5 Masjid Indonesia yang Dibangun di Palestina

343 Dilihat 25 November 2020 14:04 By: Admin

Indonesia memang terdepan perihal memberikan dukungan terhadap saudara-saudara Palestina. Terbukti dengan adanya 5 masjid yang dibangun Indonesia di Gaza - Palestina, termasuk Masjid Istiqlal Indonesia di Khan Yunis.

kasihpalestina.com – Indonesia menjadi salah satu negara utama yang dicintai Palestina, karena totalitas dukungan yang diberikan selama ini. Satu contohnya ialah masjid-masjid Indonesia yang sengaja dibangun di sana, demi mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina. Lantas, masjid apa saja yang sudah dibangun di negeri anbia khususnya Gaza? Simak ulasan lengkap Kasih Palestina – lembaga donasi Palestina – berikut ini, ya!

 

Keterangan foto: Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza oleh Kasih Palestina. (Dok. Kasih Palestina)

 

Masjid Istiqlal Indonesia

Masjid Indonesia-Palestina ini dibangun di wilayah selatan Jalur Gaza, Khan Yunis, atas kontribusi besar Sahabat Kasih Palestina. Mulai dibangun sejak awal tahun 2019, masjid memiliki kapasitas 5.000 jemaah dengan luas bangunan 940 meter persegi dan luas tanah 1.851 meter persegi.

Nantinya, Masjid Istiqlal Indonesia tidak hanya difungsikan sebagai tempat salat, tapi juga menjadi basis perjuangan kemerdekaan Palestina. Para hafiz(ah) cilik pun akan menuntut ilmu agama di masjid 2 bangsa tersebut. Untuk informasi lengkap tentang pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia, klik di sini

 

Keterangan foto: Masjid Syekh Ajlin oleh Aman Palestin. (Sumber. Republika)

 

Masjid Syekh Ajlin

Program pembangunan Masjid Syekh Ajlin sebenarnya merupakan program pembangunan ulang, karena masjid ini sebelumnya rusak parah setelah serangan Israel pada 2014 lalu.

Sementara itu, lokasi masjid dengan nama lain Abu Jehad ini berkisar 5 kilometer dari pusat Kota Gaza, dan 50 meter dari pesisir pantai Mediterania. Baca info selengkapnya tentang Masjid Syekh Ajlin di sini.

 

Masjid Minangkabau

Masjid ini berlokasi di wilayah Jalur Gaza, Palestina, dengan luas 15 x 30 meter. Selain untuk keperluan salat, masjid yang dibangun oleh sebuah komunitas Muslim di Indonesia ini, juga diperuntukkan sebagai tempat syiar Islam. Cari tahu informasi selengkapnya tentang pembangunan Masjid Minangkabau di Gaza, klik di sini

 

Keterangan foto: Masjid Umari di Gaza. (Sumber. Abdillah Onim)

 

Masjid Umari

Kali ini, masjid berlokasi di Jabaliya – Gaza Utara dengan nama Masjid Umari. Sebenarnya, masjid Palestina ini dibangun ulang oleh Indonesia setelah rusak akibat serangan Israel, (juga) pada tahun 2014 silam. Masjid sendiri sudah diresmikan sejak tahun 2019 lalu, tepatnya pada tanggal 9 Mei.

Selain itu, masjid dua lantai ini dapat menampung lebih dari 1.000 jemaah salat. Ketika peresmian, Muslim di Gaza Utara turut menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Muslimin Indonesia. Untuk informasi selengkapnya bisa klik di sini

 

Keterangan foto: Masjid Daarut Tauhiid Indonesia di Gaza. (Dok. Daarut Tauhiid)

 

Masjid Daarut Tauhiid Indonesia

Masjid buatan anak Indonesia ini terletak di wilayah Gaza Tengah, tepatnya di daerah Deir Balah. Masjid ini dibangun sebagai bukti kepedulian bangsa Indonesia terhadap saudara-saudara di Gaza.

Dibangun di atas lahan milik Departemen Agama dan Perwakafan Palestina, ditambah dengan tanah warga seluas 250 meter persegi, masjid dapat menampung sebanyak 300 jemaah. Sementara itu, konstruksi masjid dibangun dari beton dengan pondasi dasar berkekuatan 5 lantai. Dapatkan informasi lengkap tentang masjid di sini, ya. 

Itulah 5 masjid buatan anak Indonesia untuk saudara-saudara di Gaza. Tak hanya masjid, rakyat tanah air juga turut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur lain. Betapa luar biasa perhatian Indonesia. Karena itu, mari bersamai mereka dengan mendukung Masjid Istiqlal Indonesia di Palestina, juga masjid-masjid Indonesia lainnya. (kimikim/kasihpalestina)

Bagikan Artikel

Kampanye

Sedekah Listrik, Terangi Masjid di Palestina

Sedekah listrik, terangi kehidupan Gaza

...

Donasi Sekarang

Setiap Sedekah, Bantu Habibah: Bocah Periang dari Gaza

Kasih anda bahagiakan Habibah dan anak-anak Palestina

...

Donasi Sekarang

Terimakasih sudah berkunjung, untuk konfirmasi & pertanyaan bisa langsung ke admin kami dibawah ini.