Krisis Air Bersih di Rumah Sakit Gaza - Palestina

453 Dilihat 03 September 2020 19:08 By: Admin

Krisis air yang berkepanjangan membuat Gaza-Palestina semakin tidak layak huni, rumah sakit dan warga lokal kekurangan air bersih dan layak konsumsi.

kasihpalestina.comFasilitas kesehatan hendaknya menjadi tempat yang bersih dan steril dari berbagai bakteri, sirkulasi udara dan ketersediaan air bersih tentu akan sangat berperan besar. Namun, hal tersebut tidak ditemukan di rumah sakit di Gaza-Palestina, keberadaan air bersih begitu sulit didapat para dokter dan pekerja. Bagaimana perjalanan krisis air ini? Kasih Palestina, lembaga donasi Palestina terpercaya sajikan informasi selengkapnya.

 

Krisis Air Melanda Rumah Sakit di Gaza - Palestina

(Air keruh dan tercemar di Rumah Sakit Al Shifa Gaza-Palestina/dokumentasi: UNICEF)

 

Rumah Sakit Al Shifa di kota Gaza-Palestina menjadi salah satu rumah sakit utama di kota itu dan begitu diandalkan oleh penduduk sekitar. Tak kurang dari ribuan warga Gaza-Palestina pernah mengalami luka peperangan dan dirawat di rumah sakit ini.

Kendati menjadi mercusuar kesehatan di Gaza-Palestina, fasilitas rumah sakit ini masih jauh dari kata layak dan sehat. Air bersih begitu begitu susah didapatkan di rumah sakit ini, hingga para dokter dan tenaga medis lainnya harus terpaksa mencuci tangan dan peralatan rumah sakit dengan air yang keruh dan tercemar. Pipa-pipa aliran air di rumah sakit ini, telah berkarat dan menjadi salah satu penyebab pencemaran air.

Pihak rumah sakit juga mengeluhkan situasi yang terjadi, tetapi tak banyak yang dapat mereka lakukan mengingat begitu sulitnya akses barang-barang untuk masuk ke jalur Gaza, imbas dari blokade lebih dari satu dekade lamanya.

“Pengobatan penyakit membutuhkan fasilitas bebas penyakit. Sebagai seorang dokter, saya perlu menggunakan air yang bersih dan mengalir setiap harinya. Saya tidak dapat menggunakan air keran yang keluar karena begitu berkarat, bau dan membuat mual” ujar dokter perawatan intensif, Nasser Bolbol (45 tahun)

 

Krisis Air Sebabkan Gaza Tak Layak Huni

(Saja Abo Hosoun (12 tahun), mengisi wadah air dari keran yang terhubung ke tangki air di dekat rumah mereka di Rafah, Jalur Gaza selatan, Palestina/dokumentasi: UNICEF)

 

Krisis air parah yang terjadi di Gaza-Palestina telah berlangsung begitu lama, Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menobatkan Gaza tak layak huni pada tahun 2020 ini, karena kurangnya ketersediaan air yang tidak dapat diminum. 96% sumber air bawah tanah di Gaza tak layak konsumsi, akibat ekstraksi air tanah yang berlebihan dan terkontaminasinya air oleh limbah dan bahan kimia pertanian.

Alhasil kondisi ini membuat 1,9 juta warga Gaza yang mayoritas berada di bawah garis kemiskinan, harus membeli air kemasan yang harganya melambung tinggi. Air yang dibeli dari pabrik desalinisasi air skala kecil, juga tidak dapat menjamin jika air yang dijual telah sepenuhnya bebas dari polutan yang mencemari air. Hal ini tentu meningkatkan resiko zat kimia terkonsumsi dalam tubuh warga Gaza-Palestina.

Kenyataan yang ada hari ini adalah implikasi nyata dari blokade yang telah belasan tahun mengepung Gaza-Palestina. Tidak banyak yang dapat dilakukan warga Gaza untuk memperbaiki situasi ini, mengingat bahan baku yang harus didatangkan dari luar wilayah blokade begitu susahnya. (itari/kasihpalestina)

Sumber: UNICEF

--------------------------------------------------------

Sahabat dapat membantu meringankan kondisi krisis air yang dialami warga Gaza-Palestina, dengan mendukung program air bersih untuk Gaza yang diinisiasi oleh Kasih Palestina, lembaga yang telah dipercaya sejak 2018 dalam menghimpun donasi Palestina.

Kirimkan donasi terbaik Sahabat melalui:
Bank Mandiri
131 00 3618 18 18
a.n Yayasan Kasih Palestina

Konfirmasi donasi:
CS Donasi Online: 0878 3864 8049, atau
Call Center: 08 123 2011 55

www.kasihpalestina.com

Bagikan Artikel

Kampanye

Ikut Bangun Sumur Bor di Gaza, Alirkan Pahala Jariah Anda

Kasih Qurban, Bukti Cinta Kita untuk Palestina

Idul Adha adalah waktu terbaik untuk berlomba-lomba buktikan cinta kita kepada Palestina. Sekerat daging qurban dari kita, nyalakan semangat perjuangan mereka.

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.