seni palestina - kasih palestinaArtikel

Kolaborasi Rapper dan Sutradara Gaza yang Berhasil Go International

Kasihpalestina.com – “Penjara Gaza” benar-benar tidak bisa membunuh mimpi-mimpi besar warga Palestina di wilayah pemblokadean tersebut. Salah satu contohnya adalah perjuangan dua pemuda dalam menggapai mimpinya: Ibrahim Ghunaim (28), seorang rapper dari Gaza yang dikenal dengan MC Gaza, dan Omar Elemawi (27), seorang sutradara film.

Di awal tahun 2010, dua pemuda tersebut memutuskan mengombinasikan bakat mereka, dan memproduksi video-video yang berfokus pada pemuda dan realita sosial di Gaza. Dua orang teman itu meminjam sebuah kamera dan memulai pembuatan video musik, yang akhirnya dipublikasikan pada 2012, ditulis dan dinyanyikan oleh Ghunaim dan disutradarai oleh Elemawi.

“Kami mempunyai ide dan rencana, namun tidak dengan peralatan,” ucap Ghunaim. “Kami harus meminjam segalanya dari kawan-kawan. Ini memalukan, tapi kami bermimpi besar dan kami harus melakukannya, apa pun yang harus dilakukan.”

Seiring berjalannya waktu, keduanya mengembangkan bakat mereka. Pada tahun 2014, mereka memproduksi lagu mengenai pandangan politik Palestina. Di tahun 2016, mereka mengeluarkan sebuah lagu tentang dampak fisik perang dan konflik untuk anak-anak.

Masih di tahun 2016, mereka memproduski lagu mengenai pembangunan dan di awal tahun ini mereka membuat lagu tentang rekonsiliasi Palestina.

Baca Juga: Ibu Hebat dari Tanah Perjuangan Palestina

Kesuksesan yang bertumbuh membawa mereka pada tawaran-tawaran pekerjaan. Elemawi ditawari bekerja untuk Watania Media Agency dengan gaji yang layak, sementara Ghunaim menjadi penyanyi terkenal yang banyak diminati.

Masih, di bulan April, keduanya meninggalkan Gaza. Masing-masing membayar USD 1.500 (sekitar 21 juta rupiah) untuk melewati Rafah.

Elemawi pergi ke Istanbul untuk berpartisipasi dalam sebuah konferensi film, sedangkan Ghunaim bepergian ke Tunisa untuk menyiapkan kolaborasi dengan Lotfi Bouchnak, seorang penyanyi terkenal di negara-negara Arab.

Semangat mereka dalam bermimpi begitu besar, hingga dapat mendobrak ketidakmungkinan dan menunjukkan pada dunia bahwa mereka bisa. (kimikim/kasihpalestina)

 

Tonton Videonya link berikut:  https://youtu.be/bz7BVQqYxMw

 

Rek. Donasi Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza – Palestina:
Bank Syariah Mandiri (451): 500 600 888 9 a.n Kasih Palestina

Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)