Seniman Palestina - Kasih PalestinaBerita

Seorang Seniman Bawa Kembali “Palestina Sebelum 1948” dalam Karya Lukisan

Kasihpalestina.com – Inspirasi kali ini datang dari seorang seniman Palestina, di mana karya-karya lukisannya menampilkan potret negara Palestina sebelum tahun 1948. Lukisan-lukisan yang dipamerkan di Galeri Zawyeh, Ramallah, tersebut, merupakan milik seniman bernama Nabil Anani.

Anani, salah satu seniman terkemuka Palestina ini, juga seorang ahli keramik, pematung, dan pelukis – telah menerima sejumlah penghargaan seni. Ketika dirinya sudah pensiun pun, Anani tetap aktif di dunia seni Palestina.

Anani lahir di Latrun – sebuah kampung di barat Yerusalem (Al-Quds) – dan berusia lima tahun ketika Nakba, pengusiran orang-orang Palestina tahun 1948. Dirinya lulus pada tahun 1969 dari Universitas Alexandria di Mesir, dan karyanya telah dipamerkan di seluruh Eropa, Amerika Utara, dan Asia Timur.

Seniman Palestina - Kasih Palestina
Keterangan foto: Andolina Hawwa – Miss Palestina, Akka (1941), oleh Nabil Anani. (Sumber. Electronic Intifada)

Di salah satu pameran, Kehidupan Sebelum 1948, lukisan-lukisan Anani berkaitan dengan peristiwa Nakba, menunjukkan potret-potret lama – potret keluarga atau gambar artistik – dan menciptakannya kembali sebagai gambar yang sederhana, sedikit duniawi dari dunia yang hilang.

Sebagai cendekiawan seni terkemuka yang berbasis di Yerusalem, Tina Sherwell menulis di laman Anani, “Potret fotografi merupakan bentuk penting dari identitas budaya bagi komunitas Palestina, merekam pembentukan gaya hidup, kehidupan keluarga, lembaga pendidikan, ekonomi, dan politik… Album keluarga memegang peran unik dalam sejarah bersama dan kenangan warga Palestina, karena ketiadaan arsip nasional, banyak dari album pribadi dan foto yang menyulam narasi nasional, serta menjadi sebuah gambaran berharga dalam mengenang bagaimana kehidupan dulu.”

Baca Juga: Perjuangan Seorang Wanita Palestina Melalui Seni Jalanan

Melalui perantara lukisan-lukisan itu, pameran tersebut melibatkan masyarakat Palestina pada masa sebelum negeri dihancurkan oleh pendirian Israel. (kimikim/kasihpalestina)

Sumber. Electronic Intifada

Rekening Donasi: BSM 1001 2016 2 6 (a.n Kasih Palestina)
Call Center (konfirmasi & informasi lanjutan): 08123 2011 55

Ramadan Bersatu untuk Palestina - Kasih PalestinaBerita

Ramadan Menyatukan Kita