Penguasaan Al-Aqsha oleh israelAl-Aqsha

Penguasaan Wilayah di Sekitar Al-Aqsha oleh Penjajah Israel

Kasihpalestina.com – Penjajahan Israel di Palestina tidak lepas dari penargetan situs-situs suci, termasuk situs suci Islam. Mereka juga berupaya menguasai wilayah di sekitarnya, misal di sekitar kompleks Masjid Al-Aqsha, Yerusalem (Al-Quds).

Otoritas pendudukan Israel menginginkan yahudisasi wilayah di sekitar Masjid Al-Aqsha, demi menguatkan eksistensi dan nuansa Yahudi di masjid suci ketiga tersebut. Wilayah yang sudah dikuasai selanjutnya menjadi pos-pos, yang berfungsi sebagai tempat berkumpul Yahudi untuk kemudian bertolak menyerbu Masjid Al-Aqsha.

Selain itu, pos-pos tersebut juga berfungsi untuk menutup-nutupi kegiatan penggalian bawah tanah dan sekitar masjid, serta untuk memperkuat pengawasan terhadap masjid.

Langkah selanjutnya setelah menguasai sekeliling masjid adalah mendirikan bangunan Yahudi di sana, seperti museum dan berbagai bangunan yang bisa menghidupkan nuansa Yahudi di sekeliling kompleks Masjid Al-Aqsha, untuk selanjutnya menginspirasi perjuangan mereka agar lebih bersemangat meruntuhkan Masjid Al-Aqsha.

Baca Juga: Intervensi Penjajah Israel di Masjid Al-Aqsha

Pada awalnya, Yahudi lebih memilih sikap hati-hati dan antisipatif untuk secara terang-terangan mendirikan bangunan di sekeliling Masjid Al-Aqsha. Sikap itu timbul karena rasa khawatir terhadap reaksi dan kecaman keras Muslim terhadap setiap pembangunan, yang dilakukan Yahudi secara terang-terangan hingga peristiwa Intifadhah Al-Aqsha pada tahun 2000.

Sikap tersebut berubah belakangan di tahun-tahun selanjutnya. Pada tahun 2010, mereka mendirikan beberapa bangunan di sekeliling Masjid Al-Aqsha, bersamaan dengan diresmikannya gereja kehancuran.

Perubahan sikap itu memengaruhi peningkatan jumlah penistaan Yahudi, dengan mendirikan berbagai bangunan di sekeliling Masjid Al-Aqsha. Penjajah memang begitu gencar untuk menganeksasi Palestina, termasuk Al-Quds dan Al-Aqsha (tempat ibadah umat Islam). Semoga kita lebih bersemangat dan gencar dalam melindunginya, dari para penjajah tersebut. (kimikim/kasihpalestina)

Sumber. Ensiklopedia Mini Masjid Al-Aqsha