Al-Aqsha

Kenali Destinasi Wisata Baru Orang Indonesia di Gaza

Tempat kunjungan yang sering diramaikan publik jika pergi ke Palestina adalah Al-Aqsha atau Tepi Barat. Meski begitu, terlepas dari pemblokadean, Gaza juga memiliki sejumlah tempat yang bagus untuk dikunjungi rakyat Indonesia.

Kasihpalestina.com –  Selama ini, orang-orang Indonesia hanya memiliki kesempatan untuk mengunjungi Masjid Al-Aqsha (di Al-Quds) atau Tepi Barat, dikarenakan akses yang lebih mudah – apabila ingin berkunjung ke negeri anbia. Meski begitu, jarang ada yang bisa menembus Jalur Gaza akibat adanya pemblokadean Israel. Akan tetapi, jika memiliki kesempatan, tempat mana yang akan Sahabat pilih dari sejumlah tempat yang akan Kasih Palestina – lembaga donasi masjid Palestina – rekomendasikan berikut ini?

Jalur Gaza, selain dikenal karena intensitas serangan Israel ke wilayah, pemblokadean, dan krisis kehidupan yang menggeroti, sebenarnya memiliki beberapa keindahan yang membuat wilayah tersebut dikenal secara internasional.

Baca Juga: Journey of Empathy #9: Salurkan Bantuan Bumi Pertiwi untuk Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza, Palestina

Jalur Gaza dikenal akan keindahan pantainya. Lepas pantai yang digunakan sebagai pelabuhan bagi para nelayan, juga sering dijadikan sebagai destinasi wisata warga lokal terutama di saat musim panas tiba. Berikut beberapa kegiatan yang biasa dilakukan warga di pantai:

donasi masjid palestina - voli pantai di Gaza (1) - www.kasihpalestina.com - Kasih Palestina
Keterangan foto: Warga Palestina bermain voli pantai di Jalur Gaza. (Sumber. Mondoweiss)

Selain pantai, cukup banyaknya ladang pertanian di Gaza bisa juga dijadikan sebagai tempat tujuan wisata. Gaza terkenal dengan hasil pertanian yang melimpah, seperti buah stroberi, anggur, kurma, jeruk, dan tanaman jenis lainnya.

donasi masjid palestina - kebun stroberi di jalur gaza (5) - www.kasihpalestina.com - Kasih Palestina
Keterangan foto: Kebun stroberi di Beit Lahiya, Jalur Gaza. (Sumber. Portal Islam)

 

Sementara itu, di Gaza juga terdapat masjid bersejarah bernama Masjid Omari. Zaman dulu, masjid sempat menjadi kuil dan gereja, hingga kemudian diubah menjadi masjid pada masa Khalifah Umar bin Khattab.

donasi masjid palestina - masjid omari di gaza (2) - www.kasihpalestina.com - Kasih Palestina
Keterangan foto: Masjid Omari di Jalur Gaza. (Sumber. Arab News)

Lalu, bagi orang Indonesia secara khusus, ada tempat istimewa yang wajib dikunjungi jika pergi ke Gaza. Adalah Masjid Istiqlal Indonesia yang terletak di wilayah Khan Yunis. Masjid yang tengah berada dalam masa penyelesaian pembangunannya tersebut, merupakan masjid yang dibangun ulang atas prakarsa dua bangsa yakni Indonesia dan Palestina.

donasi masjid palestina - masjid istiqlal indonesia (3) - www.kasihpalestina.com - Kasih Palestina
Keterangan foto: Masjid Istiqlal Indonesia di Khan Yunis, Jalur Gaza. (Dok. Kasih Palestina)

Banyak destinasi yang bisa dipilih, bukan? Terutama Masjid Istiqlal Indonesia yang sangat berkaitan erat dengan warga tanah air, tentu akan menjadi daftar utama destinasi wisata. Akan tetapi, jangan khawatir apabila Sahabat belum bisa mengunjunginya, karena saat ini kita bisa berkontribusi dalam penyelesaian pembangunan masjid dua bangsa melalui Kasih Palestina (lembaga donasi resmi Palestina) – agar masjid segera selesai dan memberikan manfaat penuh. (kimikim/kasihpalestina)

 

*Diambil dari Beberapa Sumber