Ramadan Menyatukan - Kasih PalestinaBerita

Dua Tujuan Kasih Palestina untuk “Ramadan Menyatukan Kita”

Kasihpalestina.com – Menuju bulan Ramadan yang sudah kurang dari seratus hari, Kasih Palestina terus mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci tersebut. Tema besar yang kami siapkan adalah “Ramadan Menyatukan Kita”.

Ada dua tujuan dengan dibentuknya tema tersebut. Pertama, kami ingin meringankan kesulitan ekonomi yang dialami masyarakat Palestina. Karena sebagai sesama Muslim, meringankan kesulitan saudaranya merupakan sunah Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Seperti yang tercantum dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda :

اَلْـمُسْلِمُ أَخُوْ الْـمُسْلِمِ ، لَا يَظْلِمُهُ وَلَا يُسْلِمُهُ ، وَمَنْ كَانَ فِـيْ حَاجَةِ أَخِيْهِ ، كَانَ اللهُ فِيْ حَاجَتِهِ ، وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ ، فَرَّجَ اللهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ ، وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًـا ، سَتَرَهُ اللهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ.

Seorang Muslim adalah saudara orang Muslim lainnya. Ia tidak boleh menzhaliminya dan tidak boleh membiarkannya diganggu orang lain (bahkan ia wajib menolong dan membelanya)[1] . Barangsiapa membantu kebutuhan saudaranya, maka Allâh Azza wa Jalla senantiasa akan menolongnya. Barangsiapa melapangkan kesulitan orang Muslim, maka Allâh akan melapangkan baginya dari salah satu kesempitan di hari Kiamat dan barangsiapa menutupi (aib) orang Muslim, maka Allâh menutupi (aib)nya pada hari Kiamat.[2]

[1]. Lihat Fathul Bâri (5/97, Kitâbul Mazhâlim).

[2]. Shahih: HR. Bukhâri (no. 2442 dan 6951), Muslim (no. 2580) dan Ahmad (2/91), Abu Dâwud (no. 4893), at-Tirmidzi (no. 1426), dan Ibnu Hibbân (no. 533) dari Shahabat Ibnu ‘Umar c .

Baca Juga: Bulan Suci 1440 Hijriah, Ramadan yang Menyatukan Indonesia dan Palestina

Kedua, Kasih Palestina juga ingin mengajak sahabat agar bersama-sama memberikan kebahagiaan di bulan Ramadan, kepada keluarga yang kehilangan anggota keluarganya. Karena, hal tersebut dapat mengantarkan tujuh keutamaan bagi mereka yang berupaya membahagiakan saudaranya, yakni; disukai oleh Allah SWT, diampuni dosanya, berumur panjang, diberi kemudahan hidup, mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat, mendapat pahala, serta diringankan beban pikirannya.

Itulah dua tujuan utama Kasih Palestina untuk bulan Ramadan tahun ini, yang diharapkan dapat menyatukan kita semua: Palestina dan kita. Allaahu Akbar! (kimikim/kasihpalestina)

Sumber. Almanhaj, Dalam Islam

Rekening Donasi: BSM 1001 2016 2 6 (a.n Kasih Palestina)
Call Center (konfirmasi & informasi lanjutan): 08123 2011 55