donasi resmi palestina - rumah darurat tunawisma gaza di musim dingin (1) - www.kasihpalestina.com - Kasih PalestinaBerita

Mirisnya Nasib Tunawisma Palestina Saat Musim Dingin Tiba

Kehidupan tunawisma di Palestina tidaklah mudah, dan semakin memburuk setelah memasuki musim dingin.

Kasihpalestina.com – Dari tahun ke tahun, kondisi para tunawisma di Palestina tidak jauh berbeda terutama saat musim dingin tiba; begitu buruk dan sulit kehidupan yang harus mereka jalani. Sebenarnya, bagaimana perjuangan mereka saat musim dingin? Simak ulasan Kasih Palestina – lembaga donasi Palestina resmi – berikut ini, ya!

Di tahun 2014, sejumlah tunawisma Palestina harus tinggal sementara waktu di sekolah yang dikelola oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Mereka berada di antara 100 ribu orang yang menurut lembaga, menjadi tunawisma setelah serangan 50 hari Israel ke Gaza.

donasi resmi palestina - ruangan kelas hancur setelah serangan israel ke gaza tahun 2014 (2) - www.kasihpalestina.com - Kasih Palestina
Keterangan foto: Ruangan kelas di sekolah perempuan Jabalya – Gaza rusak, setelah serangan Israel pada Juli 2014. (Sumber. Human Rights Watch)

Hampir 100 ribu rumah rusak dalam serangan bulan Juli dan Agustus, dan puluhan ribu orang harus tinggal di kelas atau tenda , ungkap PBB. Selain itu, satu-satunya pembangkit listrik yang telah rusak akibat serangan Israel, tidak berfungsi hampir setiap hari.

Salah seorang warga bernama Majdi Al-Gayad mengungkapkan, keluarganya keluar dari rumah pada tanggal 17 Juli dari area Zeitoun setelah serangan Israel menghancurkan rumah mereka. Dengan musim dingin yang semakin mendekati, Majdi begitu khawatir karena ruangan yang keluarganya tinggali tidak memiliki mesin penghangat, “Kami akan menutup semua jendela serta pintu, dan berkumpul di tengah (ruangan).”

Sementara itu, beberapa tunawisma asal Gaza telah memutuskan untuk meninggalkan sekolah PBB (yang diubah menjadi penampungan) tersebut.

Mau Donasi untuk Palestina? Klik di Sini!

Di luar kota Deir Al-Balah, sejumlah tenda berdiri di atas tebing yang menghadap ke wilayah pendudukan Israel – di samping puing-puing rumah warga Palestina. Saleb Abu Hamam (34), seorang petani zaitun, mengatakan bahwa ia mengajak keluarganya pindah ke tebing setelah putranya mengalami infeksi kulit di penampungan tersebut.

“Kami tidak memiliki lantai dan jendela,” ungkapnya. “Biasanya kami berterima kasih kepada Sang Pencipta karena telah menurunkan hujan, namun tahun ini adalah kebalikannya.”

Musim dingin di Jalur Gaza sendiri agak berbeda dengan sejumlah wilayah lain di Palestina. Meski sesekali turun salju, hujan lebih sering menyambangi Gaza saat musim dingin tiba. Badai pun sering menyerang wilayah. Hal lebih buruk adalah bencana yang kemudian menjadi momok warga Gaza di kala musim dingin, dalam beberapa tahun terakhir.

donasi resmi palestina - banjir di gaza (3) - www.kasihpalestina.com - Kasih Palestina
Keterangan foto: Bencana banjir yang terjadi di Jalur Gaza. (Sumber. Middle East Eye)

Banjir yang membawa ancaman berbagai penyakit, kemudian menghantui warga Gaza yang terpaksa menjadi tunawisma dan tengah hidup dalam kondisi sangat berat.

Segelintir kisah yang disampaikan tersebut, belum menggambarkan secara utuh mengenai tantangan-tantangan yang dihadapi tunawisma Palestina (termasuk Gaza), saat musim dingin tiba. Di sinilah peran saudara dibutuhkan, ketika tangan kita terulur demi kondisi mereka yang lebih baik. (kimikim/kasihpalestina)

 

Sumber. The Wall Street Journal

 

Mari kirimkan donasi musim dingin untuk saudara-saudara kita di Palestina melalui program Kasih Palestina bertajuk “Winter Is Coming”. Bersama lembaga penyalur Turki, Jisr Ta’awun, donasi Anda akan kami kirimkan ke wilayah Gaza, Tepi Barat, dan barak pengungsian di Turki.

Kirim donasi musim dingin ke nomor rekening:

Bank Syariah Mandiri (451): 1001 2016 2 6

a.n Kasih Palestina

 

Konfirmasi donasi:

Call/SMS/WA: 08123 2011 55

(WA: http://bit.ly/kasihpalestina)