Keberkahan Negeri Syam - Kasih PalestinaArtikel

Doa Nabi Muhammad Saw untuk Keberkahan Negeri Syam

Kasihpalestina.com – Keberkahan dari negeri Syam juga pernah didoakan oleh Nabi Muhammad Saw. Dilansir dari Hadis Arbain Maqdisiyah karya Prof. Dr. Muraweh Mosa Nasser Nassar, disebutkan mengenai doa yang dipanjatkan Rasulullah untuk negeri Syam tersebut.

Berikut terjemahannya; dari Ibnu Umar r.a. berkata, Nabi Saw berdoa: “Ya Allah, berkahilah kami pada negeri Syam, Ya Allah berkahilah kami pada negeri Yaman.” Para sahabat bertanya, apakah termasuk Nejed? Rasulullah berdoa: “Ya Allah berkahilah kami pada negeri Syam, Ya Allah berkahilah kami pada negeri Yaman.” Para sahabat masih bertanya, apakah termasuk Nejed? Setelah 3 kali ditanya Rasulullah Saw menjawab, “ Di sana (Nejed) terjadi gempa dan huru-hara dan di sana muncul dua tanduk setan.” (Bukhari, Shahih Al-Bukhari (7094))

“Milik Allahlah negeri Syam. Nabi Saw menisbatkan Syam kepada dirinya sendiri (dalam hadis di atas), ini menunjukkan bahwa negeri Syam memiliki tempat yang agung di hati Nabi Saw. Maka merupakan kehormatan besar yang diberikan oleh Nabi Saw kepada negeri yang terdapat raja agama dan tiang kitabnya.” (Ibrahim Al-Ali, Al-Ardh Al-Maqdisiyyah baina Al-Madli wa Al-Hadlir wa Al-Mustaqbal, Filistin li Al-Muslimah, hal 46-47)

Baca Juga: Sejumlah Fungsi Masjid di Zaman Rasulullah Saw

Anjuran Nabi Saw untuk tinggal di negeri Syam adalah bukti keutamaannya. Al-Manawy berkata, “Tinggallah di negeri Syam” dikatakan (maksudnya) adalah mutlak karena ia sebagai padang mahsyar (pengumpulan) dan mansyar (penghamburan). Juga dikatakan maksudnya adalah; pada akhir zaman, karena pasukan Muslimin akan berkumpul di sana ketika urusan agama sudah kacau dan kerusakan mendominasi.

Penulis buku Al-Kasyaf mengatakan, “Allah telah menjadikan bumi Syam dengan dihiasi keberkahan, dan seharusnya seperti itu, karena ia adalah tempat diutusnya para nabi dan tempat diturunkannya wahyu dan kedudukan mereka hidup dan mati.” (Al-Manawy, Faidh Al-Qadir, vol. 4, hal. 342) (kimikim/kasihpalestina)

Rek. Donasi Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza – Palestina:
Bank Syariah Mandiri (451): 500 600 888 9 a.n Kasih Palestina
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)