Masjid Istiqlal Palestina - Kasih PalestinaMasjid Istiqlal Indonesia di Gaza

Masjid untuk Palestina: dari Rencana hingga Terlaksana

Kasihpalestina.com – Lima bulan lalu, amanah istimewa diberikan oleh saudara-saudara di Palestina; membangun ulang sebuah masjid yang berada di wilayah pemblokadean, Khan Yunis. Disambut dengan senang hati, akhirnya masjid kini dalam proses pembangunan. Bagaimana perjalanan amanah ini sejak awal?

1. Rencana Pembangunan

Masjid yang sebelumnya bernama Amiin Al-Ummah Abu Ubaidah ‘Amr bin Jahar ini, diamanahkan kepada bangsa Indonesia untuk dibangun dan diperbesar. Sebelum dibangun menjadi Masjid Istiqlal Indonesia, masjid memang sudah aktif dan sangat ramai oleh jemaah.

Salah satu alasan Kasih Palestina mau menerima amanah, mewakili bangsa ini, adalah dikarenakan aktifnya masjid, di mana warga tidak hanya menggunakannya untuk salat wajib dan sunah, tapi juga digunakan untuk mempelajari ilmu agama.

Penerimaan amanah itu juga dilatarbelakangi harapan Kasih Palestina, di mana masjid bangsa ini dapat diingat sebagai bentuk dukungan masyarakat terhadap kemerdekaan Palestina.

Seperti namanya yang sama dengan Masjid Istiqlal di Jakarta – yang merupakan hadiah kemerdekaan Indonesia, dan kata ‘istiqlal’ sendiri memiliki arti ‘kemerdekaan’. Sama artinya dengan rakyat Indonesia yang mendoakan kemerdekaan Palestina.

2. Penyaluran Dana Tahap Awal

Pada 9 Januari 2019 lalu, Kasih Palestina telah memberikan dana pembangunan tahap awal untuk pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia. Penyaluran tersebut diwakili oleh Ustaz Ahmad Musyafa, kepada Syekh Amjad Khalifa dari lembaga kemanusiaan di Turki – Jisru At-Ta’awun Al-Insaniyah, yang merupakan lembaga pelaksana pembangunan masjid.

Baca Juga: Primus Yustisio Dukung Pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza – Palestina

3. Peletakan Batu Pertama

Membangun masjid di wilayah pemblokadean tidak semudah membangunnya di negara lain, seperti Indonesia. Akhirnya, setelah melalui sejumlah proses, peletakan batu pertama untuk pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia dilakukan pada pertengahan bulan Januari. Sejumlah tokoh negeri anbia yang hadir pun, turut mengucapkan rasa terima kasih kepada bangsa Indonesia.

4. Kabar dari Pembangunan Masjid

Harapannya kemudian, semoga masjid umat ini akan selesai dalam kurun waktu satu tahun, ungkap Syekh Amjad Khalifah selaku Direktur Jisru At-Ta’awun Al-Insaniyah (lembaga pelaksana pembangunan masjid). Saat ini, fondasi dan tiang-tiang bangunan telah kokoh dibangun.

Itulah sekilas terkait proyek pembangunan mahakarya dari Masjid Istiqlal Indonesia di Khan Yunis, Jalur Gaza. Ke depannya, Kasih Palestina akan terus mengabarkan bagaimana perkembangan pembangunan masjid. Bagi sahabat yang ingin berkontribusi dalam pembangunan, kesempatan masih terbuka lebar. Ayo, dukung pembangunan dan bangun rumahmu di surga! (kimikim/kasihpalestina)

Rek. Donasi Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza – Palestina:

Bank Syariah Mandiri (451): 500 600 888 9 a.n Kasih Palestina

Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)