Berkah! Walau Dijajah, Hasil Alam Palestina Selalu Melimpah

563 Dilihat 16 Oktober 2020 10:03 By: Admin

Fakta menarik seputar alam Gaza yang penuh berkah

kasihpalestina.com - Kekayaan alam Gaza jadi bukti nyata pertolongan yang telah Allah berikan kepada warga Gaza. Meskipun berada di dalam keterbatasan dan blokade Israel, hasil alam Gaza jumlahnya sangat melimpah dan memiliki kualitas unggulan. Penasaran dengan bagaimana Allah memberkahi warga Gaza melalui hasil alamnya? Simak ulasan lengkap Kasih Palestina – lembaga donasi resmi Palestina – berikut ini!

 

Pertanian di Gaza

Secara kondisi geografis, Gaza memiliki tanah basah dan subur yang menjadikannya lahan pertanian yang baik. Tidak heran bila Gaza dapat menghasilkan buah dan sayur dalam jumlah banyak dengan kualitas unggulan.

(Ket. Petani sedang memanen buah anggur di sebuah pertanian di Gaza. Dok. Liputan 6)

 

Iklim Gaza yang subtropik turut serta berpengaruh pada hasil panen kebun-kebun di Gaza. Karena petani dapat menanam beragam varietas buah dan sayur-sayuran. Melansir dari Minanews.net, produk pertanian yang banyak diusahakan warga Gaza adalah buah zaitun, kurma, anggur, jeruk, dan kacang almon.

 

Berprofesi sebagai Petani Kurma di Gaza: Sulit namun Bahagia

 

Selain memenuhi kebutuhan pasar di Gaza, produk-produk pertanian Gaza juga diekspor ke daerah lain. Mengutip pernyataan Departemen Pertanian Gaza melalui Palinfo,  volume ekspor pertanian Gaza untuk tahun 2018 berjumlah (40 ribu ton), dengan nilai sekitar 40 juta dolar. Sayuran yang diekspor hampir mencapai sepuluh varietas, mulai dari stroberi, tomat, mentimun, zucchini, kol, bunga, kentang dan sayuran lainnya.

Padahal luas lahan pertanian di Gaza hanya sekitar 170 km² saja. Bila kita bandingkan dengan wilayah di Indonesia, lahan pertanian Gaza hanya sedikit lebih besar dari luas Kota Bandung yang ukurannya 167,7 km².

(Ket. Buah kurma sedang disortir di sebuah ladang di Deir el-Balah, Gaza. Dok. Liputan 6)

 

Perikanan di Gaza

Perairan Gaza memiliki ekosistem laut yang cukup beragam karena menjadi bagian dari Laut Mediterania atau yang biasa disebut Laut Tengah. Keberagaman ekosistemnya dapat kita lihat dari ditemukannya beragam jenis ikan dengan berbagai ukuran di perairan Gaza, mulai dari ikan makarel, ikan tuna hingga ikan hiu dan ikan paus.

 

(Ket. Sejumlah nelayan bersiap-siap pergi menangkap ikan dengan menggunakan perahu mereka di sebuah pelabuhan Gaza. Dok. Liputan 6)

 

 

Belum lagi perpindahaan yang rutin dilakukan oleh ikan-ikan di sekitar laut tengah, semakin meningkatkan potensi kekayaan laut di perairan Gaza. Mengutip dari Republika, diberitakan bahwa nelayan bernama Fouad Amoudi bersama teman-teman nelayannya menemukan gerombolan ikan hiu di perairan Gaza yang jaraknya hanya dua kilometer dari pantai Kota Khan Younis, Jalur Gaza Selatan. Meskipun hanya menggunakan jaring tradisional, mereka berhasil menangkap 100 ikan hiu dengan berat 50 sampai 100 kilogram. Fouad turut serta menegaskan bahwa meskipun Israel telah menutup akses mereka ke laut, tapi Allah mengirimkan bantuan untuk mereka dan anak-anak mereka.

 

Mau Kirim Bantuan ke Gaza? Ini Cara Mudahnya!

 

Kapasitas tangkapan ikan oleh nelayan Gaza juga cukup besar meskipun daerah tangkapan ikan masih  dibatasi oleh Israel dan perlengkapan yang digunakan masih seadanya. Melansir dari berita Republika, Nizar Ayyash selaku pemimpin ikatan nelayan di Jalur Gaza mengungkapkan bahwa nelayan Gaza mampu menangkap 20 ton ikan.

(Ket. Seorang kakek tengah memperbaiki jala ikan di pantai Gaza. Dok.Mintpressnews)

 

 

Ikan-ikan yang berhasil ditangkap oleh nelayan Gaza, tidak hanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pasar lokal saja tetapi juga diproses menjadi berbagai makanan olahan yang dikemas secara baik untuk penggunaan jangka panjang penduduk Gaza.

Walaupun berada di dalam blokade Israel, hasil alam yang melimpah melalui pertanian dan perikanan di wilayah Gaza menjadi keberkahan tersendiri untuk penduduk Gaza dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Sumber: Republika, Minasnews, Palinfo, Liputan 6, Merdeka

Bagikan Artikel

Kampanye

Wakaf Sumur Bor di Gaza, Alirkan Pahala Jariah Anda

Kasih Qurban, Bukti Cinta Kita untuk Palestina

Idul Adha adalah waktu terbaik untuk berlomba-lomba buktikan cinta kita kepada Palestina. Sekerat daging qurban dari kita, nyalakan semangat perjuangan mereka.

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.