Wilayah Kekuasaan di Al-Aqsha-Kasih PalestinaAl-Aqsha

Wilayah Kekuasaan di Al-Aqsha Dibagi dengan Israel?!

Kasihpalestina.com – Kembali lagi edisi pekanan ensiklopedia. Kali ini, Kasih Palestina akan membahas pembagian wilayah kekuasaan di Masjid Al-Aqsha antara Yahudi dan Muslim, seperti apa yang diinginkan oleh para penjajah tersebut.

Dilansir dari Ensiklopedia Mini Masjid Al-Aqsha karya tim Aspac Palestine, ketika intifadah Al-Aqsha berlangsung, Ariel Sharon, Perdana Menteri Israel periode 2001-2006, mengusulkan rencana pemisahan sebagai solusi akhir, yang menggambarkan adanya negara penjajah dengan batasan-batasan yang sudah final. Konsekuensi untuk menjalankan gagasan tersebut menuntut adanya batas negara yang diterima oleh Yahudi, khusus untuk kota Yerusalem, yang di dalamnya diyakini terdapat Kuil Sulaiman.

Pada tanggal 11 April 2005, Sharon membawa proposal pemisahan ke Washington (Amerika Serikat) dengan dilampirkan gambaran perinci solusi yang akan dijalankan di Al-Quds dan Masjid Al-Aqsha. Gedung Putih menyetujui proposal tersebut.

Bersamaan dengan dimulainya pelaksanaan rencana ini pada tahun 2005-2006, kelompok kanan Israel yang menjadi pemerintah ketika itu bersepakat dengan gerakan-gerakan pendudukan untuk menjalankan solusi akhir, yakni membagi Masjid Al-Aqsha untuk dua pihak: Yahudi dan Muslim.

Baca juga: Setelah Empat Tahun Bertahan, Remaja Gaza Menghembuskan Napas Terakhirnya

Perang Israel terhadap Lebanon yang dimulai pada 12 Juli 2006 membentuk kurva strategis yang memperlambat proyek pembagian Al-Aqsha. Akan tetapi, masalah itu hanya sekadar menunggu kesepakatan antar politikus Zionisme.

Pada akhirnya adalah langkah-langkah strategis untuk menguasai Al-Quds dan Masjid Al-Aqsha, sesuai dengan keinginan Israel untuk membagi kekuasaan atas masjid, sebagai bentuk solusi tetap terhadap permasalahan yang ada.

Itulah penjelasan singkat terkait rencana Israel ketika itu, untuk membagi kekuasaan wilayah di Masjid Al-Aqsha. Selebihnya dapat dicari di sumber-sumber valid lainnya. (kimikim/kasihpalestina)

Rek. Donasi: Bank Syariah Mandiri (451): 1001 2016 2 6 a.n Kasih Palestina
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)