Maqlubah Palestina - Palestine UpdateArtikel

Kenali Cara Memasak Maqlubah, Santapan Khas dari Palestina

Keterangan foto: Nasi maqlubah, makanan khas Palestina. (Sumber. Taste of Palestine)

Kasihpalestina.com – Negeri Palestina memiliki banyak makanan khas, tapi yang paling dikenal hari ini adalah maqlubah, masakan dengan nasi sebagai pendamping utama. Makanan ini memiliki sejarah tersendiri yang berkaitan dengan salah satu pembebas Al-Aqsha, yakni Salahuddin Al-Ayyubi.

Kali ini, Kasih Palestina akan memperkenalkan sedikit mengenai apa itu maqlubah dan bagaimana cara pembuatannya. Maqlubah (secara harfiah berarti ‘terbalik’) adalah hidangan nasi, bumbu, dan sayuran di satu panci. Kalau diibaratkan dalam menu masakan Indonesia, bisa dikatakan semacam nasi liwet.

Maqlubah bisa disajikan hanya dengan sayuran, namun sering kali dimasak dengan daging (sapi atau kambing) atau dengan ayam, yang juga sering kali disajikan bersama yogurt atau kari.

Bahan-bahan Membuat Maqlubah

Resep ini untuk maqlubah dengan topping; ayam, nasi, dan kembang kol. Waktu yang diperlukan untuk memasaknya adalah sekitar 2 jam, dengan porsi untuk 6 sampai 8 orang.

Bahan-bahan:

– 1,5 sendok teh kunyit,

– 1 sendok teh jahe,

– 1 sendok teh kayu manis.

– 1 sendok bumbu allspice,

– 1 sendok teh jinten,

– 1 sendok teh ketumbar,

– ½ sendok teh kapulaga,

– ½ sendok teh cengkeh,

– ½ sendok teh lada hitam,

– 1 buah bawang bombai ukuran sedang,

– Minyak nabati (jagung atau bunga matahari),

– 1 kilogram ayam (1 ekor ayam utuh potong menjadi 6 hingga delapan potongan besar dengan tulang – ceker, paha dan atau dada)

– 2.5 sendok teh garam,

– 3 sampai 4 lembar daun salam,

– 1 buah kembang kol,

– 2 buah wortel yang besar,

– 1 buah kentang yang besar,

– 450 gram besar (lebih baik dengan beras bulir sedang, tapi bisa juga dengan beras bulir panjang),

– Tambahan: segenggam kacang pinus dan beberapa peterseli yang dicincang,

Cara Membuat Maqlubah

  • Pertama-tama, campur semua bumbu halus (batasi garam) ke dalam sebuah mangkuk dan sisihkan.
  • Langkah selanjutnya adalah menyiapkan kaldu ayam. Cincang kasar bawang bombai, panaskan dua sendok makan minyak nabati dalam sebuah panci atau piring casserole, dan goreng bawang dengan panas api sedang selama kurang lebih 5 menit.

Jika menggunakan ayam yang utuh, potong menjadi beberapa bagian. Kulit ayam dapat dipisahkan dari daging sebelum digoreng. Masukkan ayam ke dalam panci dan goreng secara merata di setiap sisi sekitar 5 menit.

Baca Juga: Lihat Menu Ramadan di Negeri Palestina

Saat ayam sudah berwarna matang, masukkan 1,3 liter air dalam panci, pastikan ayam tertutup seluruhnya. Masukkan 3 sampai 4 daun salam, 1 sendok the dan 1 sendok makan campuran rempah, rebus lalu tutup dengan penutupnya dan biarkan hingga mendidih dengan panas api sedang selama 45 menit.

Saat dimasak, busa dapat muncul di permukaan air. Lebih baik untuk mengangkatnya dengan sendok, jadi tetaplah memeriksanya hingga mendidih.

  • Sementara ayam sedang dimasak, siapkan sayur-sayurannya. Kupas wortel dan kentang, potong menjadi sekitar 1 sentimeter. Potong kembang kol menjadi potongan-potongan besar dan cuci.

Di wajan penggorengan, panaskan minyak dalam jumlah cukup banyak – sekitar 0,5 cm sampai 1 cm kedalamannya. Goreng semua sayuran dalam batch kecil sampai berwarna kecokelatan di setiap sisi. Gunakan kertas tisu untuk menyerap minyak.

  • Bilas beras secara keseluruhan di bawah air mengalir untuk menghilangkan pati. Beberapa jenis beras mungkin perlu direndam dalam air terlebih dahulu.
  • Saat ayamnya sudah matang, ambil potongan-potongannya dari kuah dan sisihkan. Tuangkan kuah ke dalam mangkuk terpisah menggunakan saringan – hanya diambil cairannya saja, yang nanti akan digunakan untuk memasak Maqlubah.
  • Saatnya untuk memasak maqluba. Di panci yang sama yang digunakan untuk membuat kuah, masukkan ayam, lalu sayuran, dan di akhir masukkan beras di atas sayuran, buat hingga tiga lapis.

Taburkan bumbu halus yang telah dicampur di atas beras (satu sendok makan kecil), ditambah 1,5 satu sendok teh garam. Lalu, tuangkan kuah ke dalam panci hingga mencapai tingkat yang sama dengan beras atau 0,5 cm di atasnya (diperlukan sekitar 700-800 ml kuah).

Letakkan piring kecil di atas beras – ini akan membuat semuanya berada pada tempatnya saat dimasak. Jangan campurkan bahan-bahan. Didihkan, lalu tutup dan biarkan hingga mendidih dengan panas api yang sedang selama 20 menit, atau sampai tidak ada air yang tersisa. Perhatikan, jangan sampai hangus – saat sudah tidak ada air yang tersisa, matikan api dan tunggu hingga 10/15 menit dengan tutup masih belum dibuka.

  • Terakhir, balikkan piring, buka, dan lepaskan piring kecil. Letakkan baki atau piring besar di atas loyang, pegang erat-erat dan balikkan sehingga maqlubah dipindahkan ke baki atau pirang.
  • Banyak orang yang menaburkan segenggam kacang pinus (yang bisa dipanggang sebentar di sebuah wajan penggorengan yang kecil), dan peterseli, di atas maqlubah. (kimikim/kasihpalestina)

Sumber. Taste of Palestine

Rekening Donasi: BSM 1001 2016 2 6 (a.n Kasih Palestina)

Call Center (konfirmasi & informasi lanjutan): 08123 2011 55

Ramadan Bersatu untuk Palestina - Kasih PalestinaBerita

Ramadan Menyatukan Kita