Kasihpalestina.com – Mengintip sedikit ke belakang layar ketika Kasih Palestina mendapatkan sebuah amanah besar, proyek pembangunan Masjid Istiqlal Indonesia, di Khan Younis, Gaza. Direktur dari lembaga kemanusiaan Palestina tersebut, Caca Andika, akan berbagi sedikit cerita di balik amanah pembangunan masjid.

Menurut Andika, proyek pembangunan masjid yang dulu bernama Masjid Amiin Al-Ummah Abu Ubaidah ‘Amr bin Jahar ini, merupakan amanah yang luar biasa dan istimewa. Masyarakat Palestina khususnya yang berada di Gaza, membuat permintaan untuk dibangunkan sebuah masjid.

Andika menjelaskan, masjid tersebut sebelumnya memang sudah aktif, sangat ramai, dan dipenuhi oleh jamaah.

“Jadi, kalau di Palestina, masjidnya tidak hanya dipakai untuk ibadah reguler seperti salat dan kajian saja (seperti yang biasanya ada di Indonesia), melainkan juga untuk kegiatan mengajar atau mendidik anak-anak, mendidik orang tua yang masih mau belajar tentang Alquran, menghafal Alquran, dan di masjid ini juga terdapat murid-murid dan halaqah (kumpulan penghafal Alquran). Yang sudah lulus sebagai hafiz dan hafizah mencapai 445 orang,” tambahnya.

“Itulah alasan mengapa Kasih Palestina mau menerima amanah ini dan begitu bersemangat.”

Masjid tersebut pun digunakan untuk melakukan salat jenazah dari para syuhada, yang pemakamannya terletak tepat di samping masjid.

“Masjid ini juga merupakan masjid warga Indonesia. Dengan harapan, suatu hari ketika nanti kita bisa ke sana, kita bisa mengunjungi bukan hanya Masjid Al-Aqsha tapi Masjid Istiqlal Indonesia juga.”

Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza - Kasih Palestina Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza - Kasih Palestina

Baca Juga: Kursi Roda Justru Temani Abeer Wujudkan Mimpi-mimpinya

Selain itu, penerimaan amanah masjid juga dilatarbelakangi oleh harapan dari Kasih Palestina;  di mana masjid dari bangsa Indonesia ini dapat diingat sebagai bentuk dukungan masyarakat terhadap kemerdekaan Palestina. Seperti namanya yang sama dengan Masjid Istiqlal di Jakarta – yang merupakan hadiah kemerdekaan Indonesia, dan kata istiqlal sendiri memiliki arti ‘kemerdekaan’. Sama artinya dengan rakyat Indonesia yang mendoakan kemerdekaan Palestina.

Lembaga donasi Kasih Palestina lantas mengajak seluruh warga Indonesia untuk turut berkontribusi dalam proyek istimewa ini, semoga bisa menjadi doa dan berkah di akhirat nanti. Aamiin. (kimikim/kasihpalestina)

Rek. Donasi Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza – Palestina:
Bank Syariah Mandiri (451): 500 600 888 9 a.n Kasih Palestina
Konfirmasi donasi:
Call/SMS/WA: 08 123 2011 55
(WA: http://bit.ly/kasihpalestina)