya hak dasar mendapatkan pendidikan telah didapatkan oleh anak-anak Palestina. Tetapi nyatanya, mendapatkan pendidikan yang layak dan memadai tak mudah bagi mereka. Hingga kini, salah satu hak Palestina ini masih belum didapatkan anak-anak di sana.

 

2. Hak Mendapatkan Air Bersih

Air menjadi salah satu kebutuhan primer bagi setiap insan. Tak ada air bersih sehari saja, tentu banyak dari kita kelimpungan. Apalagi di Palestina, air bersih menjadi “barang mewah” yang begitu sulit didapatkan. Padahal, sebagai negara dengan mayoritas muslim, air bersih menjadi hak Palestina yang begitu penting dan dibutuhkan untuk melaksanakan ibadah shalat 5 waktu dan kebutuhan harian.

 

3. Hak Mendapatkan Makanan

Selain air bersih, hak Palestina lainnya yang belum didapatkan hingga saat ini adalah hak mendapatkan makanan yang baik dan begizi. Krisis pangan yang mengancam penduduk Palestina menjadi dampak nyata yang ditimbulkan akibat susahnya suplai makanan ke daerah yang masih dalam penjajahan itu. 80% warga Palestina bertahan hidup dari bantuan pangan luar negeri. Tetapi, bantuan itu kini semakin menyusut dari waktu ke waktu. Cari tahu, apa yang dapat kita bantu untuk Palestina dengan ikut aktif menyebar luaskan kebutuhan mendesak negeri anbia.

 

4. Hak Tempat Tinggal

Terusir dari tanah sendiri lalu menyambung hidup di pengungsian adalah kisah nyata penduduk Palestina. Para penduduk kehilangan haknya setelah pemukiman resmi mereka digusur penjajah, lalu berganti dengan pemukiman-pemukiman ilegal. Kendati tak semua penduduk Palestina kehilangan rumahnya secara langsung, beberapa rumah tersisa tak sebaik yang diharapkan kondisinya.

Beratap seng seadanya dan dinding yang dilapis kain tipis menjadi pemandangan sehari-hari rumah penduduk Palestina.

 

5. Hak Pelayanan Kesehatan

(Di tengah konflik yang sering terjadi, fasilitas kesehatan Palestina begitu mengkhawatirkan/Sumber:Anadolu Agency)

 

Berada dalam wilayah rawan konflik menjadikan pertempuran dapat terjadi sewaktu-waktu di Palestina. Seharusnya hak pelayanan kesehatan menjadi salah satu hak Palestina yang didapatkan setiap penduduk negeri anbia. Sayangnya, lagi-lagi penjajah tak memberikan kesempatan hak Palestina itu. Pasokan arus listrik yang begitu terbatas di Palestina menjadikan fasilitas-fasilitas kesehatan di Palestina tak dapat bekerja maksimal. Alhasil pelayanan kesehatan berjalan tidak optimal.

Ketahui di sini, tentang perjuangan penduduk untuk mendapatkan hak Palestina tentang pelayanan kesehatan.

 

6. Hak Kebebasan Beragama

Kebebasan beragama menjadi salah satu hak Palestina yang seharusnya didapatkan oleh setiap penduduknya. Tetapi yang terjadi adalah penduduk Palestina justru menjadapatkan diskriminasi atas agama yang mereka anut. Misalnya para penduduk yang akan melaksanakan shalat wajib di Masjid Al-Aqsha, seringkali mendapatkan perlakuan kejahatan dan intimidasi. Padahal, menunaikan ibadah menjadi hak dasar manusia yang tentunya dilindungi oleh undang-undang. Begitu juga dengan Masjid Al-Aqsha, sebagai tempat suci ketiga umat Islam hendaknya mendapatkan haknya untuk tidak diganggu dan dipelihara sebagaimana mestinya.

Karena itu, mari kita jaga bersama Masjid Al-Aqsha dengan melalui tautan  ini.

 

7. Hak Memperoleh Pekerjaan

Penjajahan yang masih berlangsung di Palestina berdampak parah pada roda perekonomian negara. Tersendatnya jalannya ekonomi, membuat tak banyak lowongan pekerjaan yang tersedia. Hampir setengah pemuda menganggur dan begitu sulit mendapatkan pekerjaan. Tidak hanya para pemuda yang sulit mencari kerja. Para ibu yang terpaksa menjadi kepala keluarga selepas ditinggal syahid suami, juga harus bersusah payah menyambung hidup keluarga. Hak Palestina mendapatkan pekerjaan menjadi suatu tantangan hingga hari ini.

 

Baca Juga: Kata Siapa Donasi ke Palestina Susah? Buktikan di Sini

 

8. Hak Mendapatkan Keamanan

Selayaknya kehidupan pada umumnya, manusia selalu menginginkan berada dalam wilayah dan situasi yang aman. Aman bagi dirinya, maupun keluarga dan orang-orang yang dicintai. Begitu juga dengan penduduk Palestina, mereka amat menginginkan keamanan yang selama ini masih menjadi bayang-bayang semu.

Kendati demikian, kita memiliki optimis yang tinggi bahwa hak Palestina untuk mendapatkan keamanan suatu hari nanti akan terwujudkan.

 

9. Hak Berkeluarga dan Melanjutkan Keturunan

Hak Palestina selanjutnya adalah hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan. Pengusiran besar-besaran dalam peristiwa Nakba telah membuat tak hanya kehilangan rumah bagi penduduk Palestina, tetapi juga meninggalkan korban jiwa. Keluarga-keluarga Palestina banyak yang kehilangan kepala keluarga, anak-anak menjadi yatim sepeninggal ayah meraka. Hingga anggota keluarga yang tak pernah kembali berjumpa. Padahal, hak untuk memiliki keluarga dan melanjutkan keturunan adalah hak setiap insan dan sarana untuk menyalurkan fitrah di jalan yang benar.

 

10. Hak Merdeka atas Penjajahan

Sejalan dengan alinea pembukaan Undang-undang Dasar 1945 sebagai dasar negara Indonesia, bahwa “penjajahan di atas dunia harus dihapuskan”. Begitu juga dengan Palestina, hak Palestina yang belum terwujud hingga saat ini salah satunya hak mendapatkan kemerdekaan secara utuh.

Begitu lama negeri anbia berada di bawah penjajahan Zionis Israel, maka selama itu juga kemerdekaan Palestina terus terenggut. Walaupun demikian, tak mustahil bagi penduduk Palestina untuk raih kemerdekaannya. Kita juga dapat ikut berpartisipasi dari jauh, untuk membantu negeri anbia raih kemerdekaannya dengan turut aktif dalam menyuarakan isu-isu Palestina dan terlibat dalam aksi-aksi positif untuk mengisi hari solidaritas Palestina. Lalu memberikan edukasi bahwa banyak hak Palestina yang belum didapatkan. (itari/kasihpalestina)
 

Mari bantu perjuangan penduduk Palestina raih hak-haknya dengan kirim donasi terbaik melalui:

Mandiri 131 00 3618 18 18
a.n Yayasan Kasih Palestina


Konfirmasi donasi:
CS Donasi Online: 0878 3864 8049, atau
Call Center: 08 123 2011 55

Bagikan Artikel

Kampanye

Sedekah Listrik, Terangi Masjid di Palestina

Sedekah listrik, terangi kehidupan Gaza

...

Donasi Sekarang

Setiap Sedekah, Bantu Habibah: Bocah Periang dari Gaza

Kasih anda bahagiakan Habibah dan anak-anak Palestina

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.