Gaza

Warga Gaza Tunjukkan Semangat Berkarya Dalam Sebuah Pameran

Kasihpalestina.com – Jalur Gaza, wilayah yang sudah terpenjara selama belasan tahun ini tetap hidup dengan nafas perjuangannya. Warga Palestina yang tinggal di sana pun, tetap bersemangat melanjutkan hidup dan berkarya.

Belum lama ini, semangat mereka tergambar dengan diselenggarakannya sebuah pameran, di mana barang-barang asli buatan Gaza – termasuk karya para wanita – dipamerkan di sana.

Beberapa produk yang ditampilkan dan dijual dalam pameran terbaru Gaza adalah sup buatan rumahan, mug yang dihias, dan perhiasan.

Pameran tersebut diluncurkan di bawah nama “Made with Our Hands”. Di sana, para wanita terlihat menunjukkan karya seni mereka dengan memakaikan tato henna kepada pengunjung, sementara yang lainnya menjual tapestri sulaman buatan tangan mereka sendiri.

Anting-anting dan kalung yang dibuat secara lokal pun dipajang, tidak ketinggalan dengan pakaian tradisional dan kayu zaitun, di mana di atasnya diluki kaligrafi Alquran.

Baca Juga: Warga Gaza Adakan Pameran Barang-barang yang Dilarang Masuk oleh Israel

Acara tersebut merupakan salah satu upaya yang tidak hanya mendukung produk lokal, tetapi juga menguntungkan warga Palestina di Gaza, di mana mereka tengah mengalami krisis ekonomi akibat pemblokadean selama 12 tahun.

Sementara itu di tingkat internasional, tepatnya di Northern Cape – Afrika Selatan, diselenggarakan “Israel Apartheid Week” (Pekanan Apartheid Israel), yang menggandeng sejumlah organisasi kemanusiaan termasuk Boycott, Divestment and sanctions (BDS) movement (gerakan boikot Israel).

Dalam acara tersebut, terdapat sesi pemberian materi, seminar, penampilan seni dan penayangan film dokumenter, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran orang-orang terkait isu kepalestinaan, serta pelanggaran-pelanggaran Israel terhadap hak warga Palestina.

Semangat positif tidak hanya ditunjukkan oleh warga Palestina sendiri, tapi juga dari masyarakat internasional yang serius mendukung kebebasan saudara-saudara di Palestina. Mereka sudah mulai bergerak untuk memperjuangkan kebenaran, lalu sudahkah kita memulainya? (kimikim/kasihpalestina)

Sumber. Middle East Monitor

Rekening Donasi: BSM 1001 2016 2 6 (a.n Kasih Palestina)

Call Center (konfirmasi pengiriman & informasi lanjutan): 08123 2011 55

Ramadan Bersatu untuk Palestina - Kasih PalestinaBerita

Ramadan Menyatukan Kita