Menu Khas Palestina - Kasih PalestinaUncategorized @id

Penasaran dengan Menu Khas Buka Puasa di Palestina?

Kasihpalestina.com – Seperti Indonesia yang memiliki beragam menu berbuka puasa yang khas, begitu juga Palestina. Nah, berikut ini akan Kasih Palestina beri tahu beberapa makanan dan minuman, yang biasanya jadi menu buka puasa orang-orang Palestina. Langsung saja, yuk!

1. War’a Dawali

Masakan khas yang menjadikan daun anggur sebagai bahan utama, di mana daun tersebut digunakan sebagai pembungkus dari nasi dan daging yang merupakan isian. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat War’a Dawali, di antaranya adalah: daun anggur, minyak zaitun, daging sapi atau kambing yang dicincang, beras, garam, lada hitam, kayu manis, dan air.

Menu Khas Palestina - Kasih Palestina
Keterangan foto: Makanan War’a Dawali. (Sumber. Google)

2. Falafel

Falafel adalah makanan khas Arab. Kata ‘falafel’ dapat diturunkan dari kata Arab ‘falāfil’, jamak dari kata ‘filfil’, yang berarti ‘lada’.Camilan ini merupakan olahan kacang Arab yang dipadatkan dan dibentuk menjadi bola-bola kecil, lalu digoreng. Dalam perkembangannya, Falafel dapat ditemukan dalam berbagai variasi penyajian. Salah satunya adalah Bakso Falafel. Ini tidak sama seperti bakso di Indonesia yang disajikan bersama kuah kaldu, namun disajikan dengan saus yoghurt, irisan jeruk lemon, madu, dan kental manis.

Menu Khas Palestina - Kasih Palestina
Keterangan foto: Bakso Falafel. (Sumber. Google)

3. Kunafa

Hidangan pencuci mulut populer di Arab selama Ramadhan, Kunafa, juga populer di Palestina. Nama Kunafa berasal dari kata kerja bahasa Arab, ka-na-fa, yang artinya ‘rahmat’. Kanafa adalah kue keju yang direndam dengan sirup dan terbuat dari bihun atau semolina.

Menu Khas Palestina - Kasih Palestina
Keterangan foto: Kunafa. (Sumber. Google)

4. Roti Shrak

Shrak adalah roti tradisional badui yang terkenal di Yordania dan kawasan sekitarnya. Roti dibuat dengan setipis mungkin sebelum “dilemparkan” ke wajan besi panas yang disebut Saj. Dikenal juga dengan nama Markook.

Menu Khas Palestina - Kasih Palestina
Keterangan foto: Roti Shrak. (Sumber. Google)

5. Jus Tamarin

Jus tamarin adalah minuman olahan dari buah tamarin (asam jawa). Kalau belum tahu, buah tamarin adalah polong panjang dengan kulit cokelat yang keras. Buah ini berasal dari Afrika, namun diolah di banyak wilayah tropis termasuk Asia, Oceania, Karibia, dan Arab.

Menu Khas Palestina - Kasih Palestina

Tapi Itu Dulu, Sebelum Penjajahan

Seperti yang kita tahu bahwa negara Palestina dijajah Israel selama puluhan tahun, bahkan masih berlangsung hingga hari ini. Akibatnya, sejumlah sektor kehidupan di sana “roboh”, yang kemudian menyebabkan warga hidup dalam kesulitan dan kesengsaraan.

Mungkin, makanan-makanan khas Ramadhan yang begitu dirindukan itu, sudah sulit untuk mereka rasakan, sebab penjajah yang datang membuat krisis pangan mengancam Palestina.

Ketika mereka memilih makan saat berbuka puasa (iftar), mereka harus merelakan sahur mereka. Setelah penjajahan, makanan khas Ramadhan bagi Palestina hanyalah tinggal kenangan. (kimikim/kasihpalestina)

*Diambil dari beberapa sumber

Rekening Donasi: BSM 1001 2016 2 6 (a.n Kasih Palestina)

Call Center (konfirmasi & informasi lanjutan): 08 123 2011 55

Ramadan Bersatu untuk Palestina - Kasih PalestinaBerita

Ramadan Menyatukan Kita