Lihat Lebih Dekat, Kehidupan di Khan Yunis – Gaza

180 Dilihat 16 November 2020 16:38 By: Admin

Salah satu wilayah di Gaza ini masih jarang diketahui orang, tapi ternyata barak pengungsian di sana menjadi target langganan serangan udara penjajah.

kasihpalestina.com - Jalur Gaza tidak hanya mengenai Kota Gaza, tapi juga area-area lain yang berada dalam cakupan wilayah pemblokadean. Salah satunya adalah Khan Yunis, yang berada di bagian selatan wilayah. Di sana terdapat kehidupan yang penuh dengan inspirasi dan belum banyak tergali media. Lalu, apa saja kisahnya? Simak ulasan lengkap Kasih Palestina – lembaga donasi resmi Palestina – berikut ini!

Keterangan foto: Kehidupan di Khan Yunis, Jalur Gaza. (Sumber. Google)

 

Suatu hari, seorang jurnalis lokal mengunjungi barak pengungsian di sana. Dalam kunjungannya, ia bertemu dengan sejumlah orang hebat dari berbagai rentang usia, yang kemudian berbagi nilai-nilai kehidupan.

Ia bertemu salah satu pengungsi bernama Abu Ahmed. Pemandangan dari lantai dua rumah Ahmed yang berada di tepi barak ialah Neve Dekalim, pemukiman ilegal Israel, dan sebuah menara penembak jitu milik penjajah. Selain itu, terlepas dari basis militer terdapat lautan biru Mediterania.

 

Baca Juga: Cara Mudah Kirim Donasi ke Palestina

 

“Pemandangan yang indah, bukan?” tanyanya secara jenaka, di balik tubuhnya terdapat dinding rumah yang sudah dipenuhi lubang-lubang kecil ibarat keju dari Swiss. Dinding itu sudah terkena serangan udara penjajah.

Keterangan foto: Kehidupan di Khan Yunis, Jalur Gaza. (Sumber. Google)

 

“Salah satu yang melubangi dinding itu bisa saja mengenaiku.”

Itu pertama kalinya bagi Ahmed untuk menjelajahi ruang tamu kosong tersebut, sejak ia membangunnya beberapa tahun lalu.

Sementara itu, tetangga-tetangganya yang masih kanak-kanak – tinggal di bawah lembaran seng yang ditutupi selimut robek. Mereka tertawa kecil ketika melihat si jurnalis.

Keterangan foto: Kehidupan di Khan Yunis, Jalur Gaza. (Sumber. Google)

 

“Tolong ambil gambar kami,” pinta seorang gadis cilik bernama Siham.

Di atas sana, sebuah drone menderu-deru mengancam dan sebuah helikopter tempur terlihat di langit pantai. “Lihat pesawat-pesawat itu, mereka datang dan menembakkan misil pada kami,” bocah-bocah itu menjelaskan seperti ahli. Pesawat penjajah sudah sering kali mereka lihat, dan perang telah menjadi “guru” bagi mereka.

 

Selayang Pandang Wilayah Khan Yunis

Khan Yunis khususnya di area barak pengungsian, menjadi tempat yang sering kali ditargetkan dalam serangan udara penjajah. Selain permasalahan keamanan yang rendah, barak juga mengalami sejumlah masalah krisis lain.

Keterangan foto: Kehidupan di Khan Yunis, Jalur Gaza. (Sumber. Google)

 

Beberapa di antaranya adalah populasi yang sangat padat, kemiskinan yang tinggi, krisis infrastruktur, juga krisis terkait listrik dan air. Karena itu, kondisi di sana pun sama sulitnya seperti wilayah lain di Gaza. Walau begitu, saudara-saudara di Khan Yunis tak kenal putus asa, dalam memperjuangkan kehidupan yang lebih layak. (kimikim/kasihpalestina)

Sumber. Electronic Intifada, UNRWA

Bagikan Artikel

Kampanye

Bantu Hangatkan Palestina

Santunan Anda Bantu Kehidupan Yatim Palestina

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.