Menu Apa yang Biasanya Disukai Orang Palestina saat Ramadhan?

574 Dilihat 23 Maret 2020 19:53 By: Admin

 

Ramadhan juga identik dengan makanan khas dari setiap negara, termasuk Palestina. Karena berada di wilayah Timur Tengah, Palestina memiliki kesamaan dengan negara-negara di sekitarnya - termasuk mengenai makanan saat Ramadhan.

Kasihpalestina.com – Negara-negara di Timur Tengah, termasuk Palestina, memiliki menu khas Ramadhan yang tidak jauh berbeda. Tidak seperti Indonesia, menu khas di Palestina pun terbilang unik jika dibandingkan dengan tanah air. Lantas, menu apa saja yang biasanya disukai saudara-saudara Palestina saat Ramadhan? Yuk, simak ulasan Kasih Palestina – lembaga donasi resmi Palestina – berikut ini!

Pastri khas Timur Tengah termasuk Palestina, katayef. (Sumber. DedeMed)

Menu pertama adalah Katayef atau Qatayeh. Makanan manis nan lezat ini terbuat dari adonan (pastri) mirip panekuk mini, dengan isian yang lezat dan dicelupkan ke dalam sirup yang kental. Makanan mirip pangsit/siomay ini dapat diisi dengan kacang, krim, keju atau bahan lainnya. Adonan dimasak di satu sisi, digulung, lalu diisi dengan campuran kacang, kismis, keju dan bumbu, serta disajikan bersama sirup atau madu. Makanan ini bisa disajikan untuk sahur atau sebagai makanan penutup.

Knafeh, masakan khas Palestina dan Timur Tengah. (Sumber. Trip Advisor)

Yang kedua adalah Knafeh, makanan pastri lainnya - yang terkenal saat bulan Ramadhan. Knafeh merupakan pastri keju lezat yang direndam di dalam sirup. Terbuat dari banyak bahan, makanan penutup ini dapat disajikan dalam bentuk adonan, dengan mi atau sebagai kulit.

Dipanaskan di minyak kelapa sawit atau mentega, pastri “diselimuti” oleh keju putih lembut, dilapisi dengan pastri (adonan) tambahan yang tebal, sirup atau madu, lalu ditaburi dengan pistacio.

Kebab panggang. (Sumber. The Spruce Eats)

Selanjutnya untuk makanan berat, ada kebab panggang, menu utama di Timur Tengah saat Ramadhan. Kebab panggang terkenal sebagai makanan sahur dan iftar (buka puasa), yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein sebelum dan sesudah puasa.

Tampilan dari kebab panggang berbeda dengan kebab pada umumnya. Biasanya, sayuran dan daging yang dipotong - ditusuk seperti sate. Daging yang biasa dipakai adalah ayam, kambing, atau jenis daging lain, tidak lupa juga untuk diberi bumbu.

Sayangnya Penjajah Halangi Tradisi

Sama seperti halnya Indonesia yang kental dengan tradisi, Palestina juga serupa dengan nuansa Ramadhan yang semestinya berwarna. Akan tetapi, penjajahan yang dilakukan Israel telah menghalangi mereka dari tradisi tersebut.

Warnai Ramadhan Palestina? Pilih Lembaga Kasih Palestina Saja!

Jangankan untuk memikirkan serba-serbi Ramadhan, nasib makan sehari-hari atau bahkan rumah yang suatu saat bisa berubah menjadi reruntuhan, sudah menguras pikiran. Walau begitu, mereka sebenarnya bisa mendapatkan hak mereka.

Dengan bantuan kita sebagai saudara, Ramadhan mereka bisa kembali berwarna termasuk di tahun ini. Kalau begitu, mari turut berkontribusi, semoga tercatat sebagai amalan kebaikan di sisi Allah Swt. Aamiin… (kimikim/kasihpalestina)

Bagikan Artikel

Kampanye

Ikut Bangun Sumur Bor di Gaza, Alirkan Pahala Jariah Anda

Kasih Qurban, Bukti Cinta Kita untuk Palestina

Idul Adha adalah waktu terbaik untuk berlomba-lomba buktikan cinta kita kepada Palestina. Sekerat daging qurban dari kita, nyalakan semangat perjuangan mereka.

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.