Media untuk Edukasi Kepalestinaan - Kasih PalestinaBerita

Media, Salah Satu Sarana Penting untuk Edukasi Kepalestinaan

Kasihpalestina.com – Guna membahas peran media terkait penyebaran isu kepalestinaan di Nusantara, beberapa waktu lalu Kasih Palestina bertemu dengan pihak Republika, salah satu kantor berita di Indonesia. Karena memang, media merupakan salah satu sarana penting untuk edukasi kepalestinaan.

Dalam pertemuan yang terjadi pada Rabu (13/2) lalu itu, kedua pihak berharap – selain kerja sama berkesinambungan untuk mempublikasikan isu kepalestinaan – bahwa isu kemanusiaan di Palestina dapat tersampaikan ke masyarakat secara lebih luas, hingga masyarakat pun dapat teredukasi.

Media untuk Edukasi Kepalestinaan - Kasih Palestina
Keterangan foto: Pertemuan antara pihakKasih Palestina dan Republika di Jakarta Selatan, Rabu (13/2).

Media sendiri memang memiliki peranan yang sangat penting dalam menyiarkan pemberitaan. Berapa banyak kejadian besar yang “tersembunyikan” akibat tidak adanya media yang meliput. Berapa banyak pula kejahatan yang dilakukan oleh penjajah Israel, namun tidak sampai ke tahap pemberitaan. Dampaknya, khalayak umum tidak mengetahui apa yang sedang terjadi dan tidak memiliki perhatian akan nasib bangsa Palestina.

Media diibaratkan sebagai senjata dalam berjuang di zaman milenial. Semakin canggihnya fasilitas di dunia saat ini, sebenarnya memudahkan berbagai pihak dalam menyebarkan pemberitaan.

Baca Juga: Kampanye Media Cabut Blokade Gaza: Ayo Bongkar Praktik Penjajahan Israel!

Berbagai kasus kezaliman seyogyanya dapat segera dituntaskan. Akan tetapi, sedikit sekali orang yang ingin memberitakan kezaliman tersebut. Masyarakat masih terfokus pada media utama yang banyak dikuasai oleh pihak Barat, bahkan Israel.

Beberapa kasus terkait “peran media yang berhasil membawa perubahan” datang dari Arab dengan gelombang revolusinya, juga Mesir yang mengalami revolusi di tahun 2011.

Apabila mereka telah sukses melakukan perubahan melalui media, tidak mustahil bahwa hal yang sama juga dapat dilakukan terkait isu kepalestinaan. Masyarakat dapat memanfaatkan berbagai kemudahan yang ditawarkan media sosial, untuk berjuang dalam kebenaran termasuk memperjuangkan isu kepalestinaan. (kimikim/kasihpalestina)

 Sumber. Ensiklopedia Mini Masjid Al-Aqsha

Rek. Donasi:
Bank Syariah Mandiri (451): 1001 2016 2 6 a.n Kasih Palestina.
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)