Musim Dingin Mencekam di 4 Negara Syam

172 Dilihat 08 Januari 2021 08:37 By: Admin

Musim dingin tak pernah lepas dari masa-masa sulit bagi sebagian orang yang kekurangan.

kasihpalestina.com — Sejak akhir tahun hingga awal tahun ini, negeri Syam sedang mengalami musim dingin yang mencekam. Namun di tengah kondisi tersebut, ada para pengungsi yang kekurangan bahan pangan dan penghangat. Keadaan ini terjadi karena selama musim dingin Syam, mereka tetap harus menjalankan hidup dengan keterbatasan dan konflik yang tiada henti. Terlebih penduduk di negara ini sebagian besarnya berada di bawah garis kemiskinan.

Syam atau Negeri Syam terletak di Timur Laut Mediterania yang merupakan tempat dari agama-agama Yudaisme, Nasrani, dan Islam. Dijuluki sebagai “Negeri Kebaikan” oleh para umat muslim, Negeri Syam memiliki kawasan di empat negara yang sama-sama mengalami musim dingin mencekam. Apa sajakah negara itu?

 

Baca juga : Persiapan Musim Dingin Palestina di Tengah Pandemi

 

Palestina

(Ket. Musim Dingin Palestina/Dok.Kitabisa)

Sudah barang pasti, musim dingin Palestina terjadi dengan keadaan yang serba kesulitan. Sejak November 2018, pada siang hari saja, suhu di Palestina mencapai sepuluh derajat celcius, dan lebih tinggi lagi rasa dingin itu ketika tiba waktu malam. Kemiskinan membuat mereka mengalami musim dingin yang mengerikan, sebab bukan hanya merasakan gigil, mereka pun mesti menahan lapar karena minimnya pasokan bantuan akibat blokade.

 

Suriah

(Ket. Musim Dingin Suriah/Dok. Radar Kediri)

Perang saudara di Suriah menyebabkan diblokirnya sejumlah bantuan kemanusiaan. Saat musim dingin Suriah datang, suhunya bisa mencapai nol derajat celcius dan di bawah nol ketika malam tiba. Bagi anak-anak di Indonesia, suhu dingin tidak terlalu memusingkan, tetapi bagi anak-anak di Suriah, musim dingin adalah penderitaan. Tidak ada selimut yang bisa menghangatkan mereka, tidak ada fasilitas yang nyaman, bahkan setidaknya ada 15 anak di pengungsian yang meninggal akibat cuaca ekstrem pada tahun 2019 ketika musim dingin Suriah melanda.

 

Baca juga : Peran Wanita dalam Perjuangan Palestina

 

Lebanon

(Ket. Musim Dingin Syam/Dok.Arrahmah.com)

Lebanon menjadi salah satu tempat pengungsian Palestina dan Suriah yang terletak di Negeri Syam. Badai hebat dan angin kencang melanda lebih dari sepuluh ribu pengungsi di 361 lokasi di Lebanon. Beberapa kamp pengungsian bahkan runtuh oleh salju tebal yang mengakibatkan para pengungsi terkubur dalam salju. Musim dingin Suriah yang mencekam membuat para pengungsi terpaksa membakar pakaian mereka untuk mendapatkan penghangat.

 

Yordania

(Ket. Musim Dingin Syam/Dok. Ihram.co.id)

Meski tak semencekam di Palestina dan Suriah, tetapi para pengungsi di Yordania juga mengalami kesulitan selama musim dingin. Para pengungsi tinggal di kamp pengungsian yang hanya terbuat dari terpal yang tipis. Sementara untuk bertahan hidup mereka bergantung pada bantuan kemanusiaan yang datang. (jihansuweleh/kasihpalestina)

Masih banyak yang menderita karena musim dingin Syam ditambah keterbatasan pangan dan penghangat. Jika Sahabat ingin membantu menghangatkan kawan-kawan kita di Palestina yang sedang kesulitan dalam menghadapi musim dingin, Sahabat bisa berkontribusi untuk Palestina dengan cara mengakses link berikut :

https://kasihpalestina.com/campaign/hangatkanpalestina?lng=id

 

Atau juga bisa melakukan donasi melalui:

Bank Mandiri 131 00 3618 18 18
a.n Yayasan Kasih Palestina

Konfirmasi donasi:

CS Donasi Online: 0878 3864 8049; atau
Call Center: 08 123 2011 55

Bagikan Artikel

Kampanye

Sedekah Listrik, Terangi Masjid di Palestina

Sedekah listrik, terangi kehidupan Gaza

...

Donasi Sekarang

Setiap Sedekah, Bantu Habibah: Bocah Periang dari Gaza

Kasih anda bahagiakan Habibah dan anak-anak Palestina

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.