Fakta Sejarah Intifadha Pertama 1987

328 Dilihat 24 September 2020 19:38 By: Admin

Intifadha hingga hari ini masih menyimpan fakta-fakta sejarah yang menarik untuk ditelisik.

kasihpalestina.comIntifadha hingga saat ini masih menjadi salah satu perlawanan rakyat Palestina yang begitu melegenda. Banyak fakta yang menarik dari sejarah intifada pertama di Palestina. Simak informasi selengkapnya dari lembaga donasi Palestina terpercaya, Kasih Palestina.

 

Aksi Perlawanan Intifadha

(Seluruh penduduk Palestina turun ke jalan untuk menyuarakan ketidakadilan penjajah/dok.MEMO)

 

Perlawanan rakyat Palestina atau yang dikenal dengan istilah intifadha telah banyak berbicara pada dunia, tentang penjajahan yang terjadi di Palestina. Serangkaian aksi yang telah dilakukan sejak 9 Desember 1987 ini telah cukup menyulitkan penjajah. Di antara aksi-aksi intifadha itu adalah demonstrasi besar-besaran, pemogokan untuk membayar pajak, memboikot produk Israel, propaganda melalui tulisan serta bentuk-bentuk perlawanan lainnya seperti melempar batu dan bom molotov.

Hingga akhir tahun 1988, telah terjadi 23.092 demonstrasi yang dilakukan di wilayah Palestina. Unjuk rasa yang dilakukan ini, menjadi sarana menyampaikan sikap dan protes terhadap kebijakan penjajah yang semena-mena.

 

Fakta-fakta Intifadha Pertama

(Banyak penduduk Palestina yang terluka terkena serangan penjajah/dok.Pinterest)

 

Sejak diawalinya gerakan ini, telah banyak warga Palestina yang harus menjemput kesyahidannya saat melawan penjajah. Jatuhnya korban dari pihak Palestina tak sebanding dengan dari pihak penjajah yang masih dalam kategori hitungan jari.

Dalam tiga pekan pertama sejak meletusnya gerakan ini, lebih dari 20 penduduk Palestina terbunuh, tanpa sedikitpun korban jiwa dari pihak Israel. Data yang dikeluarkan oleh B’Tselem yang dilansir Middle East Monitor, menyebutkan jika pada September 1993 silam, pasukan Israel telah membunuh 1.070 penduduk Palestina tak bersalah. Termasuk di dalamnya 237 anak-anak, dengan ditambah 54 penduduk Palestina dibunuh oleh pemukim ilegal Israel.

(Tak pandang bulu dalam menyerang, penjajah Israel juga mengincar anak-anak Palestina/dok.MEMO)

 

Israel mensiasati pembunuhan dengan menggunakan samaran. Sedangkan Komandan Angkatan Darat menginstruksikan pasukannya secara terang-terangan untuk mematahkan tulang para demonstran. Selama dua tahun pertama gerakan intifadha ini berlangsung, lebih dari setengah korban dari 5.000 penduduk yang terluka adalah anak-anak. Namun penjajah Israel terus mengelak, dan malah mendeportasi 58 warga Palestina. Tindakan ini terus berlanjut ketika 1992, Israel mendeportasi lebih dari 400 warga Palestina yang dicurigai terlibat dalam gerakan hamas dan Jihad Islam di Lebanon Selatan.

Gerakan intifadha juga berimbaas pada sekitar 175.000 warga Palestina harus terpaksa mendekam dalam jeruji penjajah. Bahkan 5000 warga Palestina lainnya, harus merasakan dinginnya penjara tanpa dakwaan dan proses pengadilan yang jelas. Tak cukup hanya sampai memenjara, tahanan Palestina juuga mendapatkan kekerasan dan penyiksaan selama menjalani masa tahanan. Penjajah Israel yang geram oleh gerakan perjuangan warga Palestina ini kemudian turut menghancurkan juga 2.000 rumah warga Palestina. (itari/kasihpalestina)

(Sumber: Middle East Monitor)

Bagikan Artikel

Kampanye

Wakaf Sumur Bor di Gaza, Alirkan Pahala Jariah Anda

Kasih Qurban, Bukti Cinta Kita untuk Palestina

Idul Adha adalah waktu terbaik untuk berlomba-lomba buktikan cinta kita kepada Palestina. Sekerat daging qurban dari kita, nyalakan semangat perjuangan mereka.

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.