5 Masjid Paling Ikonik di Dunia!

193 Dilihat 06 Januari 2021 17:33 By: Admin

Masjid adalah tempat ibadah bagi umat muslim sekaligus wadah untuk bersosialisasi dan mencari ilmu. Seiring berjalannya waktu, makin banyak masjid yang didesain unik dan ikonik.

kasihpalestina.com — Umat muslim biasa melakukan salat di masjid, entah itu salat lima waktu, salat di hari raya, atau salat sunnah sehari-hari. Namun, fungsi masjid tak hanya itu, banyak yang menggunakan masjid untuk mengadakan kajian, tadarus bersama, bermusyawarah, atau menikmati bangunan megah yang unik dan ikonik sehingga bisa dimanfaatkan sebagai wisata religi.

Saat ini, ada banyak jenis masjid yang bisa kita temui, mulai dari yang sederhana, minimalis, manis, atau pun megah dan mewah. Masing-masing punya cerita dan sejarah yang bisa dijadikan ikon di suatu wilayah, dan tentunya semakin menambah minat banyak orang untuk berkunjung dan beribadah di dalamnya.

Jika di Indonesia, kita punya Masjid Istiqlal yang dijuluki sebagai masjid ikonik dan masjid terbesar. Di dunia, ada lima masjid ikonik yang paling dicari dan diminati. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya!

 

Baca juga : Kabar Pembangunan Masjid Istiqlal Awal Tahun 2021

 

Masjid al Haram, Saudi Arabia

(Ket. Masjid al Haram/Dok.Islamicmosque)

Sudah tak diragukan lagi, dan tak akan ketinggalan, urutan pertama masjid terbesar dan masjid ikonik jatuh pada Masjid al Haram, Saudi Arabia. Masjid ini mengelilingi Ka'bah di Mekah, sehingga arsitekturnya sangat unik. Selain itu, selama bertahun-tahun, telah mengalami banyak perluasan sehingga tata letaknya sangat unik dan tidak terstruktur dalam tata letak seperti masjid pada umumnya.

Masjid al Haram adalah salah satu masjid terbesar di dunia dan memiliki tempat yang sangat istimewa bagi umat Muslim karena merupakan tujuan utama haji bagi umat muslim. Masjid ini juga menjadi tempat bagi para jemaah haji melakukan tawaf, dan sai. Pola bangunan yang dimiliki Masjid al Haram ini memanfaatkan cahaya dan bayangan, sehingga hangat dan sejuk.

 

The Blue Mosque, Turki

(Ket. Masjid Biru Turki/Dok. Kasih Palestina)

Masjid Biru, di Turki, atau terkenal disebut The Blue Mosque, adalah masjid terkemuka dan telah menjadi masjid ikonik dari semua masjid yang ada di Turki. Masjid ikonik ini juga dikenal dengan nama nama Masjid Sultan Ahmed. Populer dengan kubah birunya dan menaranya yang indah, masjid ini memiliki fitur ubin yang dilukis dengan tangan dengan 50 desain tulip yang berbeda-beda, mulai dari buah-buahan sampai cemara, semuanya dibuat di bawah pengawasan seorang ahli Iznik.

Terdiri dari 5 kubah utama dan 8 kubah sekunder bersama dengan 6 menara, masjid yang terletak di Istanbul, tepatnya di Ibu Kota Kesultanan Utsmaniyah ini dikenal karena ukurannya yang luar biasa besar serta kemegahan arsitekturnya. Hal itulah yang menjadi daya tarik wisata utama hingga hari ini.

Selain itu, ada sekitar 200 jendela kaca patri yang indah dan tulisan Al-quran di dinding, tetapi fitur yang paling menarik dan menakjubkan adalah mihrabnya. Patung ini diukir dari marmer. Ini adalah masjid yang terkenal dengan daya kreativitasnya yang tinggi.

 

The Great Mosque of Cordoba, Spain

(Ket. Masjid Cordoba/Dok. Suara Muhammadiyah)

Masjid terbesar yang memiliki desain unik sejarah ikonik jatuh kepada Masjid Cordoba. Masjid yang berada di Spanyol ini terbilang memiliki cerita yang menarik karena dibangun oleh Pangeran Umayyah yang diasingkan di sebuah gereja yang akhirnya dia beli setelah berhasil menaklukan daerah tersebut.

Masjid ini terdiri dari musala segi empat yang tegak lurus mengarah kiblat, dan memiliki 11 lorong. Kubah masjid ini pun sangat unik karena menampilkan desain bergaris yang membentuk pola bintang. Halamannya dikelilingi oleh menara dan mosaik yang berwarna-warni. Detail terindah di Masjid Agung Cordoba adalah mihrabnya. Ada tulisan Al-quran di dinding juga. Menara persegi berdiri setinggi 111 kaki.

 

The Great Mosque of Kairouan, Tunisia

(Ket. Masjid Kairouan/Dok. Beritagar)

Masjid ikonik selanjutnya adalah Masjid Agung Kairouan. Warisan tertua pada peradaban Islam di Tunisia. Salah satu masjid paling awal dan bagian dari warisan UNESCO, Masjid Agung Kairouan dibangun pada 670 Masehi. Terlihat seperti benteng dari luar. Pilar-pilar desain interior masjid pun saling berhubungan dengan lengkungan bergaya tapal kuda dan terdapat pintu berukir yang rumit di ruang salat.

 

Baca juga : Kaleidoskop 2020: Kemajuan Pembangunan Istiqlal di Gaza

 

Dome of Rock, Masjid Al Aqsha

(Ket. Masjid Al-Aqsha/Dok. Alif.ID)

Dome of the Rock, atau Kubah Batu adalah sebuah bangunan persegi delapan berkubah emas yang terletak di tengah kompleks Masjid Al Aqsha. Kompleks ini sendiri berada dalam tembok Kota Lama Yerusalem Timur. Tempat ini disucikan dalam agama Islam dan Yahudi.

Didirikan pada tahun 691 Masehi, menjadikannya bangunan Islam tertua yang masih ada di dunia. Di dalam kubah ini terdapat batu Ash-Shakhrah. Sering diartikan sebagai Masjid Al-Aqsha karena berada di kompleks Al-aqsha.

Padahal Masjid Al Aqsha adalah nama dari keseluruhan kompleks tersebut, sedangkan Kubah Shakhrah adalah salah satu bangunan yang berdiri di kompleks tersebut, tepatnya berada di bagian tengah kompleks. Bersama dengan Masjid Al Qibli, Kubah Shakhrah merupakan bangunan utama dalam Masjid Al Aqsha dan kerap menjadi lambang yang mewakili keseluruhan kompleks tersebut. (jihansuweleh/kasihpalestina)

Itulah masjid ikonik dan terbesar di dunia. Kasih Palestina juga sedang membangun masjid ikonik di Gaza yang menjadi simbol persaudaraan Indonesia dan Palestina.

Sahabat bisa berkontribusi dalam ladang jariyah tersebut dengan berdonasi melalui link Kitabisa:

kasihpalestina.com/campaign/hangatkanpalestina?lng=id

 

Atau juga bisa melakukan donasi melalui:

Bank Mandiri 131 00 3618 18 18
a.n Yayasan Kasih Palestina

Konfirmasi donasi:

CS Donasi Online: 0878 3864 8049; atau
Call Center: 08 123 2011 55

Bagikan Artikel

Kampanye

Sedekah Listrik, Terangi Masjid di Palestina

Sedekah listrik, terangi kehidupan Gaza

...

Donasi Sekarang

Setiap Sedekah, Bantu Habibah: Bocah Periang dari Gaza

Kasih anda bahagiakan Habibah dan anak-anak Palestina

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.