Sejumlah Manfaat Berkurban ke Palestina - Palestine UpdateArtikel

Sejumlah Manfaat Berkurban ke Palestina

Kasihpalestina.com – Melakukan kebaikan begitu menguntungkan, karena bukan hanya mengenai satu kebaikan yang mengantarkan kebaikan lainnya, tapi manfaat juga dirasakan oleh yang melakukan serta yang menerima manfaat dari tindak kebaikan tersebut.

Sama halnya dengan berkurban ke Palestina. Penerima manfaat kebaikan bukan hanya saudara-saudara di Palestina, tapi juga kita sebagai pemberi kurban. Apa saja manfaat yang kita rasakan?

  1. Menambah Rasa Syukur dan Cinta kepada Allah swt

Dengan berkurban, manusia sepertinya menjadi lebih bersyukur atas pemberian Allah swt selama ini. Selain itu, berkurban sendiri merupakan salah satu bentuk kecintaan kepada Allah swt. Salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari menyebutkan, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam bersabda (artinya):

“Tidaklah seseorang mendapatkan lezatnya iman hingga ia mencintai seseorang yang tidaklah ia mencintainya kecuali karena Allah, dirinya dilempar di api lebih ia sukai dibanding harus kembali kafir setelah Allah selamatkan dirinya dari kekafiran dan Allah serta Rasul-Nya lebih ia cintai dibanding selain keduanya”. (HR. Al-Bukhari)

  1. Memupuk Rasa Peduli terhadap Sesama

Makna berkurban tidak hanya mengenai menyembelih hewan untuk dimakan, tapi juga tentang berbagi kepada saudara-saudara Palestina yang belum mampu, sehingga mereka bisa merasakan nikmatnya memakan daging yang biasanya cukup sulit didapatkan, atau bahkan tidak pernah.

Seperti yang tercantum dalam Surat Al-Hajj, ayat 36, dengan arti:

“Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagian dari syiar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan unta-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur.”

Baca Juga: Bagaimana Hukum Potong Rambut dan Kuku ketika Hendak Berkurban?

  1. Bekal di Hari Akhir

Ibadah berkurban akan mengantarkan balasan pahala yang besar, atas pengorbanan Muslimin dalam berbagi kepada orang-orang di sekitar. Dengan begitu, pahala yang didapatkan akan menjadi bekal untuk pertanggungjawaban di akhir kelak. Akan tetapi, mereka yang akan mendapatkan pahala tersebut adalah yang melakukannya secara ikhlas karena Allah swt, bukan karena yang lain.

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (Q.S. Al Hajj:37)

  1. Memperoleh Ampunan dari Allah

Dengan berkurban, Muslimin akan memperoleh ampunan dari Allah swt, sebagaimana yang tersebut dalam sebuah riwayat, “Hai Fatimah, berdirilah di sisi kurbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu.” (HR. Al-Bazzar dan Ibnu Hibban)

  1. Mensucikan Harta dan Jiwa

Harta yang dimiliki oleh Muslimin tidak semuanya diperuntukkan untuk pribadi. Di sana terdapat beberapa bagian yang merupakan hak saudara-saudara kita. Dengan berzakat maupun berkurban, maka Muslimin telah membersihkan harta mereka dari yang bukan haknya, juga sekaligus akan mensucikan jiwa mereka dari penyakit hati, seperti pelit dan dengki.

Sementara itu, dengan memberikan kurban kepada saudara-saudara di Palestina, tentu akan memberikan banyak manfaat kepada mereka. Misalnya, kehidupan mereka akan jadi lebih mudah, setelah penjajahan dan pemblokadean mencekik keberlangsungan hidup mereka. Mereka dapat turut merasakan kebahagiaan di hari raya Idul Adha. Selain itu, ikatan persaudaraan di antara saudara-saudara Muslim tanah air dengan saudara-saudara di Palestina akan lebih hangat dan erat.

Itulah sejumlah manfaat yang dari berkurban, yang tidak hanya “menguntungkan” para penerima (saudara-saudara Palestina), tapi juga “menguntungkan” mereka yang secara tulus ikhlas mau berbagi. Kalau begitu, sudahkah kamu mempersiapkan kurban di hari raya nanti? (kimikim/kasihpalestina)

Sumber. Dalam Islam

Rek. Kurban Kasih Palestina:

BNI Syariah (Kode Bank: 427) 5464 5464 00 a.n. Kasih Palestina

Konfirmasi donasi:

Call/SMS/WA: 08123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)