donasi palestina - musim dingin di al-aqsha (1) - www.kasihpalestina.com - Kasih PalestinaArtikel

Palestina, Satu dari Empat Negeri Timteng dengan Musim Dingin

Palestina dengan sejuta keunikannya ternyata merupakan satu dari empat negara Timur Tengah yang memiliki musim dingin. Meski begitu, melewati musim dingin dalam cengkereman penjajahan tidaklah mudah.

Kasihpalestina.com – Kalau mendengar frasa ‘musim dingin’, yang terbayang adalah musim yang terjadi di wilayah-wilayah barat. Akan tetapi, selain wilayah-wilayah Asia seperti Korea Selatan, Jepang, dan Mongolia, empat negara Timur Tengah ini juga memiliki musim dingin termasuk Palestina. Wah, bagaimana bisa negeri anbia juga termasuk, ya? Simak ulasan Kasih Palestina – lembaga donasi peduli Palestina – yang satu ini, yuk!

Palestina menjadi satu dari empat negara Timur Tengah (Lebanon, Suriah, dan Iran) yang memiliki musim dingin. Bagaimana bisa? Palestina yang memiliki iklim Mediterania, ditandai oleh musim panas yang panjang dan kering, juga musim dingin yang pendek dan dingin.

donasi palestina - musim dingin di ramallah (2) - www.kasihpalestina.com
Keterangan foto: Musim dingin di Ramallah, Tepi Barat. (Sumber. Aljazeera)

 

Meski begitu, salju cenderung jarang turun di negeri anbia, dan biasanya hanya curahan kristal es yang turun di kota Ramallah (Tepi Barat yang diduduki) pada musim dingin tahun 2013, 2014, 2015, dan 2016.

Selama bulan Januari dan Februari curah hujan berbentuk salju biasanya turun, khususnya di area dengan ketinggian tertentu seperti di sekitar Al-Quds dan dekat Dataran Tinggi Golan. Di beberapa masa musim dingin, salju bisa turun begitu deras, namun tidak pernah berlangsung lama. Fenomena salju juga sebenarnya cukup membahayakan, karena sering datang bersamaan dengan badai atau turun begitu tebal hingga mempersulit keadaan.

Apa Dampak Musim Dingin di Palestina?

Musim dingin yang membawa ancaman memang sering kali terjadi di Palestina. Salah satu contohnya adalah musim dingin yang terjadi di awal tahun 2016. Selama beberapa hari, badai musim dingin dilaporkan menimpa sejumlah kota besar di Palestina.

Badai kemudian memicu turunnya hujan salju di kota Al-Quds, Al-Khalil, dan sebagian besar Ramallah. Salju yang tampak turun pertama kali di Tepi Barat tersebut, juga menumpuk di sejumlah daerah dataran tinggi.

Baca Juga: Suka dan Duka Musim Dingin bagi Rakyat Palestina

Di sejumlah sekolah di sekitar Tepi Barat, aktivitas belajar-mengajar bahkan harus dihentikan. Hal ini terjadi lantaran ruang-ruang kelas yang tidak dilengkapi oleh pemanas.

Selain itu, cuaca dingin di negeri anbia juga diikuti dengan turunnya hujan ringan yang turun secara terus menerus dan tidak ketinggalan juga hujan salju.

donasi palestina - musim dingin di Jalur Gaza (3) - www.kasihpalestina.com
Keterangan foto: Banjir saat musim dingin di Jalur Gaza. (Sumber. Irusa)

Sementara itu di wilayah Jalur Gaza, sejumlah insiden banjir terjadi dan kemudian diperparah dengan adanya angin kencang yang terus bertiup sepanjang hari.

Musim dingin di wilayah pemblokadean sendiri, sangat berat untuk dijalani karena blokade Israel yang terus berlangsung. Krisis kemanusiaan terjadi di berbagai sektor, yang semakin mempersulit keberlangsungan hidup warga Gaza di kala musim dingin.

Program Istimewa untuk Bantu Musim Dingin Palestina

Demi membantu meringankan musim dingin saudara-saudara di Palestina, tahun ini lembaga donasi Kasih Palestina mengeluarkan program bertajuk “Winter Is Coming”. Apa yang kemudian menjadikan program ini istimewa dan sayang kalau dilewatkan oleh Sahabat Kasih Palestina?

donasi palestina - program musim dingin kasih palestina (4) - www.kasihpalestina.com - Kasih Palestina
Keterangan foto: Program Musim Dingin Kasih Palestina “Winter Is Coming”. (Dok. Kasih Palestina)

Program bantuan musim dingin “Winter Is Coming” tidak hanya menyasar saudara-saudara di dalam negeri Palestina, melainkan juga akan ditujukan kepada saudara-saudara pengungsi di Turki. Yang lebih menarik, sejumlah donatur yang bergabung dalam program ini dapat berkesempatan menyampaikan bantuan secara langsung. Mereka bisa turut bergabung dengan Kasih Palestina, terbang ke Turki untuk menyampaikan bantuan.

Bagaimana? Sangat menarik, bukan? Kalau begitu, tunggu apa lagi? Musim dingin tidak menunggu kesiapanmu untuk melindungi saudara-saudara Palestina dari ekstremnya cuaca. Ayo, ayo! (kimikim/kasihpalestina)

 

Sumber. Republika, Liputan 6

Ramadan Bersatu untuk Palestina - Kasih PalestinaBerita

Ramadan Menyatukan Kita