Fungsi Masjid di Zaman Rasulullah - Kasih PalestinaArtikel

Sejumlah Fungsi Masjid di Zaman Rasulullah SAW

Kasihpalestina.com – Memang ternyata, fungsi masjid tidak hanya digunakan sebagai tempat beribadah saja seperti yang biasanya dilakukan di Indonesia. Di zaman Rasulullah Saw., terdapat beberapa fungsi masjid, sama seperti Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza sebelum proyek pembangunan ulang tersebut.

Dilansir dari Republika.co.id, fungsi yang pertama adalah sebagai tempat ibadah dan pembelajaran. Selain itu, masjid juga diperuntukkan sebagai tempat musyawarah, merawat orang sakit, dan asrama. Selanjutnya, masjid digunakan sebagai pusat budaya dan ilmu pengetahuan.

Baca Juga: Masjid Istiqlal Indonesia – Gaza, Persembahan Ibu Pertiwi

Menurut Ali Mustafa, imam Masjid Al-Istiqlal, terdapat beberapa fungsi masjid yang dirasa kurang tepat apabila diterapkan di zaman sekarang. Dia mengungkapkan, jika dilakukan saat ini, fungsi masjid sebagai asrama tidaklah tepat.

Ali menambahkan bahwa pada zaman rasul, masjid memang berfungsi sebagai asrama untuk para pelajar suffah. Artinya, sekitar 300 hingga 400 orang akan tinggal di masjid untuk belajar.

Itulah sejumlah fungsi masjid di zaman Rasulullah Saw., yang memang tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah. (kimikim/kasihpalestina)

Rek. Donasi Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza – Palestina:
Bank Syariah Mandiri (451): 500 600 888 9 a.n Kasih Palestina
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)

Ramadan Bersatu untuk Palestina - Kasih PalestinaBerita

Ramadan Menyatukan Kita