Pasien Kanker di Gaza - Kasih PalestinaBerita

Kematian Perlahan bagi Pasien Kanker di Jalur Gaza

Kasihpalestina.com – Pemblokadean oleh penjajah Israel terhadap Jalur Gaza membuat situasi menjadi sulit bagi pasien kanker, terutama untuk mendapatkan perawatan. Mereka seperti tengah mengalami kematian secara perlahan.

Lebih dari satu dekade terakhir, Israel telah menguasai dan melarang obat-obatan, di antara kebutuhan-kebutuhan dasar lain, ke Jalur Gaza. Hal tersebut sering kali menyebabkan krisis obat-obatan yang parah di sejumlah rumah sakit Gaza.

“Saya datang ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan dan saya terkejut ketika tahu tidak ada pengobatan,” ucap Sabreen Al-Najjar (40).

Al-Najjar adalah satu dari banyak pasien kanker di Gaza yang ditolak oleh rumah sakit, akibat krisis obat-obatan.

“Tidak bisa dipercaya. Mereka memvonis kami dengan hukum mati. Kematian yang perlahan,” tambahnya.

Baca Juga: Secercah Harapan untuk Anak-anak Gaza yang Terkena Kanker

Dengan ketersediaan obat yang tidak dapat diandalkan, banyak pasien mencoba mencari perawatan di luar Gaza.

Kementerian Kesehatan Gaza melaporkan bahwa 39 persen obat-obatan yang tersedia di gudang pusat obat-obatan, kurang dari cadangan untuk satu bulan pada November, dan 57 persen dari obat-obatan primer kesehatan yang diperlukan benar-benar kosong, menurut salah satu lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB); World Health Organization (WHO).

Rumah Sakit Al-Rantisi di Gaza yang memberikan pelayanan onkologi, melaporkan bahwa 75 persen (45 dari 60) dari obat-obatan kemoterapi juga telah mencapai stok nol, ungkap Bantuan Medis untuk Palestina pada bulan Agustus.

Israel menolak banyak perizinan pasien, yang perlu meninggalkan wilayah pemblokadean untuk mendapatkan perawatan di Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, atau di dalam Israel.

Menurut WHO, lebih dari 1.800 pasien ditolak pengajuan perizinannya untuk melewati pos pemeriksaan Erez selama tahun 2018, dengan maksud untuk mendapatkan perawatan, dibandingkan sekitar 700 orang yang ditolak pada tahun 2017. (kimikim/kasihpalestina)

Sumber. Electronic Intifada

Rek. Donasi: Bank Syariah Mandiri (451): 1001 2016 2 6 a.n Kasih Palestina
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)

Ramadan Bersatu untuk Palestina - Kasih PalestinaBerita

Ramadan Menyatukan Kita