Krisis air di Tengah Gelombang Kedua Covid 19 di Gaza-Palestina

313 Dilihat 23 September 2020 09:34 By: Admin

Krisis air kronis yang melanda Gaza-Palestina, semakin memperparah gelombang kedua wabah Covid-19 di sana.

kasihpalestina.comWabah virus Covid-19 belum sepenuhnya pergi, peningkatan kasus di Palestina justru semakin melambung tinggi. Bagaimana penduduk Palestina dapat bertahan di tengah krisis air yang memperparah keadaan? Simak informasi selengkapnya, sajian lembaga donasi Palestina terpercaya, Kasih Palestina.

 

Krisis Air Tak Kunjung Usai

(Anak-anak membawa jeriken adalah pemandangan umum di Gaza-Palestina/dok.ICRC)

 

Krisis air yang masih menjadi permasalahan akut warga Palestina, bermula saat Israel memasuki wilayah negeri para nabi itu. Apalagi semenjak blokade yang diterapkan di wilayah Gaza-Palestina, semakin membuat parah keadaan.

2 juta warga Palestina berdesakan di Gaza, dengan kondisi air tanah yang sudah sangat tidak sehat. Kondisi air di Gaza-Palestina sudah tak layak konsumsi, tercemar limbah, hingga polutan berbahaya di dalam tanah. PBB bahkan sempat melabeli Gaza sebagai wilayah tak layak huni tahun 2020 ini, salah satunya tersebab masalah krisis air yang semakin parah saja.

Pemerintah Palestina sendiri telah berupaya mengambil langkah, dengan membangun akuifer sebagai salah satu alternatif penyediaan air minum bagi warganya. Namun kini, akuifer juga tak mampu berbuat banyak mencukupi kebutuhan air layak minum warga Palestina.

 

Bagaimana Krisis Air di Gaza Bermula?

 

Krisis Air Perparah Gelombang Kedua Wabah Covid-19 di Gaza-Palestina

(Pemerintah menerapkan lockdown di Gaza-Palestina/dok.AP News)

 

Pandemi Covid-19 yang melanda Palestina dan dunia masih mengalami peningkatan jumlah pasien yang terinfeksi. Di Palestina sendiri, hingga 22 September 2020 jumlah kasus yang terjadi seperti dilansir WAFA News Agency telah menyentuh angka 46057. Peningkatan yang masif ini membuat pemerintah mengambil langkah untuk melakukan isolasi (lockdown) di seluruh wilayah Gaza.

Namun sayangnya, kondisi ini diperparah dengan penjajahan yang masih berlangsung dan krisis air yang melanda Gaza-Palestina. Peneliti sistem kesehatan Palestina, Aisha Yousif Elbasuoni dalam wawancaranya dengan radio Real World mengatakan jika serangan penjajah Israel terhadap warga Palestina telah merusak fasilitas kesehatan secara besar-besaran. Serangan itu menyebabkan ribuan luka dan ratusan korban jiwa yang menambah beban rumah sakit.

Aisha menambahkan jika kesulitan serius dalam menangani pandemi ini secara efektif. Karena kebersihan pribadi, dan mencuci tangan adalah salah satu langkah terpenting untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Namun, sebagai imbas dari penghancuran infrastruktur Palestina oleh serangan Israel, sistem sanitasi hampir tidak berjalan sama sekali” ujarnya.

Sementara itu, ditemui pada kesempatan yang sama, Insinyur lingkungan Balqis Khozundar juga mengatakan jika kurangnya akses ke air munim, sanitasi, listrik dan bahan bakar. Ditambah dengan polusi udara yang parah telah menjadi bencana lingkungan di Gaza-Palestina yang memperparah kondisi tersebut.

“Saya ingin Anda membayangkan bahwa Anda tidak memiliki air di rumah selama tiga hari, ini bencana” lanjut Balqis.

Balqis menambahkan jika air di Gaza tak layak konsumsi atau untuk sekadar memasak makanan, bahkan sering kali tak tersedia sama sekali. (itari/kasihpalestina)

Sumber: Kementerian Kesehatan Palestina, WAFA News Agency, Relief Web

 

Sahabat dapat menyalurkan donasi terbaiknya untuk membantu saudara-saudara di Palestina melawan virus Covid-19, melalui:
Bank Mandiri
131 00 3618 18 18
a.n Yayasan Kasih Palestina


Konfirmasi donasi:
CS Donasi Online: 0878 3864 8049, atau
Call Center: 08 123 2011 55

Bagikan Artikel

Kampanye

Wakaf Sumur Bor di Gaza, Alirkan Pahala Jariah Anda

Kasih Qurban, Bukti Cinta Kita untuk Palestina

Idul Adha adalah waktu terbaik untuk berlomba-lomba buktikan cinta kita kepada Palestina. Sekerat daging qurban dari kita, nyalakan semangat perjuangan mereka.

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.