Bagaimana Hukum Berzakat Ke Palestina?

154 Dilihat 21 Mei 2020 10:23 By: Admin

Penjajahan di negeri Palestina mendorong warganya jatuh dalam kemiskinan, sehingga mayoritas di antaranya masuk ke dalam golongan penerima zakat.

 

Kasihpalestina.comZakat menjadi salah satu ibadah yang memiliki keutamaan sebagai pembersih harta dari para muzakki dan merupakan ibadah yang memiliki dampak sosial yang luas bagi para penerima manfaatnya. Lantas bagaimana jika zakat disalurkan kepada penduduk Palestina? Simak penjelasan dari lembaga donasi Palestina, Kasih Palestina berikut ini.

 

Siapa Saja Yang Wajib Menerima Zakat?

Anak-anak Palestina bermain di tempat pembuangan sampah di kamp pengungsi Nahr al-Bared di Khan Younis di Jalur Gaza selatan/New Of Asia

Penerima zakat telah dijelaskan dalam Al Quran dal Qs: At Taubah ayat 60 yang artinya adalah sebagai berikut:

“Sesungguhnya zakat-zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, amil zakat, mualaf, memerdekakan hamba sahaya, membebaskan orang berhutang, untuk jalan Allah, dan orang yang sedang dalam perjalanan di jalan Allah. (Semua yang dijelaskan itu) sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana.” (Qs: At-Taubah:60)

Dari ayat tersebut dapat kita lihat bahwa golongan yang wajib menerima zakat di antaranya adalah, orang-orang yang fakir, miskin, amil zakat, mualaf (orang yang baru masuk Islam), hamba sahaya, gharimin (orang yang berhutang), fisabilillah (orang yang berjuang di jalan Allah), ibnu sabil (orang yang sedang dalam perjalanan).

Baca juga informasi menarik lainnya: Kabar Terbaru Masjid Istiqlal Indonesia Gaza di Ramadhan 1441 H

 

Hukum Berzakat Ke Palestina

Potret anak-anak pengungsi Palestina sedang berdiri di depan sebuah bangunan yang hancur di kamp Ein el Tal di Suriah/UNRWA

Bagaimana dengan hukum berzakat ke Palestina? Syekh Muraweh Mosa Naser selaku Sekjen Persatuan Ulama Internasional  mengungkapkan pandangannya bahwa penduduk Palestina merupakan penduduk yang mayoritas termasuk ke dalam golongan yang wajib menerima zakat.

Setidaknya 4 dari 8 golongan yang disebutkan dalam Al Quran merupakan mayoritas kondisi penduduk Palestina hingga hari ini. Di tengah kondisi penjajahan yang dialami penduduk Palestina. Mayoritas penduduk di sana tidak dapat mencari pekerjaan akibat ekonomi tidak berjalan dengan baik, imbas dari blokade dan penjajahan yang dilakukan Israel. Keadaan ini juga membuat penduduk asli Palestina akhirnya harus terusir dan hidup di tempat-tempat pengungsian.

Jika pun ada pekerjaan yang dapat dilakukan, maka kondisinya sangat terbatas, dan pendapatan yang diperoleh jauh dari kata cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Para pejuang Palestina juga jelas secara terang-terangan tengah berjuang untuk kemerdekaan negara dan pembebasan Masjid Al Aqsa.

“Mereka adalah orang-orang fakir, miskin, ibnu sabil, dan mereka adalah para pejuang di jalan Allah. Jihad mereka sangat jelas, tidak ada syubhat dalam hal ini berhadapan dengan orang Yahudi. Sedekah dan zakat kalian lebih prioritas diberikan kepada rakyat Palestina. Bila tidak dapat menziarahi Masjid Al Aqsa, maka kirimkan minyak untuk meneranginya” Ujar Syekh Muraweh

Memberikan minyak sebagai penerangan untuk Masjid Al Aqsa dapat dianalogikan dengan mengirimkan bantuan untuk membebaskan tanah yang berkah itu dari cengkraman penjajahan, salah satu bantuan yang dapat kita berikan adalah dengan menunaikan zakat ke Palestina.

Simak program menarik lainnya: Renovasi Rumah Rusak di Gaza Palestina

 

Bagaimana Cara Mengirimkan Zakat Ke Palestina?

Kendati berbeda rentangan geografis, namun tidak mengurangi kemudahan berzakat ke Palestina. Sahabat-sahabat yang berada di Indonesia dapat menyalurkan zakatnya sampai ke bumi Tahun ini, Kasih Palestina hadir kembali dengan program penyaluran zakat ke Palestina. 

Sahabat dapat mengirimkan zakat ke Palestina dengan klik tautan berikut ini: Tunaikan Zakat untuk Palestina

 

atau Sahabat dapat menyalurkannya melalui:

Bank Syariah Mandiri 1001 2016  26
Bank Mandiri 131 00 39 1717 17 
a.n Kasih Palestina

Mohon konfirmasi setelah berdonasi: 0878 3864 8049 (Cs Donasi Online)
atau ke 08 123 2011 55 (Call Center)

Terima kasih Sahabat.

Mari bersihkan harta dengan berzakat, bantu dukung perjuangan penduduk Palestina raih kemerdekaannya. (itari/kasihpalestina)

Bagikan Artikel

Kampanye

Kirim Kasih Anak-anak Palestina

Kasih anda bahagiakan anak-anak Palestina

...

Donasi Sekarang

Tunaikan Zakat untuk Palestina

“Ambil lah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka” (QS. at-Taubah [9]: 103)

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.