Perang Ajnadain-Kasih PalestinaArtikel

Perang Ajnadain, Penaklukan Syam Periode Khulafaur Rasyidin

Kasihpalestina.com – Pada tahun 634 Masehi (13 Hijriah), Abu Bakar Ash-Shiddiq memerintahkan Abu Ubaidah bergerak menuju Syam. Setelah itu, Abu Bakar merasa perlu membantu Abu Ubaidah (dalam peperangan). Akhirnya, dikirimlah Khalid bin Walid untuk membantu pasukan Syam. Khalid bin Walid kemudian bergerak dari Irak menuju Syam dalam perjalanan yang begitu luar biasa. Dalam rentang waktu lima hari, ia pun berhasil tiba setelah melalui padang pasir.

Khalid tiba ketika pasukan Muslim sudah diatur dalam empat regu pasukan. Ia lantas berdiri di hadapan mereka seraya menyampaikan orasi, “Sesungguhnya hari ini adalah bagian dari hari-hari Allah yang tidak patut adanya sifat bangga diri atau pun kesewenang-wenangan di dalamnya. Maka, murnikanlah jihad kalian dan carilah Allah dengan amalan kalian, karena hari ini sangat menentukan untuk hari-hari selanjutnya.”

Khalid kemudian mengusulkan agar seluruh regu pasukan menjadi satu pasukan gabungan, dan setiap komandan pasukan memimpin seluruh pasukan gabungan setiap harinya dari seluruh hari-hari peperangan. Seluruh pasukan menyepakati saran Khalid dan mereka menunjuk Khalid sebagai komandan pasukan di hari pertama. Perang besar pun dimulai.

Baca juga: Apa Kabar dengan Sektor Kesehatan di Gaza?

Berbeda dengan kaum Muslimin, di pihak musuh, kubu Romawi, mereka mengikat setiap sepuluh pasukan dengan satu rangkaian rantai sebagai dorongan bagi mereka agar tidak lemah dan tidak melarikan diri. Hal ini dikarenakan mereka yang dipaksa melakukan peperangan tanpa adanya semangat atau pun tekad, sehingga rantai seperti itu (menurut mereka) menjadi solusi agar mereka tidak melarikan diri dan tetap berada dalam tatanan pasukan.

Peperangan yang silih berganti antara kaum Muslimin melawan Romawi pun dimulai. Hingga akhirnya perang berakhir dengan kemenangan besar yang diraih kaum Muslimin atas Romawi. Demikian sedikit penjelasan mengenai penaklukan Syam pada masa Khulafaur Rasyidin. Semoga bermanfaaat!(kimikim/kasihpalestina)

Sumber: Ensiklopedia Palestina Bergambar karya Dr. Thariq As-Suwaidan

Rek. Donasi: Bank Syariah Mandiri (451): 1001 2016 2 6 a.n Kasih Palestina
Konfirmasi donasi: Call/SMS/WA: 08 123 2011 55 (WA: http://bit.ly/kasihpalestina)