Apakah Jenjang Pendidikan di Palestina Sama Seperti Indonesia?

227 Dilihat 11 Oktober 2020 09:50 By: Admin

Ternyata! Ada  4 jenjang sekolah di Palestina.

kasihpalestina.com - Penjajahan yang berkepanjangan telah berdampak serius terhadap pendidikan Palestina. Tak seperti di Indonesia, infrastruktur sekolah di Palestina kerap tak memadai, ditambah hadangan penjajah kepada pribumi begitu menyulitkan para anak Palestina pergi ke sekolah. Padahal pendidikan di sekolah Palestina, penting untuk tumbuh kembang anak. Bagaimana sistem jenjang pendidikan Palestina di tengah penjajahan dan wabah Corona? Simak selengkapnya di laman Kasih Palestina!

 

1. Pendidikan Pra Sekolah

Pendidikan Pra Sekolah ini mengacu pada layanan untuk anak-anak berusia 4-6 tahun. Program ini diselenggarakan hingga dua tahun. Di Indonesia, kita mengenal sekolah serupa seperti Taman Kanak-kanak, PAUD ataupun Kelompok Belajar (Kober) yang diperuntukan bagi anak-anak sebelum memasuki jenjang sekolah dasar.

 

2. Pendidikan Dasar

Pendidikan dasar di Palestina mencakup kelas 1-10 dasar.  Pendidikan dasar ini juga dibagi ke dalam dua kategori, yakni pendidikan dasar untuk usia kelas 1-4 dan tingkat dasar atas dengan kategori kelas 5-10 sekolah.

(Potret anak Palestina sedang menunggu untuk sekolah/dok.Iqna)

 

3. Pendidikan Menengah

Pendidikan Palestina yang masuk dalam kategori pendidikan Palestina ini berupa pendidikan akademik dan vokasi untuk kelas 11-12. Pendidikan kejuruan di Palestina ini memiliki empat jurusan, diantaranya: perdagangan, pertanian, industri dan pariwisata. Sedangkan untuk pendidikan akademis pada jenjang ini, meliputi jurusan sains dan humaniora.

 

4. Pendidikan Non Formal

Pendidikan non formal, atau bisa disebut juga dengan Non-Formal Education (NFE). KLH sebagai pusat yang menaungi pendidikan non-formal akan memberikan lisensi bagi sekolah-sekolah non-formal di Palestina. Pemerintah Palestina sendiri memberikan dua program bagi sekolah non-formal, yakni program pendidikan paralel yang diberikan kepada anak-anak yang terpaksa putus sekolah dan telah menyelesaikan pendidikan dasar 5-6 tahun. Kemudian, memberikan program keaksaraan yang juga dapat diikuti oleh orang-orang dewasa. Program keaksaraan dikhususkan pada mereka yang usianya telah lebih dari 15 tahun. Program ini bertujuan untuk memberikan skill  kepada mereka yang tidak mahir dalam membaca dan menulis.

 

Baca juga: Percaya deh! Ini Mudahnya Kirim Bantuan ke Palestina

 

(Tak semua anak dapat mengenyam bangku sekolah Palestina/dok.Hoping)

 

Kendati di Palestina terdapat berbagai jenjang pendidikan, para anak Palestina tak semuanya beruntung dapat mengenyam bangku sekolah. Kesibukan bekerja paruh waktu membuat sebagian anak Palestina memilih untuk tidak melanjutkan sekolah.

Berangkat dari latar belakang itu, Kasih Palestina sejak 2018 konsisten menginisiasi program Kasih Anak Palestina. Program ini akan memberikan dukungan pendidikan bagi para anak Palestina, agar meminimalisir anak yang putus sekolah. (itari/kasihpalestina)

Sumber: Planipolis

 

Sahabat, mari bantu wujudkan cita-cita anak Palestina untuk dapat meraih impian tanpa takut terenggut nyawa oleh penjajah.

Klik di sini, untuk salurkan donasi terbaik Sahabat.

atau dapat melalui bank transfer:

Mandiri 131 00 3618 18 18

a.n Yayasan Kasih Palestina

 

Konfirmasi donasi:

CS Donasi Online: 0878 3864 8049, atau

Call Center: 08 123 2011 55

Bagikan Artikel

Kampanye

Wakaf Sumur Bor di Gaza, Alirkan Pahala Jariah Anda

Kasih Qurban, Bukti Cinta Kita untuk Palestina

Idul Adha adalah waktu terbaik untuk berlomba-lomba buktikan cinta kita kepada Palestina. Sekerat daging qurban dari kita, nyalakan semangat perjuangan mereka.

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.