Bayi Palestina - Kasih PalestinaBerita

Sulit Dapatkan Perawatan Kanker, Bayi Palestina Meninggal Dunia

Kasihpalestina.com – Seorang bayi berusia 3 tahun yang lahir sebagai pengungsi Suriah-Palestina di Lebanon, meninggal dunia karena sulitnya mendapatkan akses perawatan untuk leukemia.

Kelompok Kerja untuk Suriah Palestina mengatakan, keluarga Maria Tamer Abu Azara – yang berasal dari Palestina – telah dipindahkan dari rumah mereka di Suriah ke Lebanon, dan hanya mendapati kondisi putri mereka setelah tiba sebagai pengungsi.

Para dokter di Rumah Sakit Ghassan Hammoud di Lebanon memberi tahu orang tua Maria, putri mereka perlu dirawat di Unit Perawatan Intensif demi menyelamatkan hidup sang bayi, namun keluarga tidak mampu membayar pengobatannya. Akan tetapi, bayi itu sudah tidak sanggup dan menyerah beberapa hari lalu.

Para pengungsi Palestina dan Suriah di Lebanon menghadapi rintangan yang besar, dalam memperoleh akses kesehatan yang cukup. Ini disebabkan kesenjangan dana yang kemudian memperlambat perawatan untuk berbagai penyakit.

Baca Juga: Kematian Perlahan bagi Pasien Kanker di Jalur Gaza

Lebanon juga telah disalahkan atas kelalain pengelolaan barak-barak pengungsian, dalam upaya untuk mendorong para pengungsi kembali ke rumah mereka yang berada di bawah yurisdiksi rezim Suriah, meskipun ada risiko pembalasan dari Damaskus.

Pada bulan November, pejabat kesehatan dengan badan amal Lebanon, Al-Irshad Wal Islah, memberi tahu wartawan dari kantor berita Suriah, Zaman Al-Wasl, bahwa mereka telah menyaksikan sejumlah kasus di mana para wanita keguguran tanpa alasan yang jelas, dengan kecurigaan akibat krisis air di barak.

Otoritas lokal bisa saja memperbaiki infrastruktur air, namun polisi Lebanon malah menahan wartawann yang melakukan penyelidikan, menahannya selama beberapa hari sebelum membebaskannya tanpa denda.

Hidup menjadi pengungsi tidaklah mudah. Ketika diusir dari tanah penjajahan atau wilayah berkonflik, mereka pun tidak semerta-merta akan mendapatkan tempat yang lebih baik setelah itu. (kimikim/kasihpalestina)

Sumber. Middle East Monitor

Rek. Donasi: Bank Syariah Mandiri (451): 1001 2016 2 6 a.n Kasih Palestina
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)