Bangun masjid di Palestina - Kasih PalestinaArtikel

Bangun Rumah di Surga Sekarang

Kasihpalestina.com – Masjid bukanlah bangunan biasa. Ia begitu istimewa karena merupakan tempat beribadah. Dalam hadis, dijelaskan bahwa orang-orang yang membangun masjid karena Allah Swt, sama dengan tengah membangun rumahnya di surga kelak.

Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ كَمَفْحَصِ قَطَاةٍ أَوْ أَصْغَرَ بَنَى اللَّهُ لَهُ بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ

“Siapa yang membangun masjid karena Allah walaupun hanya selubang tempat burung bertelur atau lebih kecil, maka Allah bangunkan baginya (rumah) seperti itu pula di surga.” (HR. Ibnu Majah, no. 738. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)

Selain itu, hadis mengenai keutamaan membangun masjid disebutkan pula di hadis ‘Utsman bin ‘Affan. Pada masa Utsman, yakni tahun 30 Hijriah hingga kepemimpinan beliau berakhir karena terbunuhnya beliau, dibangun masjid Rasulullah. Utsman mengatakan kepada mereka yang membangun sebagai bentuk pengingkaran; mereka terlalu bermegah-megahan. Kemudian, Utsman memberitahukan sabda Rasulullah,

مَنْ بَنَى مَسْجِدًا لِلَّهِ بَنَى اللَّهُ لَهُ فِى الْجَنَّةِ مِثْلَهُ

“Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga.” (HR. Bukhari, no. 450; Muslim, no. 533).

Sementara itu, menurut Imam Nawawi rahimahullah, maksud dari “akan dibangun baginya semisal itu di surga” memiliki dua tafsiran:

Pertama, Allah Swt akan membangunkan semisal itu dengan bangunan yang disebut bait (rumah), tetapi sifatnya dalam hal luasnya dan lainnya, tentu memiliki keutamaan tersendiri. Bangunan di surga tentu tidak pernah dilihat oleh mata, tidak pernah didengar oleh telinga, dan tidak pernah terbersit dalam hati akan keindahannya.

Baca Juga: Fakta-fakta tentang Masjid Istiqlal Indonesia yang Akan Dibangun di Gaza

Kedua, keutamaan bangunan yang didapatkan di surga dibanding dengan rumah di surga lainnya adalah seperti keutamaan masjid di dunia, dibandingkan dengan rumah-rumah di dunia. (Syarh Shahih Muslim, 5: 14)

Sebesar itulah keberkahan membangun masjid di dunia, walau hanya mampu selubang tempat burung bertelur. Jadi, sudah siap untuk membangun rumah di surga? Insyaallah tidak sesulit itu. Ayo, kita lakukan semampunya! (kimikim/kasihpalestina)

 

Rek. Donasi Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza – Palestina:
Bank Syariah Mandiri (451): 500 600 888 9 a.n Kasih Palestina

Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)