Kasih Air Bersih; Bantu Atasi Krisis Air di Palestina

317 Dilihat 24 September 2020 09:58 By: Admin

Krisis air melanda Palestina tak kunjung usai, Kasih Air Bersih menjadi solusi di tengah krisis air berkepanjangan.

kasihpalestina.comKrisis air berkepanjangan di Gaza-Palestina semakin mengkhawatirkan setiap tahunnya. Wilayah Gaza yang telah penuh sesak tak dapat lagi menyediakan cadangan air yang bersih lagi memadai. Bagaimana warga Gaza-Palestina menemukan solusi atasi krisis? Kasih Palestina, lembaga donasi Palestina terpercaya sajikan informasi selengkapnya.

 

Krisis Air Menahun

(Jeriken-jeriken kosong menjadi saksi upaya warga Palestina untuk memperoleh air bersih/dok. PRI)

 

Krisis air di Palestina bukanlah permasalahan baru yang telah didengar. Krisis ini bermula ketika penjajah Israel mulai menapaki tahan anbia pada 1948 silam. Sejak hari Nakba itu, wilayah Palestina terus dicaplok penjajah, termasuk di dalamnya sumber mata air. Hingga sumur-sumur dan hak-hak warga pribumi mengakses air kerap dihancurkan penjajah. Dilain sisi, kondisi wilayah Gaza tak mampu lagi menghasilkan air tanah yang berkualitas, polutan dan zat-zat kimia lainnya mencemari air tanah dan air hasil akuifer di wilayah itu.

Organisasi PBB sendiri telah memprediksi, jika tahun 2020 Gaza-Palestina menjadi wilayah yang tak layak huni. 98% air terkontaminasi di wilayah yang dekat dengan laut ini. Jangankan untuk mencuci baju dan bahan makanan, untuk minum saat haus melanda saja jarang tersedia.

 

Baca juga: Krisis Air Kronis Landa Gaza-Palestina

 

Kasih Air Bersih; Bantu Atasi Krisis Air di Palestina

(Penjajah Israel juga menghancurkan sumur-sumur dan cadangan air warga Palestina/dok. TDH)

 

Berangkat dari latar belakang tersebut, Kasih Palestina sebagai lembaga penghimpun donasi Palestina terpercaya, menginisiasi lahirnya program Kasih Air Bersih. Program yang dicanangkan ini bertujuan untuk:

  1. Membantu kebutuhan warga Palestina akan air bersih.
  2. Mengurangi persentase penyakit akut akibat sanitasi yang buruk
  3. Menyediakan sekaligus memobilisasi air untuk 5000 keluarga di Gaza-Palestina
  4. Penyediaan air bersih dan layak konsumsi, dengan membangun stasiun desalinasi air dan tenaga surya.

Program ini direncanakan agar dapat membantu suplai air sebanyak 40 Meter kubik setiap harinya. Kasih Palestina juga berupaya untuk mendistribusikan air bersih ini sebagai wakaf produktif, yang akan disalurkan kepada keluarga-keluarga Palestina yang membutuhkan, kepada 5000 warga Palestina yang tersebar di Bani Sehila, Gaza, provinsi Khan Yunis akan menjadi penerima manfaat dari program ini. Sementara pelaksanaan program itu sendiri akan berpusat di Distrik Esra’a.

 

Baca juga: 6 Masalah Krisis yang Dihadapi Palestina

 

Sahabat, kami tahu jika pekerjaan dan beban yang berat akan terasa ringan jika dikerjakan bersama. Oleh karena itu, Kasih Palestina mengajak Sahabat untuk turut berpartisipasi dalam program kebaikan untuk atasi masalah krisis air di Gaza-Palestina. Hati dan perasaan kita telah terpatri untuk Palestina, saatnya kini kita beri aksi untuk membantu sesama di sana.

Sahabat yang akan ikut berpartisipasi dapat menghubungi Call Center (08 123 2011 55). Sahabat juga dapat mengirimkan donasi dan sedekah terbaiknya secara langsung melalui:

Bank Mandiri

131 00 3618 18 18

a.n Yayasan Kasih Palestina

Berapapun jumlah nominal yang Sahabat beri, menjadi cahaya harapan bagi warga Palestina tuntaskan krisis air berkepanjangan. (itari/kasihpalestina)

Bagikan Artikel

Kampanye

Wakaf Sumur Bor di Gaza, Alirkan Pahala Jariah Anda

Kasih Qurban, Bukti Cinta Kita untuk Palestina

Idul Adha adalah waktu terbaik untuk berlomba-lomba buktikan cinta kita kepada Palestina. Sekerat daging qurban dari kita, nyalakan semangat perjuangan mereka.

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.