bagaiman hukum berkurbanBerita

Bagaimana Hukum Mengirimkan Kurban ke Palestina?

http://Kasihpalestina.com – Ada yang bertanya, apa boleh berkurban ke Palestina? Banyaknya saudara di Palestina yang membutuhkan bantuan—juga atas dasar cinta kepada saudara-saudara di sana, menuntun Muslimin Indonesia untuk berbagi termasuk di hari kemenangan Idul Adha. Hal tersebut memang lumrah ditanyakan, pasalnya tindakan setiap Muslim haruslah didasari oleh ilmu.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, para ulama ternyata telah berpendapat mengenai hukum berkurban ke luar negara. Berikut beberapa penjelasan dari beberapa ulama yang memiliki perbedaan pendapat;

Dalam Al Fiqhul Islami wa Adillatuhu, (4/282), Dr. Wahbah Az-Zuhaili berkata, “Adapun penyembelihannya di negara lain, Al-Hanafiyyah berkata: Makruh hukumnya mengirim hewan sembelihan ke luar negara, kecuali jika mengirimkan kepada kerabatnya, atau kepada sekelompok komunitas orang yang sangat membutuhkan dibanding orang yang tinggal di negara itu, walau harus dikirim ke negara lain, hal ini tetap diperbolehkan dan mendapatkan pahala meskipun makruh hukumnya.

Al-Malikiyyah berpendapat: tidak boleh mengirimkannya ke daerah yang melebihi batas diperbolehkannya meng-qashar salat, kecuali penduduk daerah tersebut sangat membutuhkan daripada penduduk daerah atau negara yang berkurban, maka wajib mengirimkan hewan kurban ke daerah atau negara yang membutuhkan tersebut lebih banyak, dan menyisakan sedikit bagi penduduk negara atau daerah yang berkurban.

Al-Hanabilah dan As-Syafi’iyyah berpendapat sama dengan pendapat Al-Malikiyyah: Diperbolehkan mengirimkannya ke negara atau daerah yang jaraknya kurang dari jarak diperbolehkannya meng-qashar salat, dari negara yang terdapat harta atau hewan kurban, dan diharamkan mengirimkan binatang sembelihan sebagaimana zakat, ke negara yang jaraknya sepadan dengan jarak diperbolehkannya meng-qashar salat atau melampaui batas tersebut..”

Baca Juga: http://kasihpalestina.com/2018/08/bagaimana-hukum-potong-rambut-dan-kuku-ketika-hendak-berkurban/

Sementara itu, para ulama modern sependapat tentang diperbolehkannya menyalurkan hewan kurban ke negara, di mana kaum Musliminnya begitu membutuhkan bantuan.

Selain itu, Dr. Nashir Al-Umar hafidhahullah menegaskan ketika menjelaskan sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam:

“Barangsiapa yang berkurban di antara kalian, maka jangan sekali-kali ia menyisakan daging kurban di rumahnya melebihi tiga hari.” Tatkala datang tahun depan, para sahabat berkata, ‘Wahai Rasulullah, apakah kami juga harus melakukan sebagaimana apa yang telah kami lakukan pada tahun lalu?’ Beliau menjawab, ‘Makanlah oleh kalian, berikan makan keluarga kalian dan simpanlah (dari daging kurban kalian). Orang-orang sangat kesulitan dan membutuhkan bantuan pada tahun lalu (sehingga beliau melarang menyimpan daging lebih dari tiga hari) dan aku menginginkan kalian ikut andil dalam membantu mereka.”

Ketika Rasulullah melihat kesulitan yang dialami umat manusia, beliau mengharamkan menyimpan daging kurban melebihi tiga hari, maka tatkala inti permasalahan umat itu hilang, hilang pula pengharaman dan pelarangan itu.

Diperbolehkan Berkurban ke Palestina

Tidak didapati adanya penghalang dan hambatan atas bolehnya mengalihkan hewan kurban dari satu negara ke negara lain, jika memang kebutuhan kaum Muslimin menuntut untuk itu. Di Palestina sendiri, kondisi kehidupan hari ini begitu buruk dengan adanya penjajahan, ditambah dengan adanya pemblokadean di wilayah Jalur Gaza. Sektor ekonomi berada di ujung tanduk; kemiskinan dan pengangguran terjadi di mana-mana.

Hewan kurban tersebut tidak harus disembelih di negara orang yang berkurban. Meskipun sunah memakan hewan kurban terlewatkan, kemaslahatan yang diperoleh adalah dari mengentaskan dan menolong fakir miskin kaum Muslimin dari keterpurukan mereka, serta pemenuhan kebutuhan mereka terwujud.

Jadi, bagi Sahabat yang ingin “berbagi” hewan kurban ke Palestina tidak perlu risau lagi. Insyaallah, mengirimkan hewan kurban atau berkurban di negeri anbia tidak dilarang. Kalau begitu, ayo bersiap dan bersegera untuk berkurban ke Palestina, karena kebaikan itu harus disegerakan, bukan? (kimikim/kasihpalestina)

Rek. Kurban Kasih Palestina:

BNI Syariah (Kode Bank: 427) 5464 5464 00 a.n. Kasih Palestina

Konfirmasi donasi:

Call/SMS/WA: 08123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)