Gaza Gelap Gulita Akibat Ulah Penjajah

288 Dilihat 28 Agustus 2020 08:32 By: Admin

Israel belum lama ini hentikan pengiriman bahan bakar ke Gaza, yang kemudian sebabkan satu-satunya pembangkit listrik di sana berhenti beroperasi.

kasihpalestina.com - Tak puas dengan krisis listrik yang menghantui Gaza, penjajah belum lama ini menyebabkan satu-satunya pembangkit listrik di sana berhenti beroperasi. Lantas, apa ulah mereka hingga menyebabkan wilayah menjadi gelap gulita? Simak ulasan Kasih Palestina – lembaga donasi resmi Palestina – berikut ini.

 

Baca Juga: Tantangan ketika Anak Gaza Sakit

 

Tepatnya pada Selasa lalu (18/8), Israel menghentikan pengiriman bahan bakar ke wilayah pemblokadean. Tindak penghentian ini merupakan satu dari serangkaian langkah, yang penjajah klaim sebagai hukuman, terhadap wilayah Jalur Gaza.

Tidak hanya itu, Israel juga mengklaim bahwa “hukuman” tersebut merupakan bentuk tanggapan atas kejadian “balon yang dibakar” dari wilayah pemblokadean.

Kejadian diterbangkannya sejumlah balon oleh beberapa warga ini, pada kenyataannya merupakan upaya simbolis demi menarik perhatian, terkait situasi yang memburuk di wilayah – akibat pemblokadean selama 13 tahun oleh penjajah.

Keterangan foto: Sejumlah warga Gaza terbangkan balon ke wilayah penjajah Israel. (Sumber: Albawaba)

 

Perlu diketahui, insiden “balon dibakar” sendiri hanya menyebabkan kebakaran di sejumlah area Israel. Selain itu, kejadian tidak menimbulkan korban ataupun kerusakan. Akan tetapi, tindakan penghentian pengiriman bahan bakar bahkan telah memperburuk situasi wilayah, yang sebelumnya sudah terkena krisis listrik akut.

Di Gaza, listrik hanya mengaliri rumah warga selama 10-11 jam – sebelum pembatasan lebih jauh. Diperkirakan ini akan memburuk beberapa hari setelahnya – hingga listrik hanya tersedia selama 4 jam perhari, yang dilanjutkan dengan pembatasan listrik selama 14-16 jam.

Lalu, bagaimana jadinya jika satu-satunya pembangkit listrik mati akibat penghentian pengiriman bahan bakar?

 

Baca Juga: Kasih Air Bersih; Sumber Harapan Untuk Palestina

 

Rumah Sakit dan Pabrik

Lembaga kemanusiaan Gisha kemudian mengingatkan, bahwa; rumah sakit, sekolah, bengkel, dan fasilitas karantina – akan terkena dampak dari penghentian pengiriman bahan bakar.

Sementara sebagian besar rumah sakit di Gaza dialiri listrik selama 24 jam – melalui pembangkit listrik utama, Gisha mengatakan; masih belum jelas apakah itu akan dipertahankan.

Pihak kementerian kesehatan Gaza mengingatkan; krisis listrik di rumah sakit akan menimbulkan ancaman serius terhadap: nyawa bayi-bayi prematur yang tengah dirawat, unit perawatan intensif, dan pasien-pasien gagal ginjal.

Keterangan foto: Krisis listrik di rumah sakit Gaza. (Sumber: Middle East Monitor)

 

Selain itu, dampaknya akan dirasakan juga oleh pabrik-pabrik di wilayah pemblokadean, di mana sektor ekonomi Gaza sendiri sudah hancur – akibat pemblokadean dan serangan militer yang berulang.

Kepala dari Federasi Umum Serikat Pekerja Palestina kemudian mengatakan; pabrik dan bengkel diperkirakan akan beroperasi dengan kapasitas kurang dari 20 persen, dan bergantung pada generator.

Sementara itu, fasilitas karantina di Gaza – yang saat ini menampung 2 ribu orang – juga akan terkena dampak, dengan tidak lebih dari 4 jam aliran listrik. (kimikim/kasihpalestina)

 

Sumber. The Electronic Intifada

 

Listrik Sangat Dibutuhkan, Terutama saat Musim Panas

Musim panas telah tiba, artinya Jalur Gaza dalam tingkat waspada. Mengapa? Karena krisis air dan listrik yang tengah berlangsung, akan mempersulit warga di musim dengan suhu tinggi ini.

Terlebih, pengiriman bahan bakar yang dilakukan Israel telah membuat Gaza gelap gulita tanpa penerangan di malam hari.

Kita tidak bisa tinggal diam begitu saja. Sebagai saudara, kita tidak mungkin hidup tenang – membiarkan saudara-saudara di Gaza dalam kesulitan.

Melalui program Terangi Palestina, kita berharap dapat mengurangi beban serta membantu keberlangsungan hidup mereka.

 

Mari, kita bersama-sama menerangi wilayah pemblokadean dengan mengklik tautan berikut:

kasihpalestina.com/campaign/terangipalestina

 

Atau melalui rekening:

Mandiri 131 00 3618 18 18

a.n Yayasan Kasih Palestina

 

Konfirmasi donasi:

CS Donasi Online: 0878 3864 8049, atau

Call Center: 08 123 2011 55

Bagikan Artikel

Kampanye

Ikut Bangun Sumur Bor di Gaza, Alirkan Pahala Jariah Anda

Kasih Qurban, Bukti Cinta Kita untuk Palestina

Idul Adha adalah waktu terbaik untuk berlomba-lomba buktikan cinta kita kepada Palestina. Sekerat daging qurban dari kita, nyalakan semangat perjuangan mereka.

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.