Kaleidoskop: Program-Program Kebaikan Sepanjang Tahun 2020

193 Dilihat 31 Desember 2020 21:24 By: Admin

Melalui program-programnya, Kasih Palestina memiliki visi sebagai Lembaga Kemanusiaan Indonesia-Palestina yang profesional.

kasihpalestina.com - Mulai merintis sejak tahun 2016, Kasih Palestina awalnya hanyalah grup WhatsApp untuk berbagi informasi tentang Palestina, tetapi kemudian para anggota grup sadar dan melakukan perubahan nyata dengan menggalang dana untuk donasi Palestina.

Pada tahun 2017, tepatnya 28 Agustus, Kasih Palestina semakin berkembang menjadi Yayasan Kasih Palestina yang memiliki misi menjadi lembaga sekaligus mediator dan fasilitator antara Indonesia dan Palestina untuk mengatasi problem kemanusiaan, meningkatkan SDM dan tata kelola organisasi yang berkualitas, serta mengembangkan jaringan lokal dan internasional dalam menghimpun dan menyalurkan bantuan kemanusiaan.

Sepanjang tahun 2020, Kasih Palestina memiliki program yang dilaksanakan sesuai target. Bukan hanya kemajuan dalam pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia-Palestina saja, tetapi masih ada lagi program-program yang lain. Yuk, simak selengkapnya!

 

Baca juga : Nanti Kita Shalat di Masjid Istiqlal Gaza-Palestina

 

Kemajuan Pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia

(Ket. Donasi Palestina Masjid Istiqlal Indonesia/Dok. Kasih Palestina)

 

Selama 12 bulan di tahun 2020, Masjid Istiqlal Indonesia mengalami banyak kemajuan dalam proses pembangunannya. Kini masjid sudah dalam tahap pemasangan keramik. Akan ada 3000 orang yang menerima manfaat dalam spirit kemerdekaan pembangunan masjid dua bangsa ini. Para hafidz dan hafidza di sana akan memiliki tempat untuk menghapal Al-Quran, diharapkan doa mereka akan menjadi aliran kebaikan bagi para donatur.

 

Kasih Yatim

(Ket. Donasi Palestina Kasih Yatim/Dok. Kasih Palestina)

 

Selain pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia, Kasih Palestina juga memiliki program yang tak kalah menarik, yaitu Kasih Yatim. Sejak tahun 2017, puluhan anak yatim di Gaza dan pengungsian telah dikelola oleh Kasih Palestina. Bantuan yang diberikan berupa biaya makan, pendidikan, dan pakaian, diharapkan anak-anak yatim di Palestina bisa melanjutkan kehidupan mereka dengan lebih baik.

 

Kasih Qurban

(Ket. Donasi Palestina Kasih Qurban/Dok. Kasih Palestina)

 

Idul Adha menjadi hari yang dinanti-nanti oleh warga Palestina. Di tengah krisis pangan yang melanda, kuban yang dikirim oleh Kasih Palestina dari para donatur telah membantu 1064 warga di sana. Ada pun jumlah kurban adalah 32 ekor kambing, dan 2 ekor sapi.

 

Kasih Iftar

(Ket. Donasi Palestina Kasih Iftar/Dok. Kasih Palestina)

 

Pada saat bulan ramadan, Kasih Palestina memiliki program berbagi makanan buka puasa yang dinamakan dengan Kasih Iftar. Program ini telah rutin dilaksanakan sejak tahun 2016 di wilayah Gaza, Masjid Al-Aqsha, dan pengungsian. Ada sekitar 100 orang penerima manfaat dari paket buka puasa ramadan ini.

 

Baca juga : 5 Alasan Rumah Warga Palestina Mudah Ambruk di Segala Cuaca

 

Paket Bingkisan Lebaran

(Ket. Donasi Palestina Kasih Paket Bingkisan Lebaran/Dok. Kasih Palestina)

 

Paket bingkisan lebaran ini sangat disambut antusias oleh warga Palestina, karena dinamakan juga sebagai paket bahagia bagi anak-anak. Ada 50 keluarga yang mendapat paket bingkisan berisi pakaian dan makanan untuk idul fitri.

 

Bantuan Darurat Covid

(Ket. Donasi Palestina Bantuan Darurat Covid/Dok. Kasih Palestina)

 

Virus Corona melanda seluruh dunia, dan kawan-kawan di Palestina butuh sekali bantuan terlebih ketika musim dingin. Maka, untuk itu Kasih Palestina membuat program bantuan darurat Covid di tahun ini. Program bantuan darurat sembako untuk keluarga terdampak Lockdown Covid-19 ini telah diterima oleh 200 keluarga di sana.

 

Renovasi Atap Rumah Keluarga Syuhada di Gaza

(Ket. Donasi Palestina Renovasi Atap/Dok. Kasih Palestina)

 

Program ini diadakan karena melihat para keluarga di Gaza yang kesulitan memperbaiki rumahnya yang rusak. Seringkali, mereka menambal atap dengan terpal dan kain tipis. Ribuan rumah yang rusak hanya memiliki dua pilihan, yaitu diperbaiki dengan material seadanya atau dibiarkan terbengkalai, kemudian mengungsi di lahan kosong dengan kondisi serba terbatas. Pada tahun 2020 ini, sudah ada 20 rumah yang menerima manfaat dari program renovasi atap tersebut.

 

Kasih Sembako

(Ket. Donasi Palestina Kasih Sembako/Dok. Kasih Palestina)

 

Program terakhir adalah Kasih Sembako. Bantuan ini berupa paket sembako untuk keperluan rumah tangga yang disalurkan kepada setiap keluarga di Palestina. Tahun 2020 ini sudah ada 200 keluarga yang menerima manfaat dari program Kasih Sembako ini. (jihansuweleh/kasihpalestina)

Itulah program-program dari Kasih Palestina yang telah dilaksanakan di tahun 2020 ini, jika Sahabat ingin membantu berdonasi, Sahabat bisa berkontribusi untuk Palestina dengan cara mengakses link berikut :

https://kasihpalestina.com/campaign/hangatkanpalestina?lng=id

Atau juga bisa melakukan donasi melalui:

Bank Mandiri 131 00 3618 18 18
a.n Yayasan Kasih Palestina

Konfirmasi donasi:

CS Donasi Online: 0878 3864 8049; atau
Call Center: 08 123 2011 55

Bagikan Artikel

Kampanye

Sedekah Listrik, Terangi Masjid di Palestina

Sedekah listrik, terangi kehidupan Gaza

...

Donasi Sekarang

Setiap Sedekah, Bantu Habibah: Bocah Periang dari Gaza

Kasih anda bahagiakan Habibah dan anak-anak Palestina

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.