donasi masjid palestina - salah satu masjid di Gaza yang rusak karena serangan israel (1) - www.kasihpalestina.com - Kasih PalestinaArtikel

Ujian Keikhlasan Kala Menolong Saudara di Tanah Perjuangan

Permasalahan yang terjadi di Palestina hari bukanlah konflik dua pihak terkait tanah, tapi adalah permasalahan bersama, di mana berdasarkan akidah, Muslim punya tanggung jawab terhadap permasalahan tersebut.

Kasihpalestina.com – Tatkala saudara-saudara di Palestina tengah mengalami kesulitan, kita sebagai saudara semestinya turut memperhatikan dan memberikan bantuan. Tapi kadang kala, menjadi orang yang lebih peduli merupakan ujian keikhlasan bagi kita. Lalu, bagaimana cara kita meneguhkan diri agar ikhlas sepenuhnya dalam membantu isu kepalestinaan? Simak ulasan Kasih Palestina – lembaga donasi resmi Palestina – berikut ini, ya!

Prahara yang terjadi hari ini dan tengah dirasakan oleh saudara-saudara di Palestina adalah sebuah bentuk musibah. Hal itu sebagaimana yang disebutkan dari Abu Umamah, ia berkata, Rasulullah bersabda, “Akan senantiasa ada sekelompok umatku yang berada di atas kebenaran, mengalahkan musuh-musuhnya, dan orang-orang yang memusuhi mereka tidak akan mampu menimpakan bahaya terhadap mereka kecuali sedikit musibah semata. Demikianlah keadaannya sampai akhirnya datang urusan Allah.” “Wahai Rasulullah, di manakah kelompok tersebut?” tanya para sahabat. “Mereka berada di Baitul Maqdis dan serambi Baitul Maqdis.”

donasi masjid palestina - aksi kepulangan akbar - gaza, salah satu perjuangan rakyat Palestina (2) - www.kasihpalestina.com - Kasih Palestina
Keterangan foto: Aksi Kepulangan Akbar, aksi protes warga Gaza di perbatasan, Agustus 2018. (Sumber . Middle East Monitor)

Sementara itu, berkasih sayang antara orang-orang beriman diibaratkan satu tubuh, di kala salah satu anggota tubuh merintih (terkena musibah), maka semua anggota tubuh lain akan ikut merasakannya.

“Permisalan orang-orang yang beriman dalam hal saling mencintai, menyayangi, dan mengasihi, seperti satu tubuh. Apabila salah satu anggota tubuh merintih atau mengeluh, semua anggota tubuh yang lain akan ikut merasakannya dengan tidak bisa tidur dan demam.” (Muttafaqun alaih dari an-Nu’man bin Basyir)

Kalau kita mengaku bersaudara dengan Palestina, maka wujud nyata dari berkasih sayang sesama saudara haruslah ada. Mengucapkannya mungkin mudah, namun mewujudkannya dalam bentuk tindakan tidaklah mudah. Ditambah lagi dengan harus adanya keikhlasan, di mana tindakan tersebut dilandasi karena ingin memperoleh rida Allah semata.

 

donasi masjid palestina - aksi bela Palestina di Monas, Jakarta (3) - www.kasihpalestina.com - Kasih Palestina
Keterangan foto: Rakyat Indonesia protes keputusan Presiden AS Donald Trump, yang mengakui Al-Quds sebagai ibu kota Israel, Desember 2017. (Sumber. Press TV)

Salah satu tips agar kita bisa ikhlas membantu dan mendukung saudara-saudara di Palestina, yakni senantiasa mengingat bahwa sebagai Muslim, memperjuangkan kebebasan Masjid Al-Aqsha dan Palestina adalah dikarenakan akidah.

Sejak dahulu, Palestina berkaitan erat dengan sejarah Islam, seperti para nabi yang dilahirkan, berdakwah, dan meninggal dunia di sana. Selain itu, Masjid Al-Aqsha juga merupakan titik tolak keberangkatan Nabi Muhammad saw ke langit, untuk Mikraj. Maka, perihal Al-Aqsha dan Palestina menjadi perangkat lengkap hidupnya apabila ia seorang Muslim.

Untuk mewujudkan kasih nyata tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendukung pembangunan masjid dua bangsa (Indonesia) di Khan Yunis – Jalur Gaza, yakni Masjid Istiqlal Indonesia. Mengapa harus begitu? Bagi Muslim di Jalur Gaza khususnya, masjid bukanlah sekadar tempat ibadah salat wajib dan sunah, tapi juga tempat menimba ilmu agama sekaligus tempat untuk berjuang membebaskan diri dari cengkeraman penjajah.

donasi masjid palestina - aksi bela Palestina di Monas, Jakarta (4) - www.kasihpalestina.com - Kasih Palestina
Keterangan foto: pembangunan masjid masih berlangsung

Selengkapnya: Masjid untuk Palestina: Dari Rencana hingga Terlaksana

Hanya Allah swt sajalah yang bisa melindungi dan membebaskan mereka dari kesulitan ini, maka untuk menjadi hamba yang paling dekat dengan-Nya adalah dengan mendalami serta mempraktikkan ilmu agama.

Maka dari itu, lembaga donasi Kasih Palestina mengajak sahabat semua agar tidak melewatkan kesempatan langka tersebut. Masjid saat ini masih dalam proses pembangunan, yang sudah selesai separuhnya. Dengan kontribusi kalian, hal tersebut akan mempercepat penyelesaiannya. Semakin cepat selesai, semakin cepat warga Khan Yunis bisa menggunakannya. Maka, keberkahan akan semakin cepat dirasakan. Bagaimana, berminat?

Berdonasi dengan Kitabisa, Yuk!

donasi masjid palestina - aksi bela Palestina di Monas, Jakarta (5) - www.kasihpalestina.com - Kasih Palestina
Keterangan: Infografis link kitabisa Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza

Di zaman yang canggih ini, cara berdonasi tidak lagi terbatas dan kaku. Salah satu cara donasi yang mudah dan kekinian adalah melalui platform Kitabisa. Kasih Palestina yang juga membuka platform donasi di sana, mengajak Sahabat untuk berdonasi.

Mengapa harus berdonasi di Kitabisa Kasih Palestina? Pertama, donasi yang diberikan transparan, di mana transaksi akan tercatat dan ditampilkan untuk umum. Kedua, cara mengirimkan donasi mudah dan banyak pilihan, seperti bisa dilakukan dari sejumlah bank.

Akan tetapi, buat Sahabat yang ingin berdonasi dengan cara lain, tentu bisa juga dengan mengirimkan donasi secara tunai atau melalui layanan jemput donasi dari Kasih Palestina. Kalau begitu, ayo segera kirimkan donasimu! (kimikim/kasihpalestina)

 

Sumber. Hidayatullah.com, Asy Syariah Online

 

Klik >>> http://kitabisa.com/istiqlalpalestina

 

Rek. Donasi Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza – Palestina :

Bank Syariah Mandiri (451): 500 600 888 9

a.n Kasih Palestina

 

Konfirmasi donasi:

Call/SMS/WA: 08 123 2011 55

(WA: http://bit.ly/kasihpalestina)