Indonesia dan Al-Aqsha - Kasih PalestinaAl-Aqsha

Al-Aqsha, Kuhadiahkan Lukisan-lukisanku untukmu

Kasihpalestina.com – Cara mengutarakan cinta tentu bisa dengan banyak cara. Seperti bapak satu ini, yang mengungkapkan cintanya pada Palestina dan Al-Aqsha melalui karya-karya lukisannya.

Bambang Utoyo, seorang pelukis berdarah Jawa dan Sunda ini sudah hobi melukis sejak kecil. Kecintaan pada Al-Aqsha, tak hanya membuat Bambang menjadikan masjid sebagai objek lukisan, tetapi juga mendonasikan sebagian hasil penjualan lukisan-lukisannya untuk Palestina.

Selain aktif di isu kepalestinaan, tidak lupa ia juga membantu saudara-saudaranya di negeri lain seperti: Suriah dan Yaman.

Bambang memiliki motivasi lain dalam melukis Al-Aqsha, “Dosen saya Prof. Ahmad Sadali (almarhum), pelukis abstrak nasional, memotivasi saya (untuk) tidak menggambar makhluk yang dilarang dalam syariat Islam. Jadilah saya mencari bentuk-bentuk abstrak atau arsitektural yang ideal.”

“Akhirnya, sampailah saya pada ujung pencarian: melukis rumah Allah (masjid)… Khususnya Al-Aqsha. Mana lagi yang lebih baik dari melukis Al-Aqsha?”

Baca Juga: Antara Al-Aqsha, Yahudi, dan Sejarah yang Mereka Yakini

Pelukis lulusan Seni Rupa ITB tahun 1973 jurusan Seni Lukis tersebut, saat ini berencana menjual lukisannya, di mana objeknya adalah Masjid Al-Aqsha, dengan harga dari 4,5 juta hingga 16 juta rupiah. Setelah berhasil dijual, 21,2% dari hasil penjualan akan disedekahkan untuk Palestina.

Penjualan untuk donasi ini bukan yang pertama kali. Sudah puluhan lukisan yang hasil penjualannya diinfakkan untuk anak-anak yatim Suriah dan Palestina. Ke depannya, ia berniat untuk berkontribusi dalam pembangunan masjid di Gaza.

Selain itu, ia membuat lukisan tentang Tsunami Aceh yang rencananya akan dilelang, di mana separuh dari hasil penjualan akan didonasikan untuk Palestina. Saat ini, penawaran baru mencapai setengah miliar rupiah. Lukisan tersebut dilukis 7 jam sebelum terjadi tsunami di Aceh, pada tanggal 26 Desember 2004, pukul 07.00 WIB, dan dimuat di harian Media Indonesia.

Di akhir, ia mengungkapkan, “Al-Aqsha ada di hatiku, terbayang dalam lukisan-lukisanku, kuhadiahkan lukisan-lukisanku untukmu.”

Untuk mengenal Bambang lebih dalam, atau ingin mencari tahu dan berminat membeli lukisan mengenai Al-Aqsha, bisa menghubunginya melalui Instagram: utoyoart, galerialaqsha; Facebook: Bambang Utoyo Suharto; dan utoyo.wordpress.com.

(kimikim/kasihpalestina)

Rekening Donasi: BSM 1001 2016 2 6 (a.n Kasih Palestina)

Call Center (konfirmasi & informasi): 08123 2011 55

Ramadan Bersatu untuk Palestina - Kasih PalestinaBerita

Ramadan Menyatukan Kita