Di bulan Rabiul Awal ribuan tahun lalu, terjadi peristiwa besar yakni hijrahnya Nabi ke Madinah, di mana di sana pula beliau membangun masjid pertama.

Kasihpalestina.com – Bulan Rabiul Awal tidak hanya dikenal sebagai bulan lahir dan wafatnya Rasulullah saw, melainkan juga sebagai bulan hijrah – di mana saat itu pula dibangun masjid pertama oleh Nabi Muhammad. Masjid apa yang dibangun kala itu dan bagaimana sejarahnya? Simak ulasan Kasih Palestina – lembaga donasi masjid Palestina – berikut ini, ya!

Saat itu, di suatu hari di bulan Rabiul Awal tahun 1 Hijriah, Rasulullah diperintahkan oleh Allah swt untuk segera melakukan hijrah dan menghindrai kekejaman kaum kafir Quraisy. Rasulullah yang ditemani sahabatnya Abu Bakar r.a. lantas hijrah ke Madinah. Mereka memilih jalan yang berbeda dari jalan umum – guna menghindari pertemuan secara langsung dengan orang-orang kafir Quraisy.

donasi palestina - hijrah nabi muhammad (1) - www.kasihpalestina.com - Kasih Palestina
Sumber Foto. Dream (ilustrasi)

Sebelum tiba di Madinah, Nabi saw dan Abu Bakar sempat singgah di beberapa tempat – salah satunya Quba. Selama beberapa hari, mereka tinggal di daerah tersebut sembari menunggu kedatangan Ali bin Abi Thalib r.a dari Mekah, bersama dengan rombongan.

Quba sendiri merupakan satu daerah yang terletak di wilayah Madinahnya. Jaraknya sekitar dua mil (atau kurang lebih lima kilometer) dari pusat kota Madinah.

Menurut Hanafi Al-Malawi dalam bukunya “Tempat Bersejarah yang Dikunjungi Rasulullah saw” dijelaskan, Rasulullah tinggal di Desa Quba selama empat hari dan kemudian membangun sebuah masjid (kini dikenal dengan nama Masjid Quba).

Baca Juga: 10 Kemuliaan Masjid Al-Aqsha menurut Hadis Sahih

Masjid Quba merupakan masjid yang dibangun dengan pengorbanan dan perjuangan penuh. Allah menyebutnya dengan dasar takwa, sebagaimana yang diterangkan dalam ayat berikut ini:

”Sesungguhnya Masjid yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut kamu salat di dalamnya. Di dalam masjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan Allah menyukai orang-orang yang bersih.” (QS At-Taubah [9]: 108).

Hal ini dikarenakan perjuangan Rasulullah dalam menegakkan agama Allah, yang harus melewati banyak rintangan dan halangan – teringat bagaimana beratnya ujian yang datang dari kaum kafir Quraisy.

donasi palestina - masjid istiqlal indonesia di gaza (2) - www.kasihpalestina - Kasih Palestina
Keterangan Foto: Rancangan Masjid Istiqlal Indonesia di Khan Yunis – Gaza, Palestina. (Dok. Kasih Palestina)

Maka, ketika kesempatan hijrah diberikan, langkah awal  yang mesti dilakukan adalah mendirikan masjid sebagai pusat perjuangan dan dakwah Islam, seperti yang diungkapkan oleh Syekh Muhammad Zahar dalam upacara prosesi peletakan batu pertama “Pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia” (salah satu program dari lembaga donasi Kasih Palestina) di Khan Yunis – Jalur Gaza, Januari 2019 lalu. (kimikim/kasihpalestina)

Sumber. Republika

Sahabat bisa berkontribusi untuk pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia dengan mengklik: ⁣
http://kitabisa.com/istiqlalpalestina⁣

Atau dengan transfer ke nomor rekening donasi Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza – Palestina:⁣
BSM (451) 500 600 888 9⁣
BNIS (427) 5464 5464 44⁣
a.n Kasih Palestina⁣

Konfirmasi donasi:⁣
Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)⁣

Semoga keberkahan bumi Palestina dan Masjid Al-Aqsha selalu menyertai dalam setiap aktivitas kita. Aamiin.⁣