Yang Terjadi di Gaza Saat Musim Dingin Tiba - Kasih PalestinaAl-Aqsha

Yang Terjadi di Gaza Saat Musim Dingin Tiba

Penyakit menahun yang terjadi di Gaza saat musim dingin tiba, salah satunya adalah banjir parah, terutama menjadi lebih memburuk saat wilayah sedang tidak kondusif.

Kasihpalestina.com – Tidak terasa, musim yang terus bergulir sudah akan kembali ke musim dingin. Kalau ingat musim ini, apa yang Sahabat pikirkan? Kita coba pikirkan kondisi saudara-saudara negeri anbia yuk, jangan sampai menjadi Palestina yang terlupakan, terutama di musim yang begitu menyulitkan itu.

Memang sebenarnya, apa yang terjadi di Palestina saat musim dingin tiba? Banyak persoalan dan kesulitan yang terjadi, namun salah satu penyakit menahun yang terjadi, terutama di wilayah pemblokadean Gaza, adalah bencana banjir.

Di Palestina sendiri, musim dingin biasanya dimulai pada beberapa bulan di akhir tahun, yakni sekitar Oktober atau November. Untuk tahun 2018, musim dingin dimulai pada akhir bulan Oktober. Musim pun berakhir di sekitar bulan Maret atau April.

Seperti yang terjadi di akhir tahun 2014, di mana Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan keadaan darurat di Jalur Gaza, setelah hujan turun selama dua hari berturut-turut dan menyebabkan banjir parah.

Yang Terjadi di Gaza Saat Musim Dingin Tiba - Kasih Palestina

Keterangan foto: Bangunan-bangunan di Sheijaya, Gaza, rusak parah, setelah serangan Israek beberapa bulan sebelumnya. (Sumber. BBC News)

Situasi saudara-saudara Palestina saat itu semakin sulit, terutama setelah serangan Israel beberapa bulan sebelumnya yang menewaskan lebih dari 2.100 orang. Gaza tengah berada di titik paling rendah, di mana diperlukannya bantuan untuk pembangunan ulang di wilayah.

Kabar Palestina – Gaza: Musim Dingin Mereka, Samakah dengan Musim Dingin di Gaza?

Meski setelah bencana banjir tidak dilaporkan terkait adanya korban, namun ratusan orang harus dievakuasi dan 63 sekolah di Kota Gaza harus ditutup hari itu.

Hujan besar hari itu menyerang wilayah di waktu yang tidak tepat, di mana ribuan keluarga Gaza masih harus tinggal di tempat penampungan umum atau di reruntuhan rumah mereka.

Yang Terjadi di Gaza Saat Musim Dingin Tiba - Kasih Palestina

Keterangan foto: Banyak warga yang memilih tinggal di reruntuhan rumah mereka, dibandingkan harus berdiam di tempat penampungan. (Sumber. BBC News)

Sementara para penduduk di wilayah Shejaiya, di mana serangan udara telah merusak banyak bangunan, sudah menghadapi musim yang dingin tanpa listrik dan air.

Itulah sepenggal kisah di wilayah pemblokadean saat musim dingin tiba, di mana banjir parah menjadi salah satu momok bagi warga Palestina di sana. Semoga menjadi pengingat lagi untuk kita semua bahwa mereka memerlukan bantuan kita untuk terus berjuang. Semoga kita tidak lupa. (kimikim/kasihpalestina)

 

Sumber. BBC News, Wafa News Agency

3 Comments

Comments are closed.