Gerbang Ar-Rahmah - Kasih PalestinaAl-Aqsha

5 Fakta tentang Gerbang Ar-Rahmah di Kompleks Masjid Al-Aqsha

Kasihpalestina.com – Belum lama ini, terjadi peningkatan ketegangan di kompleks Masjid Al-Aqsha, terkhusus di Ar-Rahmah (salah satu musala yang ada di dalam kompleks. Ini disebabkan tindakan Israel yang menutup gerbang masuk ke sana dan menimbulkan kemarahan warga. Sebenarnya, apa itu Ar-Rahmah secara lebih lengkap?

Pertama, Gerbang Ar-Rahmah adalah gerbang paling besar dan indah di Masjid Al-Aqsha (orang-orang Barat menyebutnya sebagai Gerbang Emas (Golden Gate). Kata “gerbang” mungkin dapat membuat salah paham, karena sebenarnya itu adalah bangunan kecil setelah menjadi gerbang utama menuju Al-Aqsha, yang digunakan oleh Bani Umayyah.

Gerbang ditutup dari luar dengan batu, disebabkan oleh keinginan pendudukan untuk mengontrol mereka yang memasuki Al-Aqsha melalui itu. Seluruh pintu yang mengarah langsung ke luar Yerusalem ditutup.

Kedua, setelah pendudukan menguasai tembok bagian barat Al-Aqsha, Tembok Al-Buraq pada tahun 1967, mereka “mengarahkan pandangannya” ke bagian selatan dan timur Al-Aqsha.

Di sisi selatan yang sejajar dengan Al-Aqsha, penggalian dilakukan demi mencari sisa-sisa dari kuil, tapi yang mereka temukan adalah istana Umayyah.  Terlepas dari fakta bahwa itu merupakan reruntuhan Islam, mereka menguasainya dan membuat perubahan untuk memberikan nuansa Yahudi.

Di sisi timur, mereka berencana menguasai Masjid El-Marwani, yang berlokasi di bawah tanah dan dapat menampung 5.000 jemaah. Bagaimanapun, Gerakan Islam merenovasinya pada tahun 1996 dan rencana untuk merebutnya digagalkan.

Baca Juga: Penguasaan Wilayah di Sekitar Al-Aqsha oleh Penjajah Israel

Ke tiga, Gerbang Ar-Rahmah dan halaman Al-Aqsha di bagian timur terletak di dekat Masjid El-Marwani dan merupakan target selanjutnya.

Ke empat, markas Komite Zakat Al-Quds berlokasi di dalam bangunan Gerbang Ar-Rahmah, namun polisi Israel  menutupnya pada tahun 2003 dengan dalih terorisme. Bangunan tetap ditutup dan kosong.

Ke lima, sebuah bukit kecil terbentuk di dekat Gerbang Ar-Rahmah akibat kotoran dan limbah yang dikeluarkan dari Masjid El-Marwani pada tahun 1996, yang kini dikenal sebagai Bukit Gerbang Ar-Rahmah.

Pendudukan Israel tidak mengizinkan pembersihan kotoran dan limbah dari Al-Aqsha, atau pun mengizinkan setiap pekerjaan atau pembersihan dilakukan. Sejumlah pemuda pernah mencoba membersihkan area tersebut, namun Israel melarang.

Itulah beberapa fakta mengenai Gerbang Ar-Rahmah. Semoga menambah pengetahuan dan meningkatkan kesadaraan kita semua. Fakta-fakta tersebut hanya segelintir dari banyaknya fakta mengenai Ar-Rahmah, semoga kita terus bersemangat untuk lebih mengenal Al-Aqsha dan Palestina. (kimikim/kasihpalestina)

Sumber. Middle East Monitor

Rek. Donasi: Bank Syariah Mandiri (451): 1001 2016 2 6 a.n Kasih Palestina
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)