Mengapa Harus Bantu Palestina, Sementara Negeri Sendiri Kesusahan?

187 Dilihat 20 Mei 2020 16:48 By: Admin

Latar belakang historis dan kesamaan akidah bukanlah satu-satunya alasan untuk membantu Palestina. Membantu Palestina adalah wujud dari kemanusiaan.

 

Kasihpalestina.comMengapa kita sebagai penduduk Indonesia membantu Palestina, sementara negeri sendiri mengalami kesulitan? Kasih Palestina, lembaga penghimpun donasi Palestina terpercaya telah menyajikan informasi selengkapnya untuk Sahabat semua.

 

Siapa Yang Harus Dibantu Terlebih Dahulu?

Muslimah yang sedang berpelukan/pinterest

 

Muslim yang satu dengan muslim lainnya memiliki ikatan persaudaraan yang kental sebagai sebuah konsekuensi dari keimanan, hal ini menjadikan setiap muslim memiliki kewajiban untuk membantu sesama. Lantas kategori saudara seperti apa yang terlebih dulu diprioritaskan mendapatkan pertolongan? Maka dapat dilihat dari aspek tingkat kegentingan yang terjadi.

Jika saudara-saudara muslim maupun non-muslim memiliki tingkat kegentingan dan kebutuhan bantuan yang sama, maka kita dapat mendahulukan dengan urutan sebagai berikut: 

  1. Utamakan membantu saudara yang terdekat. Jika dalam keadaan darurat saudara-saudara  terdekat memerlukan bantuan. Maka mendahulukan membantu mereka adalah sebuah keharusan.
  2. Saudara yang jauh. Kemudian jika saudara-saudara terdekat sudah cukup terbantu, maka selanjutnya dapat mulai membantu saudara-saudara yang jauh dari tempat tinggal, atau berbeda negara sekalipun.

 

Mengapa Harus Membantu Palestina?

Saling membantu sesama manusia adalah sebuah keniscayaan dan kewajiban moral yang melekat pada setiap insan sebagai makhluk sosial. Sedangkan umat muslim sendiri memiliki anjuran khusus untuk senantiasa saling berbagi peran, bekerja sama dalam berbagai bidang dengan setiap muslim sebagai saudara, dan non-muslim dalam aspek hubungan antar manusia. Kerja sama yang dibangun ini akan membantu menciptakan keseimbangan dan harmoni antar penduduk dunia.

 

Para pengunjuk rasa memegang spanduk "Jerusalem for Palestine" dalam demonstrasi untuk mendukung Palestina di Monumen Nasional di Jakarta, Indonesia 2017 silam/Middle East Monitor

 

  1. Kedekatan Latar Belakang Historis

Kedekatan antara Indonesia dan Palestina telah berlangsung puluhan tahun lamanya. Palestina melalui mufti Amin Al Husayni menjadi negara awal yang mendukung dan mengakui kemerdekaan Indonesia. Sejarah juga membuktikan bahwa presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno memiliki komitmen yang kuat dalam mendukung kemerdekaan Palestina. Hal ini terbukti dalam sejumlah gelaran konferensi internasional yang digagasnya seperti Konferensi Asia Afrika tahun 1955 dan Konferensi Islam Asia Afrika tahun 1965 menjadikan resolusi kemerdekaan Palestina sebagai poin penting yang terus disuarakan.

Maka tidak heran jika sampai saat ini kedekatan Indonesia dan Palestina terus terjalin dengan erat adalah sebuah warisan peninggalan dari bapak pendiri bangsa Indonesia, yang terus dilanjutkan oleh generasi masa kini dan masa yang akan datang.

  1. Bantu Palestina Adalah Wujud Dari Kemanusiaan

Kejahatan penjajahan yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina hendaknya membuka mata hati kita semua bahwa kejahatan tersebut telah menciderai nilai-nilai kemanusiaan. Kolonialisme, imperialisme, ataupun bentuk penjajahan lain yang terjadi pada masa kini tidak dapat dibenarkan bagaimana pun bentuknya.

Negara Indonesia melalui pembukaan undang-undang dasar 1945 telah menyebutkan secara gamblang “bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan perikeadilan”

Maka, membantu penduduk Palestina dan mendukung kemerdekaannya menjadi suatu hal yang harus dilakukan bersama untuk mewujudkan keadilan atas nama kemanusiaan

 

  1. Membantu Palestina adalah Konsekuensi dari Berislam

Anjuran tolong menolong dalam hal kebajikan juga merupakan salah satu bentuk loyalitas dan konsekuensi yang harus dijalankan berdasarkan perintah dari agama dan ikatan persaudaraan yang dibangun oleh setiap muslim. Sebagaimana Allah Swt. berfirman :

“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar” (Qs: At-Taubah: 71)

Dalam ayat ini dijelaskan bahwa setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan memiliki tanggung jawab sebagai penolong untuk saudara muslim yang lainnya. Baik itu dalam rangka untuk saling menguatkan saat menghadapi musibah, maupun dukungan dalam aksi nyata meringankan beban sesama.

 

  1. Sesama Muslim Bagai Satu Tubuh

Membantu Palestina juga merupakan sebuah implementasi yang diyakini semua muslim, bahwa antara satu muslim dan muslim lainnya ibarat satu tubuh yang saling merasakan sakit jika ada yang tersakiti. Karena itu, segala upaya dilakukan untuk membantu “menyembuhkan” luka yang dialami Palestina.

Keadaan muslim yang diibaratkan sebagai satu tubuh sebagai mana terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh Nu’man Bin Basyir:

“Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal kasih sayang bagaikan satu tubuh, apabila satu anggota badan merintih kesakitan maka sekujur badan akan merasakan panas dan demam.” (HR. Muslim).

 

Bantuan Allah Swt. Kepada Mereka Yang Menolong Saudaranya

Allah Swt. sebagai zat yang tiada tertandingi kekuasaanya menjanjikan keutamaan-keutamaan bagi setiap muslim yang berkomitmen untuk menolong setiap saudaranya yang sedang dalam kesulitan. Sebagaimana Hadits riwayat Muslim berikut :

“Barang siapa yang berusaha melapangkan suatu kesusahan kepada seorang mukmin dari kesusahan-kesusahan dunia, maka Allah akan melapangkannya dari suatu kesusahan di hari kiamat dan barang siapa yang berusaha memberi kemudahan bagi orang yang kesusahan, maka Allah akan memberi kemudahan baginya di dunia dan akhirat. Barang siapa yang berusaha menutupi kejelekan orang Islam, Allah akan menutupi kejelekannya di dunia dan akhirat. Allah selalu membantu hamba-Nya selama hamba itu menolong sesama saudaranya.” (HR. Muslim)

(Sumber: Disarikan dari berbagai sumber)

Bagikan Artikel

Kampanye

Kirim Kasih Anak-anak Palestina

Kasih anda bahagiakan anak-anak Palestina

...

Donasi Sekarang

Tunaikan Zakat untuk Palestina

“Ambil lah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka” (QS. at-Taubah [9]: 103)

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.